alexa-tracking

Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1774a4ded770d2738b4589/mengingatkan-bahaya-sampah-plastik-lewat-ogoh-ogoh
Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh
Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh
Tarian Kecak dibawakan di Pantai Segara Ayu, Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (5/6/2018). Di latar belakang terdapat ogoh-ogoh untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini.
Ogoh-ogoh Baruna Murti berbahan sampah bekas botol dan gelas plastik menandai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Bali, Selasa (5/6/2018). Boneka raksasa itu dibuat oleh tujuh orang pemuda dari Desa Sanur Kaja, Denpasar.

"Kami memilah sampah kemudian menyatukan menjadi ogoh-ogoh," kata pembuat ogoh-ogoh I Wayan Hendra Pratama Putra. Ogoh-ogoh berukuran 3,5x3 meter itu dipamerkan di Pantai Segara Ayu, Sanur, Denpasar.

Wayan menceritakan memerlukan waktu lima pekan untuk proses pembuatan ogoh-ogoh. Ia bersama teman-temannya mengumpulkan sampah plastik dari pengepul.

Anatomi tubuh ogoh-ogoh itu dominan menggunakan bekas gelas plastik. Adapun bagian pijakan ogoh-ogoh menggunakan kantong plastik atau tas kresek.

Baruna dalam budaya Bali dikenal sebagai Dewa Laut. Namun ogoh-ogoh Baruna Murti itu sosoknya digambarkan penuh amarah karena pencemaran sampah plastik di lautan.

Setelah dipamerkan di Pantai Segara Ayu, boneka raksasa itu akan dipajang di Pusat Konservasi Laut Coral Triangle Center (CTC) di Sanur mulai Kamis (7/6). Ogoh-ogoh itu merupakan bagian seni instalasi dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Environment) yang mengusung tema "Melawan Sampah Plastik".

UN Environment pun bekerja sama dengan Coral Triangle Center (CTC) bersama Yayasan Pembangunan Sanur serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Adapun selain ogoh-ogoh Baruna Murti di Bali; karya seni instalasi juga ada di Auckland (Selandia Baru), Bangkok (Thailand), Beijing (Tiongkok), Manila (Filipina), Seoul (Korea Selatan), Shanghai (Tiongkok), Singapura, Tokyo (Jepang), dan Yangon (Myanmar).

Karya seni instalasi seni multi-kota dari Program Lingkungan UN Environment pun beragam. Hongkong menampilkan guci plastik seberat 400 kilogram.

Sementara di Auckland ada parasut angin (windsock) berukuran seperti bus besar yang juga terbuat dari kantong plastik. Sedangkan di Bangkok, para pengunjung pusat perbelanjaan (mal) Central World akan berjalan melewati tujuh gerbang besar yang terbuat dari puluhan ribu kantong plastik.

Direktur Eksekutif CTC Rili Djohani yang mengutip beberapa hasil penelitian mengatakan ada 8 juta ton sampah plastik di laut setiap tahun. Dari jumlah keseluruhan itu, 60 persen di antaranya berasal dari lima negara; Tiongkok, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

"Semua kalangan perlu mengalahkan polusi sampah plastik di laut," katanya.

Ia menuturkan bahwa Indonesia sebenarnya juga dikenal sebagai negara penghasil ikan dan produk makanan laut. Namun, lanjut Rili, pencemaran sampah plastik berdampak bagi kehidupan biota laut.

Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia yang mengonsumsi makanan laut yang terkontaminasi sampah. "Tingkatkan kesadaran kita pada dampak sampah plastik bagi kehidupan di dalam laut," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Suko Wardono mengatakan sampah plastik telah menyebabkan banyak masalah. Ia mencontohkan ihwal ikan mola-mola yang mati terdampar di Teluk Palu, Sulawesi Tengah, pada bulan lalu.

Diduga habitat kehidupan ikan mola-mola itu telah banyak tercemar sampah plastik. "Laut adalah sumber ikan dan keindahan. Kita perlu mewujudkan laut bebas dari sampah plastik," katanya.
Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh
Para pemuda dari Desa Sanur Kaja menjelaskan proses pembuatan ogoh-ogoh Baruna Murti yang terbuat dari sampah plastik di Pantai Segara Ayu, Sanur, Denpasar, Bali, Selasa, (5/6/2018).Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ewat-ogoh-ogoh

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh THR buat PNS Daerah bisa dicicil

- Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut

- Mengingatkan bahaya sampah plastik lewat ogoh-ogoh JK ingin membatasi jarak mudik naik motor

×