alexa-tracking

Saat Sahur, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17745f94786873598b4577/saat-sahur-sebaiknya-hindari-makanan-dan-minuman-ini
Saat Sahur, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini
Saat Sahur, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini
Jakarta – Saat sahur merupakan waktu makan terpenting dalam puasa. Bagaimana tidak, kondisi tubuh dan energi kita selama 12 jam kedepan bergantung pada apa yang kita konsumsi kala sahur.
Oleh sebab itu, kita harus benar-benar memperhitungkan jenis makanan dan minuman seperti apa yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

Makanan Pedas Saat Sahur
Sama seperti makanan asin, makanan pedas dapat memicu rasa haus terus menerus.
Selain itu, mereka yang menderita maag disarankan untuk menghindari makanan pedas karena dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga berpotensi menyebabkan nyeri di perut bagian atas.
Bahkan, untuk sebagian orang yang pencernaannya sensitif, makanan pedas dapat menyebabkan diare.
Dalam kondisi tidak berpuasa pun orang akan mengalami dehidrasi jika terkena diare apalagi jika sedang berpuasa.

Makanan Asin & Kaya MSG

Makanan yang terlalu asin dan kaya akan MSG adalah makanan yang membuat kita gampang haus. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan ini selama sahur.

Mie instan yang kaya MSG sering kali dipilih sebagai menu sahur karena dianggap praktis.

Padahal, ini merupakan salah satu makanan yang paling harus dihindari saat kita sahur.

Pasalnya, selain gizinya yang sedikit, mi instan yang mengandung natrium, lemak jenuh, kadar glikemik yang tinggi justru membuat cepat lapar.
Makanan asin seperti keripik, telur asin dan ikan asin adalah makanan yang penting dihindari saat sahur.

Makanan Berlemak Tinggi Atau Bersantan

Bagi sebagian orang makanan bersantan adalah makanan yang lezat dan menggugah selera.

Tapi, ternyata makanan ini termasuk dalam makanan yang berlemak tinggi seperti makanan yang digoreng.

Makanan yang mengandung lemak tinggi bekerja dengan dua cara.

Pertama, makanan tinggi lemak dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit.

Kedua, makanan tinggi lemak dapat mempercepat kerja sistem pencernaan sehingga menimbulkan diare.

Oleh sebab itu ada baiknya makan makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau direbus untuk sahur.



Makanan Yang Terlalu Manis

Makanan yang terlalu manis atau mengandung gula dianggap bisa memberikan asupan energi selama puasa.

Tapi, berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis pada waktu sahur justru hanya akan membuat kita merasa cepat haus saat puasa.

Kesalahan yang bisa terjadi adalah mengkonsumsi jus buah kemasaan untuk menggantikan nutrisi selama puasa.

Namun ternyata ini kurang baik karena jus buah kemasan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.
Usahakan mengkonsumsi atau membuat jus dari buah asli.

Makanan Mengandung Zat Diuretik

Minum teh atau kopi saat bangun tidur memang menyenangkan.

Namun, ternyata kedua minuman ini mengandung zat diuretik yang dapat memacu kinerja ginjal hingga meningkatkan sekresi urin.

Akibatnya, kita akan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil dan lebih cepat dehidrasi.

Sama halnya dengan kopi dan teh, seledri dan mentimun ternyata juga mengandung zat diuretik.
Jadi ada baiknya hindari makanan-makanan ini agar puasa lancar dan nyaman.

Sumber

×