alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Kate Spade Ditemukan Gantung Diri, Kenali Faktor Pemicu Bunuh Diri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17648654c07a015d8b457a/kate-spade-ditemukan-gantung-diri-kenali-faktor-pemicu-bunuh-diri

Kate Spade Ditemukan Gantung Diri, Kenali Faktor Pemicu Bunuh Diri

Kate Spade Ditemukan Gantung Diri, Kenali Faktor Pemicu Bunuh Diri

Setelah tahun lalu dunia dikejutkan dengan beberapa kasus bunuh diri yang dilakukan oleh figur publik seperti Robin Williams, Chester Bennington, dan Jonghyun SHINee, kali ini kabar duka kembali datang dari dunia fashion.

Kate Spade ditemukan meninggal di dalam apartemennya di Park Avenue, New York. Dikutip dari Reuters, Spade ditemukan tergantung dengan menggunakan scarf. Pengurus rumah tangga menemukan Spade sudah tidak bernyawa pada Selasa (5/6/2018) pukul 10.20 waktu setempat.

Walaupun polisi menemukan surat yang diduga ditinggalkan oleh Spade, namun pihak kepolisian masih enggan untuk memberitahukan isi dari surat tersebut. Kepala polisi dan detektif New York, Dermot F. Shea, mengatakan bahwa kasus kematian ini masih dalam tahap penyelidikan awal.

Meski begitu, isi surat yang diduga ditulis oleh desainer dengan nama lahir Katherine Noel Brosnahan ini telah tersebar secara luas. Beberapa media luar, seperti TMZ menuliskan isi surat tersebut. Surat yang ditujukan untuk sang anak, berisi "Bea - aku selalu mencintaimu. Ini bukan salahmu. Tanya Ayah!".

Terlepas dari faktor pemicu bunuh diri yang dilakukan oleh Spade, fenomena bunuh diri telah menjadi sebuah fenomena menyedihkan yang terjadi di seluruh dunia. Data World Health Organization (WHO)menunjukkan, sekitar 800.000 orang tewas akibat bunuh diri setiap tahunnya. Jumlah ini belum termasuk kasus-kasus percobaan bunuh diri.

Ada beragam faktor yang bisa memicu seseorang untuk bunuh diri, seperti masalah ekonomi, konflik dengan keluarga, ditolak dalam pergaulan, masalah percintaan, pernah mengalami pelecehan seksual, menjadi korban perundungan (bullying), hingga motif terorisme.

Di luar hal-hal tersebut, hasrat ingin bunuh diri juga kerap kali berhubungan dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan mental yang bisa memicu seseorang untuk melakukan bunuh diri:

Quote:


Kesadaran akan kesehatan mental

Data Riset Kesehatan Dasar menyebutkan, pada tahun 2013 terdapat 56.000 penderita yang dipasung karena stigma negatif, kurangnya informasi, dan buruknya fasilitas penanganan terhadap orang yang menderita gangguan kejiwaan.


Data Riset Kesehatan Dasar juga mencatat bahwa pada tahun 2007 terdapat sekitar 1 juta orang yang mengalami gangguan jiwa berat dan 19 juta orang yang mengalami gangguan jiwa ringan hingga sedang, dengan jumlah yang terus meningkat secara signifikan.

“Angka-angka tersebut sebenarnya hanyalah puncak gunung es yang menyimpan potensi bahaya laten lain yang lebih besar. Intinya, isu kesehatan mental apabila terus menerus terpinggirkan akan berpengaruh buruk bagi negara”, terang peneliti bidang Psikologi Klinis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Putra Wiramuda dalam diskusi mengenai kesadaran masyarakat akan kesehatan mental di Indonesia, pada Senin (24/7).

Kate Spade Ditemukan Gantung Diri, Kenali Faktor Pemicu Bunuh Diri

Menurut Putra, WHO secara tegas menyatakan bahwa pembangunan kesehatan fisik dan mental harus dilakukan secara berimbang dan menjadi kewajiban yang harus ditanggung bersama oleh pemerintah dan masyarakat.

“Dengan demikian terdapat kesenjangan antara cita-cita kesehatan yang diinginkan WHO dengan apa yang terjadi di negara yang sedang berkembang, khususnya Indonesia. Berdasarkan kenyataan tersebut sudah sepatutnya masyarakat untuk lebih aware akan pentingnya kesehatan mental,” papar Putra.

Lebih lanjut, Putra memiliki beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental:

Quote:


sumber


Sumber gambar
Google images
Diubah oleh: fajraadha
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di