alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b162c0d9e74046e298b456e/wah-5-kebiasaan-di-media-sosial-ini-tanda-kamu-sedang-stres

Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres

Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres

Baru-baru ini, telah ditemukan studi tentang 5 kebiasaan di media sosial yang berhubungan dengan tingkat depresi kita. Studi tentang hubungan antara kebiasaan media sosial dan kesehatan mental ini dipresentasikan pada 25 Mei di pertemuan tahunan Asosiasi Ilmu Psikologi di San Francisco.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis informasi dari sekitar 500 mahasiswa sarjana yang aktif menggunakan Facebook, Twitter, Instagram dan atau Snapchat serta menyelesaikan survei online untuk memeriksa perilaku media sosial tertentu, serta gejala gangguan depresi utama.

Berikut 5 tandanya. Wah, sebaiknya kamu jangan lakukan lagi ya!


1. Membandingkan kehidupan dengan orang lain
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
Dikutip dari Live Science, di zaman yang sudah maju ini, media sosial berkembang sangat pesat dan hal itu membantu kita untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun teman-teman.

Namun ada kalanya ketika sedang stres atau depresi kita secara sadar maupun tidak sadar, kita akan lebih sering men-scroll media sosial untuk melihat feed Facebook ataupun Instagram kita. Hal itu dilakukan hanya untuk membandingkan atau merasakan saudara ataupun teman kita mempunyai hidup yang lebih baik dari pada kita.


2. Skor tertinggi pada survei adalah kecanduan terhadap media sosial
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
Dalam survei pada penelitian tersebut skor tertinggi adalah tentang kecanduan terhadap media sosial seperti ketika mereka ingin mengurangi penggunaan media sosial namun tidak berhasil. Ada juga seperti mereka menggunakan media sosial secara berlebihan hingga memberikan efek negatif dalam pekerjaan maupun pelajaran.


3. Merasa terganggu dengan di-tag difoto yang tidak menarik untuk kita
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
Misalnya ada seorang teman men-tag atau me-mention kita di Instagram tentang meme yang menurut mereka lucu atau menarik. Tapi sebenarnya kita tidak tertarik dengan itu. Kita langsung mengatakan bahwa kita tidak suka, walaupun sebenarnya kita juga punya pilihan untuk diam atau membiarkannya saja.


4. Jarang mengunggah foto diri kita dengan orang lain
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
Temuan bahwa orang depresi cenderung tidak memposting foto diri mereka dengan orang lain mungkin terkait dengan kecenderungan orang dengan depresi untuk mengisolasi diri. Demikian kata penulis pertama studi oleh Anthony Robinson, seorang mahasiswa psikologi di Texas State University.


5. Jarang punya 300 Follower di Twitter
Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres
Dalam studi ini juga mengatakan bahwa orang yang memiliki lebih dari 300 follower di Twitter memiliki tingkat kemungkinan depresi yang lebih kecil. Namun terkait hal itu, belum ada keterangan lebih lanjut dari penelitian tersebut.

Namun, penting untuk dicatat bahwa studi baru ini hanya menemukan hubungan antara kebiasaan media sosial dan depresi ini; itu tidak menentukan apakah perilaku ini berkontribusi terhadap depresi, atau apakah orang yang sudah memiliki depresi lebih mungkin untuk terlibat dalam perilaku ini.

Tetapi para peneliti berharap temuan ini dapat meningkatkan kesadaran tentang jenis perilaku media sosial yang terkait dengan depresi. "Sehingga orang-orang melihat keluar untuk perilaku ini," kata Robinson.

Sebagai tambahan bahwa penelitian ini belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres Merespon Stres dengan Negatif Akan Pengaruhi Kesehatanmu 10 Tahun Kemudian

- Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres Riset: Instagram Media Sosial Paling Buruk Bagi Kesehatan Mental

- Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres Diterpa Isu Kesehatan Mental, Donald Trump Ngaku Sebagai Jenius Stabil

Urutan Terlama
kebanyakan penelitian bikin pusing emoticon-Hammer (S)
"jadilah diri sendiri"


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di