alexa-tracking

Fitur-fitur Penting yang Ada di Software Manajemen untuk Restoran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14adcc1ee5dfaf458b4567/fitur-fitur-penting-yang-ada-di-software-manajemen-untuk-restoran
Fitur-fitur Penting yang Ada di Software Manajemen untuk Restoran
Fitur-fitur Penting yang Ada di Software Manajemen untuk Restoran
Software manajemen restoran dirancang dengan beberapa kemampuan dan fitur untuk membantu mengoperasikan dan mengelola bisnis restoran Anda. Software POS adalah sebuah sistem manajemen inti  restoran Anda dan dapat mencakup banyak fitur yang membuat pengelolaan bisnis restoran Anda lebih efisien. Jika Anda masih asing dengan software POS, berikut adalah penjelasannya.
Ada begitu banyak fitur dan manfaat yang perlu dipertimbangkan saat memilih sistem atau software manajemen restoran terbaik seperti memiliki fitur penyederhanaan pengambilan pesanan, kontrol inventaris, kualitas sistem pelaporan, manajemen tabel, ketepatan waktu karyawan, manajemen pelanggan, API yang dapat diintegrasi oleh pihak ke-3 , inisiatif pemasaran, dan banyak lagi. Jadi Anda harus memilih software manajemen atau POS yang tepat untuk bisnis restoran Anda.

Menjalankan sebuah bisnis restoran yang sukses merupakan sebuah tantangan untuk dilakukan, jadi Anda harus benar benar memilih software manajemen yang berkualitas yang dapat membantu Anda untuk mengelola restoran yang sedang Anda jalankan.
Sebuah restoran pastinya memiliki seorang atasan atau menejer yang mengelola tempat tersebut. Seorang manajer restoran dapat memiliki banyak tugas seperti administrasi, menjaga kualitas pegawai dan lain sebagainya.

Seorang manajer biasanya akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk memilih software manajemen apa yang diperlukan untuk menjalankan restoran dengan benar, dan hal yang sama berlaku saat mempelajari operasi dan mengendalikan sistem atau software tersebut.
Selain itu, sebagian besar tugas seorang manajer adalah mengatur waktu dan gaji karyawan mereka. Oleh karena itu seorang manajer harus benar-benar harus memiliki kebijakan untuk pengelolaan tip dan waktu yang tepat. Jika seorang karyawan datang kepada Anda untuk melakukan komplain ketika menerima gaji yang tidak sesuai, maka hal ini merupakan masalah yang harus segera diselesaikan.

Ada begitu banyak tantangan yang dihadapi setiap bisnis restoran, sehingga Anda dapat melihat bagaimana software manajemen restoran yang tepat pada akhirnya dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan Anda sebagai manajer atau juga pemilik bisnis. Sebagai pemilik atau manajer, Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki setiap alat yang Anda butuhkan untuk beroperasi pada tingkat tertinggi dan juga untuk menghindari terjadinya kesalahan.
Oleh karena itu, berikut adalah fitur fitur penting yang ada di software manajemen yang harus dimiliki sebelum Anda membelinya:

1. Sistem pelacakan penjualan dan pajak
Pada umumnya, sebuah restoran menangani tingginya jumlah transaksi kartu kredit dan tunai setiap harunya. Oleh karena itu, software manajemen restoran Anda harus dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah dengan melacak semua data penjualan bisnis hingga jumlah terkecil.

Dengan data penjualan ini, Anda dapat mengawasi semua barang yang Anda jual, yang mana dapat memberi Anda kemudahan untuk membuat keputusan yang cerdas untuk bisnis Anda. Misalnya, ini dapat memungkinkan Anda untuk menyesuaikan menu di restoran berdasarkan menu apa yang paling laris terjual, mengetahui waktu penjualan tersibuk Anda, dan menentukan siapa karyawan terbaik Anda. Yang terpenting, Anda akan mendapatkan data penjualan yang Anda butuhkan untuk menentukan keuntungan bisnis restoran Anda.

Software manajemen yang berkualitas pastinya harus memiliki sistem pembuatan data laporan penjualan dan pajak yang mudah untuk digunakan. Setiap penyedia layanan ini biasanya akan dapat menjelaskan fitur pelaporan penjualan yang ada di dalam sistem dan menjelaskan opsi yang tersedia untuk dapat diintegrasikan dengan program lain yang Anda gunakan.

2. Sisitem Pengaturan menu yang sederhana
Sistem pengaturan menu pada software manajemen restoran harus mudah untuk dikonfigurasi dan digunakan. Kedengarannya seperti hal yang sepele, tapi ini adalah pertimbangan yang penting. Ada begitu banyak sistem manajemen di pasaran yang dapat mempersulit Anda untuk update menu atau perubahan harga.

Terutama jika Anda membeli software manajemen POS dari perusahaan ternama dimana Anda diharuskan menghubungi bagian support untuk membuat perubahan menu. Selain itu, terkadang terminal atau server harus di-reboot agar perubahan menu sekecil apapun dapat dilakukan. Namun, dengan software manajemen yang berkualitas, Anda tidak perlu repot melakukan semua hal tersebut, Anda dapat melakukan perubahan menu dan harga dengan mudah.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah software manajemen dari sebuah perusahaan, mintalah mereka untuk menunjukkan betapa mudahnya melakukan penyesuaian terhadap pemrograman menu. Jika dibutuhkan waktu lebih dari 2 menit untuk menyesuaikan item menu atau membuat perubahan harga,  Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencari pilihan yang lain.

3. Sistem yang mudah dioperasikan
Software manajemen restoran Anda harus mudah digunakan oleh Anda dan juga staf Anda. Staf restoran Anda harus bisa mentransfer pesanan dengan cepat, membagi cek, mengganti tabel, mengubah jumlah barang, mengubah harga barang, mengelola tabel, mencatat reservasi, dan lain sebagainya.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah sistem dari software manajemen restoran tersebut dapat digunakan dengan mudah adalah dengan meminta penyedia jasa tersebut untuk mempraktikkannya langsung kepada Anda. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu untuk memastikan sistem software manahemen tersebut mudah digunakan untuk Anda dan staf Anda.

4. Pengelolaan kartu kredit yang mudah
Jika Anda berencana menjadi sebuah bisnis restoran yang hanya menerima uang tunai saja sebagai sistem pembayarannya, Anda mungkin ingin berpikir ulang. Menurut beberapa hasil studi, untuk melakukan pembayaran di sebuah restoran, terdapat 68% responden memilih menggunakan kartu kredit atau debit, sementara hanya 18% responden yang memilih uang tunai. Jadi dengan tidak menerima kartu debit dan kartu kredit, Anda kakan ehilangan banyak kesempatan untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Jadi, untuk saat ini, Anda tentu perlu menerima pembayaran kartu kredit, dan Anda ingin pemrosesan kartu kredit tersebut diintegrasikan ke dalam software manajemen restoran Anda dengan mudah.

Dikarenakan software manajemen harus memiliki standar PCI ketika Anda menerima dan mengelola pembayaran kartu kredit, Anda juga perlu menerima EMV (smart credit card) untuk melindungi data pelanggan Anda dan untuk melindungi bisnis Anda dari bebera hal yang tidak diinginkan. Jadi, Anda harus memastikan sistem POS atau software manajemen restoran Anda memiliki kedua hal tersebut.

5. Pengelolaan inventaris yang mudah
Pengelolaan inventari atau manajemen stok barang adalah fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah software manajemen bisnis restoran manapun. Sebagian besar software manajemen restoran memiliki opsi untuk mengelola barang dari inventaris saat Anda ingin menjual produk tersebut.

Jadi misalnya, jika Anda menjual menu steak, maka software manajemen POS Anda harus dikonfigurasi untuk dapat menghitung dan mengelola steak dari persediaan Anda, sehingga satu menu makanan dapat dihitung bahan apa saja yang dibutuhkan dan akan dikurangi dari persediaan Anda.

Penting untuk mengetahui jumlah bahan makanan yang Anda miliki dan untuk menetapkan tingkat nominalnya, jadi Anda tahu kapan harus memesan lebih banyak produk dari vendor Anda. Persediaan diperlukan karena Anda ingin memahami margin keuntungan sepenuhnya dan itu dimulai dengan mengelola penggunaan dan biaya bahan makanan Anda.

Perlu dicatat juga bahwa tidak semua software manajemen restoran akan memiliki fitur ini yang terpasang dalam satu paket dan mungkin memerlukan integrasi dari pihak ke-3. Menambahkan integrasi pihak ke-3 dapat menambah biaya Anda. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk mengelola inventaris atau persediaan di restoran Anda.

6. Gift card
Apakah sebuah restoran harus dapat menerima pembayaran dalam bentuk gift card? Anda mungkin tidak berpikir menerima gift card adalah fitur penting, tapi Anda mungkin juga salah. Beberapa pemilik dan pengelola restoran tidak pernah menyadari potensi untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan bisnis jangka panjang dengan menawarkan gift card kepada pelanggan mereka.

Tahukan Anda, ketika seorang pelanggan memiliki sebuah gift card, mereka biasanya akan mengunjungi sebuah restoran lebih dari satu kali untuk menggunakannya? Semakin banyak kunjungan pelanggan ke resotan Anda maka secara otomatis keuntungan yang akan didapatkan juga akan berlipat.

Berikanlah sebuah gift card kepada para pelanggan setia Anda yang telah dibayar di muka, bukan sebuah kupon, hal ini karena dua pertiga dari pelanggan akan menghabiskan 35% lebih banyak dari saldo yang ada pada gift card tersebut. Dan jujur saja, sbuah gift card jauh lebih mudah dan hemat biaya daripada menjalankan sebuah strategi promosi atau kampanye pemasaran.

Dan mungkin keuntungan terbesar dari sebuah gift card adalah memperbaiki arus kas Anda dengan menghasilkan pendapatan sebelum penjualan. Anda ingin para pemegang gift card mengunjungi bisnis Anda, tapi jika tidak, itu semua akan masuk ke kantong Anda. Namun, memiliki sebuah gift card yang telah dibayar sebelumnya dapat membuat Anda tetap dalam keuntungan sampai kartu tersebut digunakan oleh pelanggan.

7. Fitur pengelolaan karyawan
Sebuah software manajemen restoran tidak akan lengkap tanpa memiliki fitur pengelolaan karyawan. Anda ingin opsi ini terintegrasi sepenuhnya, atau beberapa sistem mungkin menggunakan program integrasi pihak ke-3 untuk memperluas pilihan Anda.

Bisnis Anda sangat memerlukan fitur ini karena dapat mengelola karyawan seperti melacak jam kerja dan untuk memantau produktivitas mereka. Sebagian besar software manajemen dapat mengatur hak akses pengguna dan tingkat akses yang berbeda untuk menjaga keamanan sistem Anda. Jadi penting untuk mengetahui opsi apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda dan fitur apa saja yang tersedia dalam software ini. Misalnya, pemilik atau manajer harus memiliki kemampuan untuk mengakses catatan karyawan untuk menyesuaikan rincian tentang karyawan seperti identitas, melacak dan menyesuaikan jam kerja mereka, menghitung lembur karyawan, memantau kinerja penjualan, dan menetapkan tingkat keamanan untuk melindungi sistem restoran Anda.

8. Fitur data pelanggan dan pelaporan
Melacak data penjualan restoran Anda secara standar merupakan hal yang sangat bagus untuk pebisnis pemula, namun sebuah restoran yang profesional membutuhkan dan menginginkan data pelaporan yang komprehensif. Pemilik restoran harus dapat memfilter data penjualan dan pelanggan mereka untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Misalnya, Anda mungkin ingin memfilter penjualan menurut merek, jenis produk, waktu tahun atau tren lain yang belum diidentifikasi oleh bisnis Anda.

Sebuah software manajemen restoran yang memiliki fitur untuk memfilter data pelaporan Anda sangat penting, dan tidak semua software memiliki kemampuan ini.

Dengan memiliki fitur tersebut akan dapat memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas produktivitas staf, biaya makanan, serta memilih waktu yang tepat untuk promosi pemasaran atau diskon penawaran. Selain itu, penting untuk dipahami jika produk tertentu tidak laku di pasaran, jadi Anda memiliki pengetahuan untuk menghapus atau mengubahnya.

Termasuk dalam laporan, Anda harus memiliki data yang diambil dari basis data pelanggan Anda. Jika Anda dapat mengidentifikasi pelanggan Anda yang paling setia, produk yang sering mereka beli, dan frekuensi pembelian mereka, ini semua dapat membantu Anda saat mempertimbangkan program loyalitas atau menawarkan penawaran spesial produk pada mereka.

Menggabungkan semua data ini pada akhirnya akan memungkinkan Anda untuk dapat mengembangkan bisnis restoran yang dimiliki, membuat keputusan pemasaran yang cerdas, membuat pelanggan Anda kembali lagi dan memberi Anda kemenangan dalam persaingan bisnis.

9. Fitur pemasaran
Jika Anda membuka sebuah bisnis restoran baru atau bahkan Anda sudah lama memiliki bisnis ini, pemasaran merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Anda. Anda bisa saja mempekerjakan koki terbaik di dunia, tapi jika tidak ada yang datang ke restoran Anda untuk mencoba makanannya, lalu apa gunanya?

Terdapat beberapa software manajemen restoran yangn memiliki alat pemasaran yang telah di “built-in” seperti program “loyalitas” untuk membantu menggerakkan bisnis yang berulang dan meningkatkan basis pelanggan, namun itu saja tidak cukup. Kenyataannya adalah, ada begitu banyak perusahaan pemasaran di luar sana yang mengkhususkan diri dan melakukan ini dengan lebih baik dengan integrasi pihak ke-3, biasanya dengan biaya tambahan.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki software manajemen restoran yang dapat menggabungkan fitur reward, promosi otomatis, akuisisi dan loyalitas dalam satu program pemasaran.

Dengan memiliki platform pemasaran all-in-one semacam ini yang terintegrasi ke dalam software POS merupakan hal yang harus dimiliki. Tidak peduli sistem apa yang akhirnya Anda dapatkan, pastikan Anda menganggarkan biaya untuk alat pemasaran ini agar bisnis restoran Anda dapat berkembang.

10. Sistem pelayanan pelanggan
Salah satu fitur yang sangat wajib dimiliki oleh setiap software manajemen restoran adalah memiliki sistem pelayanan pelanggan ketika sistem Anda sedang mengalami masalah. Anda akan memerlukan bantuan teknis terbaik yang harus bisa dihubungi oleh Anda kapan saja. Seperti contohnya, ketika sistem Anda sedang mengalami masalah pada hari Jumat malam yang sibuk, dan Anda tidak dapat meminta bantuan pelayanagn pelanggan atau bantuan teknis untuk membantu memecahkan masalah Anda.

Tidak peduli sistem apa yang akhirnya Anda pilih, untuk melindungi investasi dan pengelolaan bisnis resotoran Anda, pastikan Anda perusahaan penyedia jasa yang menawarkan sistem pelayanan pelanggan yang aktif 24 jam sehari.

Anda mungkin ingin memilih perusahaan lokal di dekat area Anda, dan itu pilihan yang bagus, namun, tentukan juga periksa juga sistem layanan ni sebelum Anda membeli software manajemen untuk bisnis restoran Anda. Sebagian besar perusahaan jasa di bidang ini menawarkan dukungan 24/7 dengan sistem berbayar, jadi pastikan untuk bertanya terlebih dahulu.

Salah satu hal yang dipelajari dari seseorang di industri ini adalah dengan cara menghubungi nomor pelayanan pelanggan terlebih dulu sebelum membeli produk yang sedang Anda pertimbangkan. Anda akan mendapatkan perasaan yang baik dari tingkat responsif dan keahlian mereka dengan melakukan percakapan singkat. Jika Anda membutuhkan waktu 30 menit dapat tersambung ke pihak layanan pelanggan atau jika mereka bersikap kasar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih perusahaan penyedia layanan software manajemen yang lain.

Sumber: https://www.suryasemesta.com/fitur-f...-restoran.html
×