alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b13a5e8e05227af138b456c/cara-sehat-di-hari-raya-yang-takut-batal-bacanya-tunggu-sampai-buka

Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)

Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)


Hai Gan & Sis…siapa di sini yang suka nyimpen masakan di kulkas terus besoknya diangetin?  Atau masakan yang sudah dimasak semalam terus besoknya diangetin lagi? Karena bentar lagi mau lebaran, biasanya kita suka berkali-kali nih manasin masakan yang belum habis.

Karena ane anak kosan, kebetulan punya kebiasaan seperti itu. Apalagi kalau besokannya wiken, jumat ane udah beli makanan deket kantor terus dimasukin ke kulkas. Besokannya ane tinggal bobok-bobok cantik terus kalau kelaperan, tinggal ambil makanan di kulkas, terus diangetin deh.

Nah ternyata nih setelah ane baca-baca, menurut para ahli kesehatan, kegiatan tersebut tidak dianjurkan. Karena bisa menyebabkan diare. Pantes ane sering kena diare dan masalah pencernaan.emoticon-No Hope

Sebenarnya menghangatkan kembali makanan ada positif dan negatifnya.

Positif:
1. Tentunya kalau makanan hangat lebih enak dimakan dan enak diperut (ini pendapat ane gan bukan para ahli)emoticon-Blue Guy Peace

2. Menghangatkan makanan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dapat memecah molekul protein mentah yang sebelumnya panjang menjadi lebih pendek. Ini sangat menguntungkan karna protein dalam makanan tersebut dapat lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. (nah…ini baru pendapat para ahli)

Negatif:
1. Memanaskan makanan terlalu sering sangat tidak dianjurkan apalagi dengan suhu di atas 80 derajat celsius. Karena dapat merusak zat-zat penting dalam makanan tersebut.

2. Memanaskan makanan berulang-ulang dapat mengubah sifat lemak menjadi karsinogen  (zat pemicu kanker)


Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)


Gimana caranya supaya masakan aman bagi tubuh kita?

1. Usahakan memasak makanan secukupnya. Kalau yang suka jajan, disesuaikan dengan kemampuan perutnya. Jadi sebaiknya makanan langsung habis, sehingga tidak perlu disimpan kemudian dihangatkan kembali.

2. Makanan sebaiknya tidak boleh telalu lama berada di luar.  Apabila akan dimakan lagi lebih dari 6 jam, sebaiknya disimpan di dalam kulkas dengan suhu rendah. Hal ini untuk menghindari kontaminasi kuman pada makanan tersebut.

3. Untuk menghindari makanan cepat rusak, suhu kulkas yang dianjurkan 4 derajat Celsius atau dibawahnya. Sedangkan untuk suhu freezer sebaiknya -18 derajat Celsius.

4. Makanan yang disimpan di dalam kulkas sebaiknya tersimpan dalam kemasan yang tertutup rapat. Dan hindari bersebelahan dengan makanan mentah.

5. Jangan dimakan apabila makanan sudah berbau atau terasa asam. Sebaiknya langsung dibuang aja.


Selain itu kita juga perlu memilah-milah makanan apa saja yang tidak dianjurkan dipanaskan kembali.


1. Ayam

Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)
Ayam adalah makanan yang paling sering dipanaskan kembali. Apalagi sebentar lagi lebaran, masak opor ayam sehari sebelum lebaran. Tiap mau makan diangetin deh. Tapi sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk dihangatkan terus karena akan mengubah komposisi protein didalamnya. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. So far sih ane aman-aman aja gan kalo lebaran makan opor ayam yang diangetin terus. Tapi sebaiknya kita berjaga-jaga jangan sampai malah sakit pas di hari raya.



2. Kentang

Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)

Sambal hati kentang. Ini favorit ane kalo lebaran. Karna bikinnya banyak, jadi bakal dipanasin terus. Tapi sebenarnya kalau diangetin lagi nutrisinya
akan rusak dan juga bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Amit-amit yahhh haduh jangan sampe deh.emoticon-Amazed


Jamur


Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)
Jamur hanya boleh disantap dalam kondisi segar hanya sekali masak. Kalau dipanaskan kembali malah akan merusak jamur tersebut.



Telur


Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)
Telur mempunyai banyak kandungan protein. Apabila dipanaskan kembali kandungan protein pada telur akan rusak dan berubah menjadi racun yang dapat menganggu kesehatan pencernaan kita.



Bayam


Cara Sehat di Hari Raya (yang takut batal, bacanya tunggu sampai buka)
Nah sayur ini sekali dimasak harus segera dihabiskan. Ini selalu dibawelin nenek ane kalo lagi masak bayam di rumah. Harus segera dihabiskan (padahal ane gak suka sayur bayam)emoticon-Najis (S)
Menghangatkan kembali bayam yang sudah dimasak sangat tidak dianjurkan. Karena kandungan nitrat pada bayam dapat menjadi racun penyebab kanker jika dipanaskan kembali.

Kalau dari ane selama makanan masih bagus tidak berbau dan asam atau terasa aneh, aman-aman aja. Asalkan bukan makanan yang sudah berbulan-bulan di kulkas terus diangetin. 

Bagaiman menurut Gan & Sis?

Semoga kita semua selalu sehat ya Gan & Sis. Apalagi sebentar lagi mau hari raya, sebaiknya jaga kesehatan karena banyak makanan-makanan enak yang akan kita santap.

emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman


Diubah oleh: celengpanggang
Urutan Terlama
TS TS kalo ngangetin makanannya yang bagus caranya bigimana?
yang paling recomended deh.

ane tiap ngangetin makanan pakek microwave mulu jangan jangan bisa nyebabin kanker lagi emoticon-Hammer2
ane belum nemuin mana yang paling recomended gan. memang pakai microwave itu simple banget. kalo kosan ane listriknya cukup, udah pake microwave juga kali emoticon-Big Grin

Masak pakai microwave pun masih ada pro dan kontra nya apakah itu berbahaya atau tidak, apakah dapat mengurangi nutrisi pada makanan masih belum jelas. Yang penting wadah untuk memanaskan makanan pakai bahan beling yang tahan panas. Ane gak yakin sama bahan plastik yang katanya bisa tahan panas. Jadi ga berani pakai yang plastik.

Yang penting kita perlu tau ada beberapa makanan yang gak boleh dipanasin di microwave

1. sayuran hijau
jangan diangetin di microwave karena kandungan nitrat yang ada di sayuran tersebut akan bereaksi saat dipanaskan di microwave. Nitrat yang tadinya bagus buat kesehatan jadi berubah setelah kena panas microwave berubah menjadi nitrosamine yang katanya zat ini dapat menyebabkan kanker.

2. Telor
Kalau telor soal bahaya untuk kesehatan kalau dipanasin di microwave ane belum tau. Cuman yang jelas, ane pernah melakukan kebodohan dengan telor rebus. Di kantor, ane mau angetin pakai microwave. Kira-kira berapa menit kemudian, meletuslah telor ituemoticon-Wakaka
Jadi kalau mau aman dari ledakan telor, kupas dulu dari kulitnya, kemudian di potong-potong.

3. Daging Olahan
ga boleh dipanasin dimicrowave, karena pada daging olahan mengandung banyak bahan kimia, termasuk bahan pengawet. Nah bahan kimia ini akan bereaksi begitu pula dengan kandungan kolestrol yang ada didalamnya akan teroksidasi kalau dipanaskan di microwave. Katanya ini bisa menyebabkan sakit jantung koroner.

4. ASI
Ini untuk yang punya anak jangan dilakukan ya. Karena kalau dipanaskan di microwave, panasnya tidak merata. Sebagian akan sangat panas dan nantinya malah bikin mulut dan ternggorokan bayi terluka.

Semoga lumayan ngebantu ya gan emoticon-Toast

Quote:


Makasih infonya gan. Kebetulan saya juga tertarik dgn masalah pengolahan pangan.
Klo untuk susu segar/murni, yang bisa dijual di supermarket semisal D*iamond, C*imory, U*ltra, kira-kira apa boleh juga dipanaskan sebentar yaa?

ada yg bilang klo hal itu akan menghilangkan nutrisi di dalamnya, tapi satu-satunya cara untuk meminum susu hangat ya hanya dgn dipanaskan toh?
Sebenarnya susu pasteurisasi dan susu UHT tidak perlu dipanaskan lagi untuk membunuh kuman berbahaya. Tapi memang kadang lebih enak minum susu hangat sih apalagi kalau di udara dingin atau sedang tidak enak badan.

Kalau mau dihangatkan ada cara khusus. Sebaiknya dipanaskan dengan api kecil dengan suhu 40-50 derajat celcius (bisa pakai termometer khusus untuk makanan). Kemudian segera angkat dari api supaya tidak merusak nutrisi pada susu. Jadi jangan sampai mendidih.

Malah ada yang menyarankan seperti di steam aja tidak direbus. Caranya: rebus air dalam panci, kemudian susu yang sudah ditaruh dimangkuk anti panas di taruh didalam panci tersebut. Jadi gak secara langsung direbus. Hanya diangatkan.

Quote:




×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di