alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)
4.86 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b133e46dac13e8c1b8b4567/wow-pembangkit-listrik-tenaga-bumi-spanyol

WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)

WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)

 
Kalau ngebahas soal pembangkit listrik, secara garis besar ada 2 jenis, yaitu pembangkit listrik terbarukan dan non-terbarukan.
 
Pembangkit listrik terbarukan bisa dikatakan sebuah pembangkit yang tidak akan habis sampai kiamat, seperti angin, air, dan matahari. Sedangkan non-terbarukan adalah pembangkit listrik yang bisa habis sewaktu-waktu karena bahan yang tersedia terbatas, seperti minyak bumi, batubara dan nuklir.
 
Pembangkit listrik tenaga bumi yaitu memanfaatkan suhu yang sangat panas dari dalam bumi. Semakin dalam kita menggali bumi, semakin panas pula suhu yang didapatkan.
 
Sebuah studi di spanyol baru-baru ini menyatakan bahwa “jika sumber panas bumi dari Semenanjung Iberia dimanfaatkan, maka akan diperoleh sekitar 700 GW (Giga Watt) daya listrik.
 WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)

Seberapa besar 700 Giga Watt ini ?

 WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)


Untuk melihat seberapa besar pembangkit listrik tenaga bumi ini, mari kita bandingkan dengan jumlah total listik yang digunakan di Indonesia. Saat ini di negara kita memiliki total daya listrik sebesar 52.000 Megawatt. Itu artinya 700 GW (700.000 Megawatt) ini mampu untuk mencukupi kebutuhan listrik sebanyak 13 Negara.
 
"Energi tidak diciptakan atau dimusnahkan, tetapi ia hanya berubah bentuk." Sesuai hukum kekekalan energi, panas bumi bisa dirubah menjadi energi listrik. Setiap kilometer yang kita gali ke dalam Bumi, maka suhu akan meningkat rata-rata sebesar 30º Celcius. Hal ini disebabkan karena aliran panas internal dan disintegrasi unsur-unsur tertentu dari lapisan kerak bumi. Energi ini bisa digunakan sebagai listrik berkat teknologi baru.
WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)

Bagaimana cara mengekstraksi energi dari panas bumi?


Cesar Chamorro (salah satu penulis studi ini), menjelaskan bahwa "eksploitasi sistem EGS (Stimulated Geothermal System) melibatkan injeksi cairan seperti air dan karbon dioksida untuk mengekstraksi energi panas. Dari batuan yang terletak beberapa ribu meter di bawah permukaan bumi, dan permeabilitasnya telah diperbaiki atau distimulasi sebelumnya dengan proses rekah. Kemudian, cairan yang dipanaskan dibawa ke pabrik panas bumi, di mana listrik dihasilkan, biasanya dengan menggunakan siklus biner (dengan pertukaran panas antara air dan cairan organik), dan itu diinjeksikan kembali ke reservoir dalam siklus tertutup."
 
Saat ini hanya ada satu stasiun EGS yang terhubung ke jaringan, yaitu Soultz-sous-Forêts di Perancis. Sisanya hanya bersifat eksperimental dan ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia dan Jepang.
 
Chamorro juga menjelaskan potensi Spanyol dalam jenis energi ini. “Listrik 700 GW setara dengan lima kali lipat daya listrik yang terpasang di Spanyol saat ini”. Dengan kedalaman 7 km, potensi yang bisa dihasilakn adalah 190 Giga Watt listrik. Sedangkan untuk kedalaman 4 km akan menghasilkan 30 GW.
 
Kedalaman 7 km ini aman untuk bumi, karena masih sangat jauh dari inti bumi yang kedalamannya mencapai 3000 km.
 
Daerah dengan potensi panas bumi terbesar di Spanyol adalah Galicia, barat laut Castile dan León, Catalonia dan Andalusia, karena adanya gesekan lempeng dasar dan granit.
WOW! Pembangkit Listrik Tenaga Bumi (Spanyol)

 Studi ini diterbitkan oleh majalah Renewable Energy yang menyoroti kemampuan Spanyol untuk melepaskan diri dari “energi kotor”.

Spoiler for "Credit Pictures":


 Jangan lupaemoticon-Cendol Gan nya ya gan.

Halaman 1 dari 13
bisa diterapkan di Indonesia ga??
Mestinya bisa diterapkan di Indonesia yang notabene banyak gunung api aktif.
Tapi metode ini bukan memanfaatkan dari gunung berapi melainkan membor sampai 7 km.
Di indonesia kawasannya banyak patahan.
Mungkin agak beresiko kalo mesti main bor sampe 7 km.
Salah salah perhitungan...bisa bisa kejadian mirip lapindo.
itu namanya Panas Bumi alias Geothermal. bukan Bumi saja. dan btw itu apa hubungannya dng gambar ilustrasi badai petir?
indonesia udah pake kok gan inikan geothermal energy namanya
Quote:


Quote:


indonesia malah negara terbesar ke 3 yg menggunakan energi panas bumi (geothermal) gan

Sumber:
https://www.indonesia-investments.co...ing=geothermal
Diubah oleh cryingpanda
Wah keren ini gan
Spoiler for sudah saatnya energi ramah lingkungan dincontek:
Diubah oleh arbib
HT done!!






emoticon-pencet
keren.....
Di indonesia bisa ga ya???
Diubah oleh Nabil.Net
Quote:

Quote:




udah ada gan. salah satunya di mandailing natal, sumatra utara
Diubah oleh EnzDavid
woooowwww
Mantap

"Buat apa bikin pembangkit lstrik, hanya bisa dinikmati orang kaya saja"
Kutipan dari seorang Ketua BEM Univetsitas kelas wahid
emoticon-Cape deeehh


Diubah oleh bagasswift
Indonesia harus optimalkan Geothermal

berani jg ya Spanyol, takutnya ngebor ke inti Bumi bisa kejadian spt planet Krypton.. Planet mereka malah hancur emoticon-Mewek
Diubah oleh capt.sabaru
waw dunia udah makin maju udah ada pltb pembangkit listrik tenaga bumi
Quote:


Sama gan ane jg masih mikirin emoticon-Bingung
Quote:


listrik tenaga jomblo
Ngebor gunung merapi aja gan.

panas dr lahar didinginkan oleh air = hasilin uap tekanan maksimum = muter turbin

listrik turah2 emoticon-Ngakak
lah gimana jadinya itu
klo yang di kaki gn slamet gmn tuh gan?
Halaman 1 dari 13


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di