alexa-tracking

Tips Menghafal Cepat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b11a6329a0951f1178b4574/tips-menghafal-cepat
Tips Menghafal Cepat
Tips Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Dalam kehidupan kita sendiri kita sering sekali dituntut untuk mengahafal sesuatu. Dan menghafal itu ada 2 cara. Yang pertama kita dapat menghafal menggunakan otak kiri dan yang ke-2 kita menghafal menggunakan otak kanan.
Untuk cara pertama yaitu menggunakan otak kiri. Bagaimana proses kita menghafal menggunakan otak kiri? Kita menghafal menggunakan otak kiri itu kita dapat menghafal secara cepat dan kita juga akan melupakannya dengan cepat / tidak bertahan lama dalam pikiran kita.
Dan untuk proses ke-2 itu kita menggunakan otak kanan. Dimana kita dapat cepat menghafalkan dan tidak cepat melupakan.
Disini kita akan belajar meghafal dengan menggunakan otak kanan,dimana kita dapat cepat menghafal dan tidak cepat melupakan hafalan yang telah kita hafalkan. Ada 5 tahapan agar kita dapat menghafal dengan otak kanan.
1. Fokus. Kita harus membuat diri kita untuk fokus untuk tenang dan memiliki 1 tujuan. Jika kita ingin menghafalkan ya hafalkan sedangkan jika kita ingin memahami ya kita pahami.
2. Menghafal dengan Menulis. Kita dapat cepat hafal dan tidak cepat lupa apabila kita menghafalkan sesuatu sembari menulis apa yang kita hafalkan. Tahapan ini sangat baik dalam proses menghafalkan karna jika kita menulis kita bisa sambil membaca,dan memahami,hal ini dapat membuat kita cepat menyerap materi-materi yang akan kita hafalkan.
3. Menghafal dengan Menggambar. Jika kita menghafal dengan menggambar kita bisa membuat otak kanan kita berusaha terus menghafal sesuatu. Karna jika kita melihat suatu gambar pasti kita juga akan mengingat suatu hal yang ada di dalam gambar itu.
4. Menghafal dengan Mind Map. Dengan ini kita bisa meringkas suatu hal yang panjang dan menjadi mudah diingat. Dan kita dapat membuatnya dengan bahasa kita sendiri,karna jika bukan bahasa kita,kita akan sulit memahami maksud dari mind map itu sendiri.
5. Menghafal dengan Bernyanyi. Apakah kalian tahu? Jika kita mendengarkan musik berkali-kali kita akan cepat hafal bukan? Nah dengan cara ini kita gunakan untuk menghafal. Caranya? Kita dapat merekam materi dan disana kita jelaskan dengan bahasa kita sendiri agar mudah dipahami. Setelah di rekam kita bisa memutar rekaman itu berkali-kali agar kita dapat mengingat dan tidak cepat melupakan.
Dan kalian bisa memilih dari 5 tahapan diatas. Menurut kalian,kalian paling cocok menggunakan tahapan nomer berapa dan kalian bisa menerapkan cara tersebut. Tetapi untuk Point Utama yaitu kita harus Niat karna tanpa niat tanpa adanya kemauan dari diri kita,kita tidak akan bisa menerapkan hal hal diatas dengan fokus. Kalian akan terpecah pikirannya tidak fokus tidak tenang. Sekian tips untuk menghafal cepat dan tidak mudah lupa. -semoga bermanfaat emoticon-excited
image-url-apps
rapiin bre sama kasih gambar biar enak bacanya
image-url-apps
Quote:


oke makasih sarannyaemoticon-Smilie)
KASKUS Ads
image-url-apps
aseqqqqqq
×