KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b109db2d675d476088b4568/kuliner-esktrim-dari-tawon-berani-coba

Kuliner Ekstrim dari Tawon, Berani Coba?

Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?

 
Sebagian orang senang mencoba kuliner ekstrim. Terutama orang-orang yang suka tantangan. Ada juga yang merasa naik derajat dengan menyantap kuliner ekstrim dan membagikan fotonya di media sosial.
 
Satu kuliner ekstrim yang cukup membuat orang penasaran adalah botok tawon. Kok ekstrim sih? Padahal biasa aja kan lebah kecil gitu.
 
Mungkin karena dianggap berisi tawon atau lebah yang dapat menyengat. Selain itu juga ada pemahaman bahwa makan lebah yang menghasilkan madu itu haram.
 
Botok Sejatinya
Sejatinya botok adalah makanan khas Jawa. Terbuat dari ampas parutan kelapa serta aneka bumbu yang dibungkus daun pisang. Cara memasaknya dikukus. Kini ada pula bahan tambahan ekstrim yaitu sarang tawon. Jadi bukan tawon atau lebah dewasa yang menghasilkan madu.
 
Dikutip dari travel.detik.com (16/3/2018), kuliner ektrim batok tawon cukup terkenal di Banyuwangi. Sebagian orang masih enggan mencicipinya karena berbahan baku sarang dan larva tawon madu.
 
Tidak semua sarang tawon bisa dibuat botok. Biasanya sarang dari jenis tawon gula karena kandungan lilinnya sedikit, sehingga rasanya lezat.


Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?


Konon botok tawon berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung royal jelly. Rasanya mirip pepes jamur yang gurih dan sedikit manis. Penyajiannya seperti lauk bersama nasi.
 
Halal atau Haram?
Bagaimana soal kehalalannya? Dikutip dari nu.or.id (27/10/2017), Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Sullamunnajat (Surabaya: Al-Hidayah, tt), hal. 7, menjelaskan:
 
”{Cabangan Masalah} ِApa yang terdapat di dalam sarang lebah, maka awalnya ia adalah telur, kemudian menjadi ulat, kemudian mati dan menjadi lebah yang bias terbang. Pada bentuknya yang awal ia halal, dan pada bentuk yang selanjutnya ia haram sebagaimana telah ditetapkan oleh sebagian ulama.”
 
Jadi haram hukumnya memakan lebah yang sudah dewasa. Namun enthung (kepompong) lebah hukumnya halal jika termakan bersamaan dengan memakan madu atau sarang madu, dan jika dimakan terpisah maka hukumnya haram.
 
Agan dan Sista nggak perlu ragu lagi mencicipi botok tawon dari sarang tawon atau lebah. Apalagi jika buatan keluarga sendiri. Halal hukumnya, kecuali jika botok terbuat dari lebah dewasa. Lebih baik lebah-lebah dewasa itu dibiarkan untuk menghasilkan madu, kan ya.
 
Jika Agan dan Sista mudik atau berkunjung ke Banyuwangi, silakan cari kuliner yang satu ini. Rasakan bedanya dan sensasi mencicipinya. 

Sumber foto traveltodayindonesia.com, menuekstrim.blogspot.co.id

emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Ultah

emoticon-I Love Indonesia


BOLEH BACA JUGA





Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?




Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?





Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
Diubah oleh Kokonata
Halaman 1 dari 17
Ane ambil madunya aja deh, gk usah aneh" emoticon-Malu
Serius ini enak banget
Kalo lg mau, pasti makan
Kalo kagak, bisa mual
siapa takut
Quote:


emoticon-Sundul
Quote:


Kalau madu, ane jg minum tiap hari emoticon-Cendol Gan
kayaknya enak nih
patut d coba
hiiii... Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
wiii, takud di entubbbb

Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
Kalau makanannya sudah diolah diatas piring kayaknya sih enak.. asalkan gak keliatan lagi bentuk2 fisik tawonnya emoticon-Takut



Kalau masih keliatan tawonnya, ogah lah emoticon-Najis
Quote:


Enak tuh cendolnya gan, ane mau dong emoticon-Malu
Ane udah pernah nyobain Gan...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba? Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba? Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba? Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba? Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
Kuliner Esktrim dari Tawon, Berani Coba?
Wik wkwkwk
ogah kalau ane
dl pernah
Btw ini halal gak yah bagi muslim ?
Diubah oleh mukhlys
Ane kira kuliner es krim
emoticon-Betty Hati-hati bre, bikin ngaceng..
halal apa haram ni emoticon-Hansip
apa rasanya yakemoticon-Bingung
Halaman 1 dari 17


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di