alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di Sukabumi
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d78fcc0cb17e4748b4568/petugas-gabungan-sisir-rumah-makan-buka-siang-hari-di-sukabumi

Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di Sukabumi


Senin 28 Mei 2018, 16:21 WIB
Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di Sukabumi
Syahdan Alamsyah - detikNews
Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di Sukabumi
Beberapa warga yang kedapatan tidak berpuasa langsung ditegur petugas. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sejumlah warung makan yang buka siang hari di Kota Sukabumi disisir petugas patroli simpati, beberapa warga terlihat malu-malu saat kedapatan petugas tengah godin atau berbuka puasa sebelum waktunya.

Tim Patroli Simpati terdiri personel Polri, TNI, Pol PP dan MUI Kota Sukabumi bergerak mulai dari Jalan Suryakencana hingga Jalan Bhayangkara. Bukan hanya jalanan besar, warung nasi dalam gang yang dicurigai kerap didatangi warga untuk godin turut disambangi petugas.

Pantauan detikcom, ada dua warung yang diam-diam menyediakan santapan di siang hari pada Ramadan 2018. Beberapa warga yang kedapatan tidak berpuasa langsung ditegur petugas, begitu juga pemilik warungnya.

Wakil Sekretaris MUI Kota Sukabumi Sukandi mengatakan pihaknya memberikan peringatan kepada warung makan dan warga agar menghargai umat muslim yang sedang berpuasa.

"Tim patroli simpati memberikan peringatan kepada warga yang kedapatan godin atau makan di siang hari di bulan puasa. Kita beri imbauan untuk tidak makan lagi di luar ketika waktu puasa, ini tidak baik orang yang tidak puasa itu telah mencemarkan namanya. Sudah dilihat KTP-nya, mengaku muslim. Makanya yang kedapatan hari ini, kami data," ujarnya kepada awak media, Senin (28/5/2017).

Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di SukabumiSejumlah warung makan yang buka siang hari di Kota Sukabumi disisir petugas patroli simpati. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Untuk warung yang nekat tetap buka di siang hari, petugas bakal memberikan peringatan. Bila nanti masih melanggar disiapkan sanksi.

"Langkah awal warung yang saat ini kedapatan buka di siang hari kita beri peringatan, akan dipantau terus oleh Tim Patroli Simpati. Diberi penekanan dulu agar menutup warungnya," tuturnya.

Salah seorang warga yang terjaring petugas mengaku terpaksa makan di luar karena sedang dalam keadaan sakit. "Sedang sakit perut, makanya cari tempat makan yang buka siang hari," ucap Sukandi.

Sementara itu, pemilik warung, Fatimah (54) mengaku sudah biasa menyiapkan makanan sejak pagi hari. Sebab, ketika persiapan siang hari tidak akan keburu. "Tidak akan keburu kalau menyiapkan masakan siang hari, makanya saya coba untuk memasak dari pagi," ungkapnya.

Meski pun begitu, kata Fatimah, dirinya membantah telah melanggar aturan karena saat petugas datang posisi warungnya dalam keadaan tutup. Meskipun begitu dia mengaku tidak tega menolak ketika ada warga yang datang dan makan di warung miliknya.

"Kalau buka tetap sore. Tidak pernah buka pagi selama puasa, mau ngelarang (warga) makan bingung enggak tega, alasannya bilang sebentar tahunya makan lama," ucap Fatimah. (bbn/bbn)

https://m.detik.com/news/jawabarat/4...ri-di-sukabumi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Ada UU di negara ini yg bisa memperkarakan entah itu pidana atau perdata untuk seorang muslim yg tidak berpuasa? Kok pake didata segala??

ciusan nanya..
Diubah oleh khayalan
Kepada orang2 yang berpuasa...HORMAAAAAATT GERAAAAK emoticon-Marah emoticon-Cipokemoticon-Bukan IGO


Petugas Gabungan Sisir Rumah Makan Buka Siang Hari di Sukabumi
Quote:


Serem jg bre.

Tp lbh mending drpd razia puasa pake acara pengrusakan.
emoticon-No Hope
Kalo memang gk ngejalanin ya biarkan harusnya, hak individu emoticon-Entahlah
toh gk ada yg dirugikan
Diubah oleh Riz2T
Katanya negara pancasila , bhineka tunggal ika , lhaa ini truss ape namanye ... pake razia2 warung makan , emang ada aturan atau UU melarang warung buka siang hari di bulan puasa
emoticon-Bingung
lah apa enaknya puasa tanpa adanya godaan warung makan yg buka? masak puasa kalah karena melihat warung makan buka? hahahahaha.....
Buset.... emoticon-Ngakak
Quote:


Pada dasarnya bagiku agamaku, agamamu urusanku emoticon-Smilie
Diubah oleh kaum.berfikir..
Bingung gue, minta dihormatin padahal sendirinya gak menghormati orang-orang yang gak puasa.

WOI, orang non-muslim, orang sakit, anak-anak juga butuh makan woi. Emangnya negara ini cuma punya lu doang?

Beneran gak ada toleransinya ke orang-orang yang gak puasa atau mencari nafkah lewat jual makanan.

Jaman dulu orang malah seneng kalo banyak godaan pas puasa, artinya pahala dia gede.

Jaman sekarang malah sweeping sana sini, merasa harus dihormati, gak seneng kalo liat orang makan di depan publik.

Penurunan kualitas moral umat emoticon-Cape d...
Quote:


Mantapz emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Bagus sih ini
Yang ada makanan dirumah atau warung atau mall pada saat jam puasa haruslah dikosongkan

Mata air yang mengalir saat jam puasa pun harus disumpel

Pohon jambu yg berbuah pun harus ditebang

emoticon-Ultah
Untuk warung yang nekat tetap buka di siang hari, petugas bakal memberikan peringatan. Bila nanti masih melanggar disiapkan sanksi.

Sanksi berdasar apa nih ya uu? atau perda?
Quote:


ente mau dikafirkan?
mending ga usah terlaku banyak mempertanyakan sesuatu
puasanya harus bareng2 & banyakan, kalo sendiri2 berasa gak afdol emoticon-Hammer (S)
razia yg aneh, ikut campur urusan keimanan org lain emoticon-Hammer (S)
Quote:


Beuh.. udah kenyang gw dikapir2in..
Quote:


udah lah gan , ngalah aja
bumi ini milik allah

emang ente mau dipersekusi?
Wadaw operasi gabungan yak emoticon-Belo
Quote:


sesama muslim itu harus saling mengingatkan...
haloooo....bukankah tidak ada pemaksaan dari manusia dalam pelaksanaan ibadah ?
pahala puasa pun juga ALLAH langsung yang menilainya....tolonglah jangan berlebihan....
Quote:


mengingatkan boleh saja tapi kalo sudah menjurus pemaksaan kehendak dengan meminta menutup usaha itu berlebihan...
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di