alexa-tracking

Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d4e5ad9d77004578b456c/mitos-dan-kebenaran-apabila-menabrak-kucing-menurut-ajaran-islam
icon-hot-thread
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran IslamMitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam

Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
Gan Sist Pernah gak menabrak kucing hingga meninggal tanpa sengaja ketabrak waktu dijalan? Nah, lalu bagaimana reaksi teman-teman Gan Sist saat mengetahuinya? langsung menguburnya kah? karena takut sial, atah bagaimana Gan Sist? berikut ane berikan penjelasan mengenai mitos dan kebenaran apabila menabrak kucing menurut ajaran Islam. Yap langsung saja Cekidot.....

Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
Pastinya di masyarakat kita berkembang mitos yang tidak jelas dasarnya ini kan Gan Sist, yaitu kewajiban orang yang menabrak kucing harus mengubur jasad kucing tersebut. Kalau tidak, maka orang yang menabrak kucing tersebut akan ada nasib sial yang menimpanya.

Nah dalam pandangan Islam, mengasihi hewan adalah merupakan perintah agama. Menyiksa hewan secara sengaja akan melahirkan dosa di mata Allah. Sebaliknya berbuat baik kepada hewan akan mendatangkan pahala. Sebagaimana hadits tentang seorang yang memberi minum anjing kehausan dan masuk surga karna perbuatannya itu Gan Sist.

Dari Abi Hurairah ra dari Rasulullah SAW bersabda," Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat di depan anjing yang menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata,"Anjing ini hampir mati kehausan". Lalu dilepasnya sepatunya lalu dikaitnya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum. (HR Bukhari).

Dalam syarah shahih bukhari yaitu kitab Umdatul Qari jilid 15 halaman 277 disebutkan bahwa di antara faedah hadits ini adalah diterimanya amal seorang pelaku dosa besar asalkan dia seorang muslim. Dan bahwa Allah mungkin saja mengampuni dosa besar dengan amal yang kecil sebagai keutamaan.

Namun kepercayaan sementara kalangan bahwa kalau menabrak kucing harus menguburkannya dan kalau tidak akan celaka, jelas merupakan tahayyul dan kalau hal itu dipercaya, akan mengakibatkan syirik. Sebab kalau kita bandingkan dengan hukum pembunuhan yang disengaja (qatlul `amd) dan pembunuhan yang tidak disengaja (qatlul Khatha`). Selain itu ada juga pembunuhan yang seperti disengaja (qatlu syibhu `amd). Pembunuhan nyawa manusia yang tidak disengaja misalnya adalah menabrak orang hingga mati. Dan tidak ada qishash pada kasus itu kecuali membayar diyat (tebusan).

Padahal dalam kasus yang misalkan Gan Sist tanyakan, yang terbunuh secara tidak sengaja bukan manusia melainkan kucing. Sehingga tidak ada kewajiban qishash, diayat atau apapun. Kecuali jika kucing itu dimiliki oleh seseorang dan dia minta diganti harganya, maka harus diselesaikan sesuai dengan kesepakatan. Sebaiknya, bila kucing itu tidak ada yang punya, maka tidak ada kewajiban apapun kecuali membuang bangkai kucing atau membersihkan jalan itu dari bangkai kucing demi kelancaran lalu lintas. Bagkai kucing itu sendiri tidak wajib dikafani, tidak wajib dimandikan dan juga tidak wajib dishalati. Karena memang tidak ada masyru`Iyah untuk semua praktek itu. Lagi pula bila sudah ada yang mengurusnya, maka orang yang terkena musibah itu tidak harus melakukannya sendiri.

Mitos ini berkembang karena masyarakat tidak punya landasan tauhid yang benar. Sehingga dengan mudah terasuki tahayyul yang salah seperti pada kasus kucing ketabrak. Nah sekarang Gan Sist bisa menjelaskan hal itu agar masyarakat tidak menjadi bulan-bulanan mitos yang bisa berakibat kepada kemusyrikan.

Kecelakaan juga sering terjadi nih Gan Sist akibat menggindari kucing dan berujung pada kecelakan.
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam

Sekian Thread dari ane...
Semoga Bermanfaat...
Sampai Jumpa di Thread selanjutnya...
emoticon-Stick Out Tongueertamax


Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran IslamMitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
image-url-apps
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
image-url-apps
biasanya bukan percaya tahayul tapi takut kalo ternyata,tahayul nya terjadi
KASKUS Ads
pacar ane pernah gak tidur gara-gara mikirin nabrak kucing item,
sampe jam 2 siang gak kluar rumah dan jam 3 sore baju nya dibuang .. mitosnya begitu emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
di belahan mana tret,
ada hubungan tabrak kucing dengan ajaran islam?
Mending kalian tabrak ampe modar aja para bajingan-bajingan yang datang ngemis-ngemis minjem duit, tapi giliran ditagih malah nyolot, asuuu..
image-url-apps
Setuju banget..
Inilah indonesia,, mau tak mau sebagian masih terkekang mitos dan tahayul..
Dukarena kn Kucing terlnjur identik dg hal2 berbau mistis(di daratan eropa),, atau karena sebagian mengagungkan karena peliharaannya rasul.
emoticon-Smilie
image-url-apps
emang ada yg tabrak kucing terus dimandikan, dikafani dan di salatkan gan ?
Quote:


kayak manusia aj gan emoticon-Hammer2
image-url-apps
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
Aku akan bergentayangan..
MIAWWW..
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Kalau lagi berkendara misal di toll dalam.kecepatan penuh tiba-tiba ada kucing lewat, lebih baik tabrak saja, kalau kalian hindari yg ada malah celaka, kecuali kalau kecepatan rendah dan di belakang ga ada kendaraan ya jangan ditabrak.
image-url-apps
Quote:


bener ini
kalo di jalan tol cuek aja
meski yg mau ditabrak wujud manusia sekalipun
ga usah menghindar, malah bisa2 kecelakaan beruntun
image-url-apps
Mitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran IslamMitos dan Kebenaran apabila Menabrak Kucing menurut Ajaran Islam
image-url-apps
Kucing hitam yaa hmm
image-url-apps
Sayang banget... emoticon-Frown
image-url-apps
ane izin rate dulu ya
ninggalin jejak dulu gan
image-url-apps
klo bs sih dikuburin soale ganggu pengendara dijalan ntr jasadnya emoticon-Sorry
image-url-apps
Alhamdulillah... penjelasan bagus...
image-url-apps
Wah bagus gan penjelasannya, orang indonesia emang suka percaya sama mitos kaya gini. Kaya pengalaman ane waktu smp lagi lari pagi, ada angkot geleng anak kucing. Mang angkot nya langsung turun dan buka bajunya buat kafan on kucingnya.
×