alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d44cad675d47f568b4568/nisac-badan-pendesain-kiamat

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Alam semesta yang kita huni ini, termasuk Tata surya dan Bumi sebagai bagiannya, berumur sangat tua. Banyak teori konspirasi telah memperkirakan akhir dari dunia, termasuk mega-bencana yang di filmkan dalam Block buster movie "2012", namun sampai sekarang prediksi akhir dari dunia tidak ada yang benar-benar terjadi atau belum terjadi.

Dari mulai matahari kehilangan panas nya, planet kehilangan medan gravitasi dan saling bertubrukan, juga hujan meteorit yang sangat besar membakar seisi bumi merupakan prediksi kiamat yang sering muncul di khalayak.
Dikutip dari laman fastcodesign.com, para ilmuwan di National Infrastructure Simulation and Analysis Centre (NISAC) US merancang simulasi bagaimana kiamat, atau akhir dari dunia ini akan terjadi. Seperti cyber attack, pandemic atau penyebaran virus global, dan mega-storm aka badai super yang menyebabkan kehancuran dunia.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Fastcodesign.com
NISAC mensimulasikan respon tanggap bencana, terutama untuk mengatasi krisis bahan bakar, listrik dan makanan pada saat bencana besar terjadi. Bencana besar tidak hanya memakan korban jiwa, tapi juga melumpuhkan infrastruktur.

NISAC bekerja di dalam Departement of Homeland Security sebagai bagian dari proyek PATRIOT Act, bisa di katakan sebagai disaster estimator yang mempelajari dampak bencana terhadap infrastruktur, berapa biaya diperlukan, berapa korban yang akan timbul dan reaksi pemerintah terhadap bencana ini.
Mendesain bencana untuk mencegahnya

NISAC membuat model bencana secara matematis yang luar biasa meskipun secara visual cukup mengerikan yaitu menyebarnya virus influenza secara pandemic di seluruh dataran AS.

Sistem yang diterapkan nya dikenal dengan CASoS (Complex Adaptive Systems of Systems). Program ini awalnya merupakan adaptasi dari simulasi nuklir yang diadakan oleh Sandia national labs pada 1960.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Guiaderoses.net
Dengan berkembangnya komputer pemrosesan desain pada tahun 1960 fisikawan Edward Lorentz merintis konsep teori kekacauan bencana menggunakan model komputer dia mensimulasikan cuaca bergerak di seluruh dunia.

Mendesain bencana alam dengan kekacauan di dalamnya adalah sebuah ilmu baru.
Pandemic dan kebakaran hutan

Pada tahun 2005 NISAC ikut mensimulasikan menyebarnya pandemik flu burung di Amerika, termasuk juga efek sampingnya terhadap lingkungan biologi sosial dan ekonomi.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Fastcodesign.com
Tahun-tahun itu, flu burung merupakan ancaman pandemic di banyak negara penyebarannya yang tidak terduga dan juga gejalanya yang mirip dengan penyakit flu biasa, namun bisa berubah menjadi parah dan mematikan.

Tentunya harus dicari tahu cara untuk menghentikan penyebaran virusnya secara global. Dan secara mengejutkan ditemukan bahwa anak sekolah merupakan tulang punggung penyebaran dari virus ini.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Referensi pihak ketiga
Respon pemerintah terhadap flu burung sangat luar biasa bahkan banyak yang memberikan peringatan travel warning atau larangan berkunjung negara asal virus ini menyebar.

Menghentikan pandemic virus mirip seperti cara memadamkan kebakaran hutan yang salah, mematikan api dari perbatasannya supaya tidak meluas namun tidak mematikan api dar sumber penyebarannya.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Fastcompany.com
NiSAC bukan hanya sekedar lembaga pemantau cuaca tapi merupakan lembaga penting yang memprediksikan bencana besar di kemudian hari dan memberitahu cara bertahan pada kondisi itu, serta memberikan alternatif solusi kepada pemerintah mengatasi kondisi krisis terjadi saat itu.

Sebagai contoh saat New York terkena Badai Katrina, atau sepanjang pantai terkena tsunami, lalu badai dahsyat menghantam Manhattan. Seberapa lama mereka bertahan, berapa pasokan listriknya, berapa sisa makanan berapa banyak bantuan yang diperlukan dan berapa banyak korban yang bisa diselamatkan. Semua prediksi bisa di desain.

NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
paradigmlife.com
Bencana tidak hanya tentang korban dan kerusakan, juga tentang bagaimana recovery atau pemulihan cepat penduduk dan mencegah kerusakan yang lebih parah di kemudian hari.


REFERENSI
fastcodesign.com/3058542/the-scientists-who-simulate-the-end-of-the-world
Diubah oleh pasukansabun
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Kiamat emoticon-Takut
coba di test di amerika dulu
Orang sono mikirnya bagaimana bumi musnah ya, bukan mikir selametin diri sendiri
emoticon-Cool
itu semua akan terjadi
NISAC kalo disuruh milih antara lucintal luna ama saiful jamil kira2 siapa yang bakal diselametin? emoticon-Leh Uga
bukan kiamat kalo bukan kehancuran total seluruh alam semesta
emoticon-Traveller
pengen ngerasain kiamat kali :v
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
kiamat itu mengerikan emoticon-Takut (S)
boljug nih
NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Nyimak dulu
Lembaga ya gan
ihh serem
Kalau Badan Kiamat milik Amerika, ya pasti orang Amerika yang diprioritaskan diselamatkan kalau beneran ada kiamat.

Indonesia punya nggak Badan atau Lembaga kayak gini?
takut tappi bakalan terjadi emoticon-Big Grin
Komen dulu baru baca
Quote:


"NiSAC bukan hanya sekedar lembaga pemantau cuaca tapi merupakan lembaga penting yang memprediksikan bencana besar di kemudian hari dan memberitahu cara bertahan pada kondisi itu, serta memberikan alternatif solusi kepada pemerintah mengatasi kondisi krisis terjadi saat itu."
Mejeng dulu di Page one...
etdah ada pendesain juga kiamat NISAC, Badan Pendesain 'Kiamat'
Gagal gembox emoticon-Frown
Diubah oleh claymite
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di