CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Budi Daya Kroto Rangrang Usaha Baru Yang Menguntungkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b054084dbd7702f608b4567/budi-daya-kroto-rangrang-usaha-baru-yang-menguntungkan

Budi Daya Kroto Rangrang Usaha Baru Yang Menguntungkan

Budi Daya Kroto Rangrang Usaha Baru Yang Menguntungkan

Para pencinta burung berkicau dan mancing mania tentu tahu dengan kroto. Kroto merupakan pakan bergizi tinggi buat burung maupun umpan ikan. Krotok merupakan larva dan pupa semut rangrang atau lebih umum dikenal sebagai telur rangrang. Jika selama ini kroto diambil dari alam, kini kroto bisa dibudidayakan.

Menurut teori, kroto atau telur rangrang tersebut dibedakan dalam empat jenis, yaitu kroto basah, halus, kasar, dan kroto kacang. Kroto basah merupakan telur atau larva yang masih baru dengan kadar air yang cukup tinggi, tahan hanya satu hari bila tidak diawetkan, tetapi memiliki kandungan gizi terbaik dengan protein mencapai 47,80%.

Kemudian, kroto halus adalah pupa dari calon semut-semut pekerja atau pejantan kecil dan besar serta tidak tahan lama. Selanjutnya, kroto kasar adalah larva dan pupa dari calon semut ratu, ukurannya lebih besar dengan kandungan protein yang cukup banyak, tetapi juga tidak tahan lama.

Sementara kroto kacang merupakan campuran dari kroto basah, halus, dan kroto kasar. Kroto kacang ini bisa bertahan sampai sepekan tanpa diawetkan dan memiliki kandungan lemak tertinggi, mencapai 17,07%.

Kroto tersebut memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dan selalu ditunggu pasar. Sebab, telur atau larva dari semut yang dikenal dengan gigitannya yang sangat menyakitkan dan pedas itu memang dibutuhkan konsumen pemilik atau penangkar burung berkicau, para pemilik atau penangkar ikan hias, serta para pemancing.

Budi Daya Kroto Rangrang Usaha Baru Yang Menguntungkan

Dengan kandungan gizi, protein, dan lemak yang cukup baik, kroto menjadi salah satu pakan atau asupan andalan untuk burung berkicau guna meningkatkan stamina dan keterampilan dalam mengolah suara kicauannya. Kemudian, untuk ikan hias, kroto sangat baik untuk memacu perkembangan ikan itu sendiri. Sementara untuk para pemancing, kroto ukuran besar atau jenis kroto kasar merupakan umpan ampuh untuk mendapatkan ikan, khususnya ikan air tawar.

Untuk memenuhi berbagai keperluan tersebut, sangat wajar jika di pasaran berbagai jenis kroto itu dibanderol mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp12 ribu/ons. Bahkan, untuk kroto kasar harganya lebih tinggi lagi, ukuran sekitar dua sendok makan bisa dibanderol minimal Rp5.000.

Harga kroto yang selama ini hanya mengandalkan dari hasil pencarian secara alami di alam itu, bisa menjadi lebih mahal lagi manakala musim hujan dan para pencari telur semut tersebut istirahat. Karena para pencari semut banyak yang istirahat, pasokan kroto menjadi terbatas. Sementara kebutuhan akan telur semut itu tidak pernah menurun, akibatnya harga pun bisa melambung beberapa kali lipat.

Namun, meskipun harga melambung tinggi, tetap saja kroto tersebut ludes di pasaran. Sebab, para kicau mania, pemancing mania atau penghobi ikan hias yang rata-rata merupakan golongan menegah ke atas tidak mau burung atau ikan peliharaan serta hobi mereka memancing terkendala soal kroto. Karena itu, meskipun harganya tinggi pada musim hujan, kroto tetap dibeli.

Budi Daya Kroto Rangrang Usaha Baru Yang Menguntungkan

Cara Beternak Kroto

Untuk langkah pertama adalah pembuatan rak terbuka. Alat dan bahan yang harus disediakan, yaitu meteran, palu, paku, siku, gergaji, sugu, spidol/pensil, kayu kasau dan reng, serta tripleks dan papan.

Adapun ukuran rak terbuka yang dibuat dari kayu kasau, kayu reng, dan tripleks itu berukuran panjang 122 cm, lebar 61 cm, dan tinggi 140 cm, sementara jarak antar rak 35 cm atau bisa dibuat menurut selera kita. Kemudian, pada bagian kaki rak jangan lupa diberi alas wadah berisi air agar rangrang tidak bisa pergi dari rak tersebut.

Setelah rak siap, langkah selanjutnya adalah membuat media sarang. Media sarang rangrang ini bisa dibuat dari toples plastik ukuran sedang, besek dari bambu ukuran sedang, potongan bambu, paralon, atau bahan lainnya.

Untuk media sarang dari toples plastik, pada bagian atas dan bawah dibuat dua lubang besar dan beberapa lubang kecil pada sisinya. Lubang besar tersebut gunanya untuk jalan keluar masuk rangrang dan lubang kecil berfungsi sebagai sirkulai udara. Sementara jika media sarang menggunakan bambu atau paralon, bambu atau paralon dengan diameter minimal 7 cm dipotong kurang lebih sepanjang 40 cm. Silahkan mencoba. Siapa tahu budi daya kroto menjadi salah satu pundi-pundi penghasilan Anda.
Diubah oleh muinmaster
Halaman 1 dari 4
harus dengan gambar biar ane ngerti gan atau ane yakin ente pernah buat emoticon-Kaskus Banget
Lihat 1 balasan
Jejak gan
Quote:


wah lumayan menjanjikan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
panennya brp lama gan?
Halo emoticon-Smilie aku minta tolong bantuannya untuk isi kuisionerku untuk keperluan skripsi lewat link yang aku kasih.

https://docs.google.com/forms/d/e/1F...st5OA/viewform

Setelah beberapa kuesioner terkumpul, akan diundi 5 orang pemenang untuk mendapatkan pulsa masing-masing senilai Rp 20.000. Pemenang yang beruntung akan langsung dihubungi lewat nomor HP/Telepon.
Kriterianya: Wirausaha/ Wiraswasta, Punya NPWP, Ikut Tax Amnesty, dan domisili Jakarta
Ga sesuai kriteria juga boleh isi kok.
Terima kasih atas bantuannya, semoga sukses.
Lah terus nyari smutnya gimna? Kalo lebah madu mah di cari ratunya, terus dipindahin ke sarang yg baru prjuritnya pada ngikut....terus kalo semut rang2 metode pemindahan sarangnya gimna gan?
Diubah oleh roodher
malahan ane pernah dengar ada tengkulak yang ngajak orang buat budi daya ini, bibit dari mereka, kita tinggal nyiapin tempat saja, nanti kalau panen juga di beli sama tengkulak itu.
Makanannya burung ya.. hehehehehe
Lihat 1 balasan
bisnis tetap berjalan selama ada kicau mania
Pejwan sek Om
wah ane boro2 budi daya, baru mau ngasih makan aja udah digigitin semut.

Btw keren nih orang
tritnya yg komennya cuma 1, tapi view puluhan ribu. kok bisa?
boleh juga nih bisnis yg cukup menjanjikan
teman ane udah gak dilanjutin lagi ternak krotonya emoticon-Ngakak krangrang nya pada kabur semua soalnya emoticon-Wakaka
berangkatttt
hmm kolektor bata ya
Awas ntar digigit semut lho
emoticon-Ngakak
di oseng oseng enak kalik ya ganemoticon-Ngakak
Wah boleh nih emoticon-Leh Uga
kok jijik ya ngliatnya emoticon-Takut
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di