CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perfeksionis Adalah Sebuah Kelebihan atau Kekurangan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0253111ee5dfe66b8b4567/perfeksionis-adalah-sebuah-kelebihan-atau-kekurangan

Perfeksionis Adalah Sebuah Kelebihan atau Kekurangan?

Halo semuanya, welcome to my thread emoticon-Salam Kenal

Kali ini aku mau membahas tentang salah satu sifat manusia yang menurutku cukup ambigu karena aku sendiri sampai sekarang belum tahu apakah perferksionis adalah suatu kelebihan atau kekurangan pada diri seseorang. Sebenernya apa sih perfeksionis itu? emoticon-Bingung

Perfeksionis adalah orang yang memiliki tendensi untuk selalu melakukan apapun dengan sempurna, tanpa cela, dan mempunyai standar yang tinggi terhadap suatu hal  yang dia lakukan dan kerjakan. Dilihat dari artinya saja sudah cukup menimbulkan pertanyaan kritis, “Ya, memiliki standar yang tinggi dan menginginkan suatu hal yang sempurna memang bagus dan hasilnya dapat memukau orang lain, tapi kan yang namanya manusia juga gak bisa selalu sempurna dan pasti memiliki cela walaupun itu hanya setitik saja?” emoticon-Matabelo

Belakangan ini, mungkin mulai sekitar 6 atau 7 tahun yang lalu saat aku masih duduk di kelas 11 SMA, aku mulai merasakan bahwa aku memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang perfeksionis. Dimulai dari aku yang memiliki sebuah diari yang berisi sekumpulan mimpiku, dan di buku itu, aku juga menuliskan cara-cara untuk menggapainya. Saat itu aku belum begitu mengerti bahwa kenyataan itu cukup keras dan yang ku tahu saat itu hanyalah apabila kita berusaha semampu kita, pasti apapun keinginan kita akan tercapai.

Salah satu yang kerasa banget perfeksionismesku saat SMA itu adalah aku ingin dapet Nilai Ujian Nasional rata-rata 9, kalau dikali 6 matpel UN SMA waktu itu, berarti targetku adalah setidaknya dapat nilai 54,00. Aku belajar keras banget untuk bisa menggapainya. Dan pada akhirnya saat pengumuman NUN, aku melihat nilaiku adalah 51,00. Kalau kata teman-temanku, nilai segitu sudah bagus karena rata-rata NUN IPS waktu itu adalah sekitar 45-47. Tapi bagiku itu sebuah kegagalan. Yup, aku hampir mendapatkan impianku, kurang sedikit lagi untuk mencapai 54,00. Aku merasa gagal dan sedih melihat nilaiku cuma 51,00. Aku merasa perjuanganku sia-sia. Aku kurang bersyukur atas hal itu, padahal orang lain banyak yang menginginkan apa yang aku dapatkan. emoticon-Mewek

Itulah contoh nyata dari pengalamanku atas gambaran dari perfeksionis. Lalu ciri-ciri orang yang perfeksionis itu seperti apa sih?

Spoiler for "Ciri-Ciri Orang Perfeksionis":


Nah, apakah sebagian besar dari ciri-ciri tersebut ada pada diri kalian? Jika iya, maka kamu kemungkinan besar adalah seorang perfeksionis. emoticon-MaluLalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari perfeksionis ini?


Spoiler for "Kelebihan Perfeksionis":



Spoiler for "Kekurangan Perfeksionis":


Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sifat perfeksionis ini agar lebih bisa menekan sisi negatifnya? emoticon-Wow


Spoiler for "Cara Menekan Sisi Negatif Perfeksionis":


Itu lah yang bisa aku jelaskan mengenai perfeksionis, yang mana aku sendiri juga adalah seorang perfeksionis. Dari pengalamanku pribadi sih, aku merasakan karakter perfeksionis itu bisa menghasilkan banyak banget keajaiban yang bagiku wow banget. emoticon-UltahTapi di sisi lain, aku merasa sisi negatifnya itu membuatku menjadi seseorang yang tidak baik seperti terlalu ambisius, sering cemas, dan apabila keinginanku tercapai aku kadang jadi sombongemoticon-Sorry

Semoga thread ini bermanfaat untuk kalian dalam memahami karakter kalian sendiri atau orang lain yang perfeksionis. Jangan lupa untuk share dan komen pengalaman kalian tentang perfeksionis. Thank You emoticon-Jempol
Diubah oleh anindita1995
Halaman 1 dari 6
Buang2 waktu, kadang sesuatu yg gk harus di perhatiin malah diperhatiin dan diurusi, soalnya ane gitu, kadang mau masa bodo.. tp keinget terus emoticon-Ngakak (S)
Prefeksionis kadang dibutuhkan saat tim terlalu berantakan dan kurang motivasi. Tapi menjadi jelek kalo orang sekelilingnya udah bagus pekerjaannya, jadi kesannya memaksakan.
Semuanya cuma perkara keseimbangan. Prefeksionis boleh tapi jangan berlebihan. emoticon-Jempol
Tergantung dari sudut pandang mana dan siapa
kekurangan bre..
biasanya kalo semua udah kacau pengen ulang dari awal lagi emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya, repot sih ya kadang2 suka bingung mau nentuin sikap kayak gmn gt kan 😅

Quote:


Siap gan, ini jg lagi mencoba untuk seimbangkan diri gt 😊

Quote:


Iya gan, banyak faktor yg mempengaruhi pendapat apakah perfeksionis itu kelebihan atau kekurangan 👍
Quote:


Iya gan kadang aku jg gt, kalo ngelakuin apa gt terus kok berantakan pgn ulang dr awal lg. Malah gk ada progres gt kan
selalu pengen sempurna
Quote:


iya bener, kadang ane suka ngomong sendiri "dah ah masa bodo, dah bener" , tapi ttp aja di cek2 lagi emoticon-Ngakak (S)
kalo agan punya atasan / bos di perusahaan terus bos agan punya sifat yang harus serba perfect.. Pasti para bawahan menganggap hal itu yang paling mengganggu bgt dikerjaan, dan efeknya akan menjadi Bos yang dibenci emoticon-Ngakak
perfeksionis itu kekurangan , kekurangan untuk menerima sesuatu
Perfeksionis itu kelebihan,tapi juga kekurangan...tergantung bagaimana kita (yg merasa perfeksionis) mengimplementasikan yg baik-baiknya aja dan terus memperbaiki diri...emoticon-cystg
Quote:


Iya gan kayak gitu perfeksionis 👍

Quote:


Iya aku jg gt gan. Pdhl udah capek tp ttp di cek lg, takut typo lah, ada yg salah lah 😁

Quote:


Aku jg berpikiran gt gan. Kadang gak cuma bos aja sih. Kalo pas kelompokan terus ada yg menuntut sempurna bgt ke tmn yg lain. Jadinya dia gak bgtu disukain sama tmn2 sekelompok. Aku prnh soalnya dpt tmn kelompok yg perfeksionisnya paraaaah bgt. Tp emg jadinya bagus sih. Laporan kami jd dpt A dr dosen 😁

Quote:


Kurang menerima sesuatu yg msh kurang gt ya gan?
Quote:


siap gan. sedang berusaha buat memperbaiki diri jg ini biar meminimalisir kekurangannya 😁💪
Ane perpeksionies
Huehuehue
Bukannya sok-sokan perfect atau gimana, gua keknya juga termasuk kaum perfeksionis. Contoh sederhananya aja saat gua mau duduk di kursi, gua selalu nafsir-nafsir kaki kursi sama garis lantai. Disamain jarak kanan kirinya emoticon-Ngakak
Ya kalo sukses, maka boleh dikatakan kelebihan .
rasa perfkesionis, emg ada rada ada pada diri ane sendiri, klo ngerjain sesuatu itutuh, pengennya sebaik mungkin, tp ane coba untuk tidak seperfeksionis dulu... di satu sisi takut gak nyaman d hadapan orang lain..
ane perfeksionis sih di beberapa sektor doank, bukan krn takut kalah ato apa. justru point takut gagal itu ga ada di opsi ane emoticon-Ngakak.

misalnya di programming, ane bener" perfeksionis disitu. line salah posisi dikit lansung ngegas emoticon-Ngakak

kalo pengalaman gw,
sifat perfeksionis itu jadi masalah.

pas dibagian yg TS bilang perfeksionis mudah tertekan dan depresi.
seharusnya gw tidak perlu mengalami ini, seandainya gw lebih menerima diri sendiri apa adanya.
dan tidak menuntut diri sendiri dgn hal2 yg terlalu tinggi.

berjuang dalam hidup apa adanya sesuai kemampuan lebih bisa membuat pikiran lebih tenang.
kasian gan terkadang orang yang perfeksionis klo ada kegagalan dalam suatu hal pasti stress berat emoticon-Sorry
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di