alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
[COC GL] Ternyata Limbah Jarum Suntik Kita Jauh Lebih Panjang dari Pulau Jawa!!
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd4330dad770142c8b4567/coc-gl-ternyata-limbah-jarum-suntik-kita-jauh-lebih-panjang-dari-pulau-jawa

[COC GL] Ternyata Limbah Jarum Suntik Kita Jauh Lebih Panjang dari Pulau Jawa!!

Quote:


Adhi tampak Lelah, matanya cekung dan tampak kehitaman disekelilingnya. Namun bibirnya sekarang sudah tersenyum seraya memandangi anaknya yang terbaring di ranjang rumah sakit. 
Spoiler for "Anak disuntik":


“Sekarang sudah bisa tidur mas, sejak kemarin sore sesak napas, ngga mau makan, minum.” Ia bersyukur anaknya mendapat penanganan segera. “Saat datang kemarin, diperiksa dokter, katanya radang paru-paru, langsung dikasih oksigen, dipasang infus, lalu disuntik”
Adhi mengaku anaknya mendapat 2 macam suntikan, yang diberikan 3 kali sehari. Perawat yang menyuntik mengatakan anaknya diberikan antibiotik.

Quote:


Dengan asumsi setengah dari penderita radang paru-paru memerlukan perawatan inap, dan satu anak mendapat 3 kali injeksi dua macam obat per hari selama 3 hari saja, maka jumlah suntikan yang digunakan adalah sebesar:
Quote:


Spoiler for Spuit:


Kalau mau iseng lagi ngitungnya, spuit ukuran 5cc panjangnya adalah 13,5cm, maka jumlah 7,2 juta suntikan ini:
Quote:


Kalau dijejer-jejer hampir bisa nyambung dari Ujung Kulon sampai Banyuwangi!
Spoiler for "Pulau Jawa":


Itupun belum tentu hanya 2 jenis obat yang digunakan, dan lama penggunaannya bisa jadi lebih dari 3 hari. Dan itu hanya menghitung dari pasien radang paru anak saja, belum pasien dewasa, belum dari penyakit lain yang butuh suntikan dan perawatan. Duh! Bisa-bisa jejeran spuit itu nyambung dari Sabang-Merauke! emoticon-Hammer

Maka bisa dibayangkan potensi limbah jarum suntik ini yang luarbiasa besarnya.
Quote:


Sekadar mengingatkan, penanganan limbah jarum suntik yang serampangan, dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Dari data oleh WHO, diperkirakan sebanyak 32% dari kasus baru Hepatitis B tiap tahunnya berhubungan dengan kontaminasi dari limbah jarum suntik. emoticon-Takut (S)

Spoiler for "Tertusuk jarum bekas":


Quote:


Ada beberapa pengelolaan yang dapat dilakukan:
(1)   Safety Box. Jarum dan syringe langsung dimasukkan ke dalam safety box pada setiap selesai satu penyuntikan; setelah penuh, safety box dan isinya dikirim ke sarana kesehatan yang memiliki incinerator dengan suhu pembakaran minimal 1000⁰C atau memiliki alat pemusnah carbonizer.
Spoiler for "Safety box":


Spoiler for "Incerinator dan Pemusnah Carbonized":


Atau jarum dan syringe langsung dimasukkan ke dalam safety box pada setiap selesai satu penyuntikan; Setelah penuh, safety box dan isinya ditanam di dalam sumur galian yang kedap air (silo) atau needle pit yang lokasinya didalam area unit  pelayanan kesehatan.  Pembuatan needle pit dapat dilakukan dengan bahan buis beton diameter 60 cm panjang a meter ataupun pipa PVC dengan diameter minimal 4 inchi panjang 3 meter. Untuk needle pit dengan buis beton sepanjang 60 cm ditanam dan ditutup dengan bahan beton tetapi menyediakan lubang untuk memasukkan needle. Sedangkan untuk needle pit dengan pipa PVC ditanam sepanjang 2,5 meter dan ditutup dengan dop ulir PVC yang sewaktu-waktu dapat dibuka bila akan memasukkan needle. 
Spoiler for "Needle pit":


(2)   Needle Cutter. Jarum dipatahkan dengan needle cutter pada setiap selesai satu penyuntikan; Potongan jarum yang terkumpul di dalam needle collection container dimasukkan ke dalam safety box, kemudian dilanjutkan dengan proses penanganan seperti yang dijelaskan dalam penanganan menggunakan safety box.

Spoiler for "Needle cutter":


Atau: Jarum dipatahkan dengan needle cutter pada setiap selesai satu penyuntikan; Potongan jarum yang terkumpul di dalam needle collection container dimasukkan ke dalam needle pit; Syringe bekas pakai didisinfeksi dengan menggunakan larutan sodium hipoklorit 5% dan direndam selama 30 menit, sehingga syringe telah steril dan dapat didaur ulang.

(3)   Needle Burner. Jarum dimusnahkan dengan needle burner langsung pada setiap selesai satu penyuntikan; Syringe selanjutnya diproses seperti dijelaskan dalam penanganan dengan needle cutter; Hasil proses pemusnahan dengan needle burner dimasukkan ke dalam kantong plastik warna hitam, karena sudah tidak infeksius; Sisa proses bersama kantong plastiknya langsung dibawa ke tempat penampungan sementara.
Spoiler for "Needle burner":


Quote:


Hasil emisi yang paling berbahaya pada pembakaran sampah heterogen ialah terbentuknya senyawa dioksin dan furan, sekelompok bahan kimia yang tidak berwarna dan tidak berbau.
Dalam molekulnya mengandung atom karbon, hidrogen, oksigen dan klor. Pembakaran mengeluarkan gas metan yang sangat berbahaya, mempengaruhi kualitas hujan (hujan asam).
 
Quote:


Dengan demikian, dibutuhkan jalan lain dalam pengolahan limbah medis ini. Di negara barat, alih-alih hanya membuangnya ke dalam kontainer dan mengirimnya ke tempat pembuangan sampah, para peneliti menemukan solusi yang lebih ramah lingkungan untuk masalah jarum suntik ini.

Spoiler for Recycleable?:


Salah satu pabrikan alat medis terkemuka dunia, BD, menyatakan bahwa mereka sekarang dapat mendaur ulang hingga 70 persen dari seluruh jumlah peralatan medis yang biasanya hanya berakhir di tempat pembuangan sampah.
 
Mereka mengumpulkan safe box tanpa perlu membukanya sehingga meminimalisir kemungkinan tertusuk jarum bekas, safe box ini dikumpulkan pada satu tempat, diberikan pemanasan tingkat tinggi dan kemudian dihancurkan menjadi bongkahan-bongkahan. Langkah selanjutnya adalah pemisahan logam dari plastik. Plastik yang diperoleh selama proses daur ulang ini akan digunakan kembali dalam pembuatan spuit baru, yang akan didistribusikan dan digunakan di rumah sakit dan klinik.

Quote:



Spoiler for Reuse:

 

Quote:


Salam.

Sumber:
Ilustrasi kasus: pengalaman TS
lainnya:
pertamax
keduax
ketigax
keempax
kelimax
Halaman 1 dari 7
for the sake of the update
for the sake of the update (2)
jadi inget needle pit di film SAW emoticon-Takut (S)
apa kabar yang kasus ini yak...
Spoiler for sampah cirebon:

Spoiler for Sampah cirebon 2:
Quote:


[COC GL] Ternyata Limbah Jarum Suntik Kita Jauh Lebih Panjang dari Pulau Jawa!!
Nah iya. Itu salah satu yang paling ngeri gan..
wihh tritnya Bagus bgt!
ane yg anak kesehatan aja gak kepikiran bikin trit macem gini, betul juga harus di banyak pembahasan mengenai limbah rumah sakit ganemoticon-2 Jempol
Diubah oleh scorpiigirl
Quote:


makasih sist. ane juga tadinya mandang sebelah mata masalah ini. baru terbuka setelah liat masalah di Cirebon tempo hari.
gilani
cendol dong gan
ngeri

[COC GL] Ternyata Limbah Jarum Suntik Kita Jauh Lebih Panjang dari Pulau Jawa!!
[COC GL] Ternyata Limbah Jarum Suntik Kita Jauh Lebih Panjang dari Pulau Jawa!!
Diubah oleh punpun48
sampah memang masalah masyarakat yang tidak dapat dihindari. Apalagi itu jarum suntik di daerah ane pernah dibuang sembarangan dab dimainin sama anak-anak. Kan bahaya emoticon-Ngacir
ko bisa beda sih gan? ane kira jarum suntik kaya yg film donoo itu
limbah yang sangat berbahaya gan.....
pernah tuh nemu jarum suntik bekas ...
ngeri ngeri gituh 🤔
yang paling ngeri ane pernah nemuin, limbah medis (berupa suntikan bekas) dibuang begitu saja dalam kantong plastik di area praktek bidan deket rumah ane. pernah liat juga anak-anak kecil pada ambil itu suntik bekas.
wih iya nih bre limbah rumah sakit serem2 emoticon-Leh Uga
Gbisa ane bayangin kalo seandainya jarum bekas itu nusuk aneemoticon-Takut
pernah liat nih beritanya, limbah sisa RS numpuk, bahaya bgt...
kalo di kita udah ada belum ya? emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di