alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Manajemen Waktu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afcf1d8d9d77070128b456f/manajemen-waktu

Manajemen Waktu

It's About Your Time

 

 Manajemen Waktu



Manajemen Waktu

Allah berfirman,
" Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang orang yang beriman dan beramal soleh, dan orang yang senantiasa berwasiat dalam kebenaran dan kesabaramn" (QS. Al Ashr:1-3)
Menyikapi ayat ini , Imam Syafi'i rahimahumullah berkata, "Seandainya manusia memahami ayat ini. Cukuplah agama baginya,
"Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu di dalamnya, yaitu Kesehatan  dan Waktu Luang"


Ternyata , Kewajiban Itu Lebih Banyak
Waktu adalah kehidupan. Karena kehidupan itu disusun atas menit, detik,jam, hari, minggu,bulan,tahun,windu,abad dan seterusnya. Sehingga orang yang hidup tetapi tidak menghidupkan waktunya sama dengan kematian.
Waktu yang hanya diberikan oleh Allah swt dua puluh empat jam dalam sehari, seringkali terasa kurang karena banyaknya pekerjaan dan kewajiban kita. Akibatnnya tak jarang kita mengkambinghitamkan waktu, padahal menyalahkan waktu termasuk sikap mencela yang di benci oleh Allah. Nami saw berpesan,"janganlah kalian menyalahkan waktu."
Persoalan waktu sebenarnya bukan terletak pada jumlah yang tersedia, melainkan kualitasnya. Kualitas ini dapat dihasilkan lewat manjemen waktu yang menghasilkan sikap disiplin dalam memaanfaatkan waktu. Bukankah setiap detik , nafas, dan kehidupan kita akan di pertanggung jawabkan teman-teman? Bila kesadaran ini muncul maka berbagai alasan dan keluhan yang mencerminkan sikap lari dari tanggungjawab tidak akan ada atau minimal berkurang.
Berbagai alasan mengenai waktu yang tersita untuk belajar sehari-hari dikelas,mengerjakan PR di asrama ,karir di kantor , kegiatan sosial maupun ekonomi. Sehingga tidak sempat menambah pengetahuan dan sebagainya merupakan ekspresi kurang baiknya manajemen waktu.
Urgensi Waktu Untuk Kita Semua.
·       Waktu adalah umur, kesempatan dan modal manusia sebagai kenikmatan yang wajib disyukuri. Wujud syukur kita adalah mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat dan berlomba-lomba dalam kebaikan dunia dan akhirat.
·       Waktu merupakan kunci sukses dunia akhirat. Karena manusia diberi waktu yang sama masing-masing 24 jam dalam sehari. Orang yang sukses adalah orang yang dapat memanfaatkan waktu yang tersedia itu untuk kebaikan.
·       Waktu adalah sarana pembinaan. Karena waktu yang ada merupakan putaran roda kehidupan untuk memberi warna untuk kita semua teman-teman, baik pengalaman masa lalu, kenyataan hari ini dan impian hari esok.
·       Waktu adalah senjata, barangsiapa mampu menggunakannya dia akan selamat, barang siapa tidak dapat menggunakannya dia akan binasa.
·       Waktu adalah solusi. Yaitu dengan berlalunya waktu untuk menghapus hal-hal buruk yang ada,kemudian melakukan perbaikan yang terus menerus.
Faktanya waktu
Waktu pada hakikatnya dibagi menjadi tiga,yaitu kemarin, hari ini dan hari esok.
Kemarin adalah waktu yang telah berlalu dan bukan milik kita lagi akan tetapi kita akan diminta pertanggungjawabannya dengan aktifitas untuk apa waktu kita di pergunakan, dan pastinya tidak bisa diulang kembali teman-teman.
Hari ini adalah waktu yang sedang di amanahkan dalam genggaman tangan kita . Marilah kita isi dan manfaatkan seoptimal mungkin agar benar-benar bisa menjadi milik kita, asikk.
Tabiat waktu
Waktu merupaka nhal terpanjang sekaligus terpendek. Bagi mereka yang gembira, waktu berlalu begitu cepat, sebaliknya bagi mereka yang menderita, waktu berjalan begitu lambat.
Berapapun waktu yang kita miliki, semua merupakan amanah dan ujian untuk membuktikan kualitas diri. Rasul kita bersabda,
"Tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba di hari kiamat, himgga ditamyakan kepadanya empat perkara: usianya untuk apa dihabiskan, masa mudanya bagaimana ia pergunakan, hartanya darimana ia dapatkan dan dalam hal apa ia belanjakan, serta ilmunya bagaimana ia memperlakukannya" (HR. Bazzar dan Thabrani).
 
Siffat Waktu
Adapun sifat waktu itu sendiri adalah sangat cepat berlalu(QS An-Nazi'at46;Yunus:45;As Sajdah:12). Maka siapapun yang lebih siap dan mampu mengendalikan waktu maka dialah yang akan beruntung.
Waktu juga tidak dapat kembali lagi. Imam Ibnul Jauzy dalam Shaidul Khathir( hal. 20) berkata,
"Tatkala seseorang menyadari betapa berharga dan pentingnya waktu , maka ia tidak akan menyia-nyiakannya sesaatpun tanpa aktifitas produktif(Shalih), Mendahulukan yang lebih penting dari ucapan dan perbuatan dalam skala prioritas, tetap energik, dan bersemangat melakukan kebaikan tanpa kenal lemah demi efisiensi waktu."
Agar tugas-tugas yang dimanahkan oleh orang lain kepada kita dapat dipikil dengan baik, maka perlu penataan waktu, program, perencanaan, kontrol, dan evaluasi secara cermat.
Mencermati beratnya beban yang harus dipikul, sementara waktu yang tersedia sangatlah terbatas, kemampuan yagn dimiliki juga sangat terbatas teman-teman, maka dibutuhkan manajemen waktu yang baik serta pembagian kerja yang proporsional. Oleh karena itu dibuytuhkan kerja sama(Team Work),penetapan targen dan tujuan yang jelas, memfungsikan musyawarah secara efektif disamping penugasan yang tepat dan pelaksanaan tugas yang profesional.


Manajemen Waktu



Mengefektifkan waktu
Yang paling berat dalam memimpin diri sendiri adalah komitmen terhadap waktu . Berat dalam memulai kedisiplin. Berat dalam menjaganya.
Agar sukses mengelola waktu , kita perlu tahu bahwa dalam kehidupan manusia ada prime time, waktu-waktu prima yang mesti diperhatikan agar dapat melahirkan pekerjaan yang produktif.
Dalam dunia bisnis biasanya waktu prima inilah untuk melemparkan produk, memperbanyak iklan dan promosi serta merebut pangsa pasar. Seperti saat antara pukul 18.00 WIB -21.. WIB acara tv banyak sekali variasinya karena banyak yang sedang menyaksikan.
Saati itu berhamburan berbagai iklan tawaran hidup konsumen dan materialis lengkap dengan aneka ragam tayangan.
padahal saat itu pula seharusnya adik-adik kita menekuni belajar iqra di masjid dan musalah atau belajar mandiri dirumah , akan tetapi bisnis telah merajai dunia kita. Ia telah mengalahkan segalanya.
masa muda adalah masa yang sangat paling proma bagi kehidupan manusia karena banyak kesemoatan dan kemampuan untuk menunaikan kewajiban. Waktu adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah
Dalam satu tahun ada bulan-bulan prima seperti bulan Ramadhan. Kemudian dalam satu bulan ada hari-hari istimwa atau prima yaitu hari Senin dan kamis tepat dimana puasa sunah, tuanya hari yaitu hari jum'at. Kemudian di dalam satu hari ada waktu-waktu prima seperti waktu-waktu shalat,antara maghrib dan Isya' atau dua pertiga malam.
Kecerdasan dalam mengelola waktu itu yang membuat hidup kita lebih unggul dan bermutu. Orang -orang sukses juga tidak pernah membuang waktunya untuk hal-hal yang menurutnya kurang penting , karena mereka mempunyai skala prioritas.Oleh karena itu kita harus membagi waktu untuk aktifitas tertentu. Imam Syafi'i membagi waktunya malamnya menjadi tiga yaitu sepertiga pertama untuk belajar, sepertiga kedua untuk shalat malam dan sepertiga ketiga untuk tidur.
Ulama salaf memberikan kita untuk memanfaatkan waktu untuk aktifitas belajar adalah sebagai berikut.
"Waktu yang terbaik untuk mengahafal adalah waktu sahur(sebelum fajar), untuk meneliti adalah waktu pagi, untuk menulis di tengah hari, dan untuk menelaah dan mengulang di waktu malam" (Efisiensi Waktu, Jasim Badr Al Muthawwi')
Menurut Dr Setiawan Budi Utomo, Lc, M.M, M.B kiat mengelola waktu adalah dengan membangun kebiasaan positif yaitu lima :
1.      Biasakanlah membuat skala prioritas
2.      Selalu berusaha lebih keras
3.      Jangan Tangguhkan pekerjaan
4.      Jangan memikirkan pekerjaan yang menumpuk tetapi mulailah untuk membereskannya satu persatu
5.      Jangan bilang "saya tak punya waktu' untuk satu hal yang baik.
 
Ayo Manfaatkan Waktu kita!
Banyak orang tidak menyadari betapa besarnya nilai waktu, apalagi dalam perjalanan . Sehingga banyak yang dibuang percuma untuk perkara sia-sia dan berbagai perbuatan maksiat,
Ada beberapa kita praktis untuk memanfaatkan waktu:
1.      Rancang aktifitas harian setiap pagi, Catat yang akan dikerjakan, tandai dengan coretan yang sudah dikerjakan.
2.      Jauhilah orang-orang yang dapan mencuri waktu anda
3.      Lakukan yang bisa kamu lakukan hari ini, alangkah lebih baik jikalau dikerjakan hari ini.
4.      Prioritaskan ,mana yang lebih penting.
5.      Isilah dengan kegiatan yang positif.
 
Jadi teman-teman intinya waktu itu sudah sangat penting, yang bisa menentukan kesuksesan kalian itu dirikalian masing-masing . Terserah mau menggapainya atau tidak, semua keputusan ada di tangan kalian masing-masing. Oke!
 
 
Duh gan, ane belum bisa ngatur waktu dengan baik nih
. Selalu berantakan.. masih butuh belajarr


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di