alexa-tracking

Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afce44096bde6bb298b4568/bertani-padi-di-lahan-yang-sempit
Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit
Halo Agan-agan semua...

kali ini Kita bakal membahas nih gi mana caranya bertani padi di lahan yang sempit..
mungkin agan-agan punya lahan yang sempit dan bingung mau diapain XD

Tips dan trik ini dipersembahkan oleh PT Kencana Tiara Gemilang Plastik

emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip Penasaran kan bagaimana caranya.?

Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit


Saat ini semakin banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kawasan industri dan perumahan. Hal ini semakin menambah permasalahan berkurangnya lahan pertanian di Indonesia. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia pada tahun 2050 nanti, output produksi pangan harus ditingkatkan hingga dua kali lipat. Sementara Total Factor Production (TFP) Food terindikasi sulit memenuhi target 2050.




Selain itu petani lebih memilih beralih ke tanaman buah dan sayur yang dianggap lebih menguntungkan dibandingkan tanaman pokok seperti padi dan jagung. Paahal beras sendiri merupakan salah satu makanan pokok paling penting di dunia terutama di Asia. Budidaya beras cocok di wilayah-wilayah dengan iklim hangat, biaya tenaga kerja murah dan curah hujan yang tinggi karena budidaya makanan pokok ini membutuhkan banyak tenaga kerja dan suplai air. Oleh karena itu, Asia merupakan tempat tinggal dari para petani yang memproduksi sekitar 90% dari total produksi beras dunia.


Indonesia sendiri adalah negara terbesar ketiga yang memproduksi beras terbanyak di dunia. Akan tetapi Indonesia masih tetap perlu mengimpor beras hampir setiap tahun untuk menjaga tingkat cadangan beras. Situasi ini disebabkan karena para petani menggunakan teknik-teknik pertanian yang tidak optimal ditambah dengan konsumsi per kapita beras yang besar. Bahkan, Indonesia memiliki salah satu konsumsi beras per kapita terbesar di seluruh dunia. Konsumsi beras per kapita di Indonesia tercatat hampir 150 kilogram (beras, per orang, per tahun) pada tahun 2017.

Produksi beras di Indonesia didominasi oleh para petani kecil, bukan oleh perusahaan besar yang dimiliki swasta atau negara. Para petani kecil mengkontribusikan sekitar 90% dari produksi total beras di Indonesia. Setiap petani itu memiliki lahan rata-rata kurang dari 0,8 hektar.



emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Hansipemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow

Berawal dari permasalahan tersebut, R&D Team kami membuat riset geomembrane untuk pertanian. Riset kami menggunakan Geoprotec dengan ketebalan 500 micron. Bibit padi yang digunakan adalah padi serang. Padi tersebut ditanam di dua petak Geoprotec dengan ukuran 2x1 meter. Ketinggian tanah 20 cm karena padi sendiri merupakan tanaman berakar serabut sehingga tidak membutuhkan tanah yang cukup dalam untuk tumbuh.





Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit



Pada awal-awal penanaman, padi masih dalam masa penyesuaian dengan lingkungan baru sehingga warna padi berubah menjadi kuning. Hal ini berlangsung hingga minggu ke 4. Di minggu ke 4 padi mulai menghijau dan tumbuh sumbur. Pada minggu ke 4 ini padi mulai diberi pupuk.


Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit



Pada penanaman minggu ke 12 lahan mulai ditumbuhi satu gulma. Pada minggu ke 12 ini padi sudah tumbuh subur dan dalam tahap pembuahan. Dari riset tersebut dibutuhkan waktu 14 minggu untuk masa pemanenan. Hasil panen bersih yang diperoleh sekitar 4 kg beras. 4 kg beras ini belum termasuk padi yang dimakan oleh hama dan mengalami kegagalan saat pembuahan. Lokasi penanaman pun menjadi salah satu faktor berhasil atau tidaknya riset ini. Kami memilih tempat yang mendapat banyak sinar matahari agar padi dapat tumbuh maksimal.



Bertani Padi Di Lahan Yang Sempit



Dari penggunaan Geoprotec dapat ditarik kesimpulan penanaman dengan Geoprotec dapat mengurangi penggunaan air untuk irigasi. Geoprotec adalah lapisan kedap sehingga mencegah air untuk bocor ke bawah. Sehingga dengan metode ini suplai air yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Selain itu gulma yang tumbuh di lahan ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan gulma pada sawah normal. Hasil beras yang dihasilkan hampir sama dengan sawah normal.
Penanaman ini dapat dilakukan dimana saja termasuk di lingkungan rumah. Dengan metode ini, lahan pertanian sempit bukan masalah lagi. Bukankah lebih menyenangkan bisa memakan hasil panen sendiri?
Tertarik mencoba?



Sekian tips dari kita gan...

monggo kasih komentar atau saran atau pertanyaan atau.... ah sudahlah



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
image-url-apps
nice inpo gan emoticon-cystg
Quote:


SIap 86 gan...

Monggo kalo masih ada yang kurang jelas

tanya di mari gan :vemoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk
KASKUS Ads
Mantap,....... Itu padinya rasanya enak g ?
Quote:


untuk rasa tergantung bro

kalo nanemnya bener dan perawatannya baik...

Pasti rasanya jg Enak

emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip
×