- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
5 Cara Paling Mudah Mengetahui + Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak


TS
herimarianto
5 Cara Paling Mudah Mengetahui + Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak
Kiprok Motor Sudah Rusak – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengetahui kiprok motor sudah rusak, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.
Bagi pengguna motor yang sering mengalami lampu motor sering putus hal ini membuat ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti dengan yang baru. Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus kembali atau terkadang menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan semua itu ternyata ada hubugannya dengan kiprok motor tersebut.
Definisi Kiprok
Kiprok merupakan komponen yang sangat berperan untuk pengaturan bagian kelistrikan motor dan juga kiprok cukup sensitif karena perannya yang langsug berhubungan dengan aki dan pesetabil arus pada sistem penerangan motor. Sering kali terdapat kasus motor terkadang mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.
Hal tersebut karena disebabkan yang mungkin kondisi kiprok yang tidak lagi optimal bagaimana cara mengetahui kiprok motor yang sudah rusak atau kiprok mati susah-susah gampang untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku panduan cara mudah untuk mengetahui kiprok masih fungsi atau tidak caranya dengan menggunakan sebuah alat yang biasa digunakan pada kelistrikan yaitu multimeter.
Cara Mengetahui Ciri-Ciri Kiprok Sudah Rusak
Selanjutya bagaimana cara mengenali atau mengetahui ciri-ciri kiprok motor sudah rusak mati perlu diganti apabila tidak mempunyai multimeter kalau tidak punya jangan pusing ada cara lain untuk mengatasi atau mengenali kondisi kiprok.
Lampu Redup
Salah satu penyebab kiprok mati perlu diganti adalah lampu depan yang terkadang tiba-tiba redup atau bahkan langsung mati jika arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka ada kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung atau menempel kabelnya.
Aki Motor Cepat Soak
Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal ada kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan. Dan gejala awal juga dapat kalian rasakan pada saat motor belum dijalankan, bila alternator dan kiprok normal, maka tegangan bateri harusnya stabil di angka 12 volt walau baru saja digunakan.
Namun bila kiprok motor mangalami kerusakan, katakanlah lemah maka suplainya input listrik pun tidak bisa menutup penggunaan kelistrikan motor. Yang akibatnya listrik didalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Bila hal ini terjadi, biasanya hal yang terasa yakni starter tidak mampu menyala dan klakson terasa sember. Sehingga saat aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, karena kondisi kiprok juga bisa mempengaruhi voltage baterai.
Lampu Motor Mati Saat Digas
Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan kiprok sedah rusak.
Rusak Fungsi Kiprok
Dan perlu juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak fungsi kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar karena disebabkan kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan yag keluar ke kiprok.
Bahwa kiprok itu terkadang masih fungsi untuk mengecas aki motor akan tetapi kiprok itu sudah rusak akibatnya tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok pada motor yaitu ±15V tanpa ada beban.
Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Kiprok Yang Rusak..??
Untuk hal ini saat kita mengulas pada sistem elektrikal memang akan sedikit rumit masalahnya listrik itu barang yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan, yang sehingga perlu pemahaman. Saat kalian telah berhasil menyimpulkan letak masalah motor kalian itu berada pada kiprok, untuk langkah selanjutnya dengan lepas bagian ini. Periksa secara visual kondisi terminal, biasanya ada bekas terbakar yang membuat terminalnya menyatu.
Komponen didalam kiprok, itu setidaknya terdiri dari Dioda, transistor, resistor dan IC. Sebenarnya kita bisa memperbaikinya karena circuit ini tidak berbeda dengan circuit elektronika yang lain. Tapi karena keterbatasan pemahan dan keterbatasan alat, langkah yang diambil ialah penggantian komponen, tentu harganya jauh lebih mahal.
Memang komponen ini tidak didesain untuk diperbaiki, namun untuk kalian yang paham dunia elektronika bisa melakukan penggantian komponen yang rusak saja. Biasanya dioda merupakan komponen yang sering putus. Alat yang diperlukan utamanya multimeter, mungkin ada beberapa alat lain seperti obeng untuk mencongkel cover kiprok.
Demikianlah pembahasan mengenai 5 Cara Paling Mudah Mengetahui + Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Bagi pengguna motor yang sering mengalami lampu motor sering putus hal ini membuat ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti dengan yang baru. Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus kembali atau terkadang menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan semua itu ternyata ada hubugannya dengan kiprok motor tersebut.
Definisi Kiprok
Kiprok merupakan komponen yang sangat berperan untuk pengaturan bagian kelistrikan motor dan juga kiprok cukup sensitif karena perannya yang langsug berhubungan dengan aki dan pesetabil arus pada sistem penerangan motor. Sering kali terdapat kasus motor terkadang mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.
Hal tersebut karena disebabkan yang mungkin kondisi kiprok yang tidak lagi optimal bagaimana cara mengetahui kiprok motor yang sudah rusak atau kiprok mati susah-susah gampang untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku panduan cara mudah untuk mengetahui kiprok masih fungsi atau tidak caranya dengan menggunakan sebuah alat yang biasa digunakan pada kelistrikan yaitu multimeter.
Cara Mengetahui Ciri-Ciri Kiprok Sudah Rusak
Selanjutya bagaimana cara mengenali atau mengetahui ciri-ciri kiprok motor sudah rusak mati perlu diganti apabila tidak mempunyai multimeter kalau tidak punya jangan pusing ada cara lain untuk mengatasi atau mengenali kondisi kiprok.
Lampu Redup
Salah satu penyebab kiprok mati perlu diganti adalah lampu depan yang terkadang tiba-tiba redup atau bahkan langsung mati jika arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka ada kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung atau menempel kabelnya.
Aki Motor Cepat Soak
Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal ada kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan. Dan gejala awal juga dapat kalian rasakan pada saat motor belum dijalankan, bila alternator dan kiprok normal, maka tegangan bateri harusnya stabil di angka 12 volt walau baru saja digunakan.
Namun bila kiprok motor mangalami kerusakan, katakanlah lemah maka suplainya input listrik pun tidak bisa menutup penggunaan kelistrikan motor. Yang akibatnya listrik didalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Bila hal ini terjadi, biasanya hal yang terasa yakni starter tidak mampu menyala dan klakson terasa sember. Sehingga saat aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, karena kondisi kiprok juga bisa mempengaruhi voltage baterai.
Lampu Motor Mati Saat Digas
Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan kiprok sedah rusak.
Rusak Fungsi Kiprok
Dan perlu juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak fungsi kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar karena disebabkan kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan yag keluar ke kiprok.
Bahwa kiprok itu terkadang masih fungsi untuk mengecas aki motor akan tetapi kiprok itu sudah rusak akibatnya tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok pada motor yaitu ±15V tanpa ada beban.
Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Kiprok Yang Rusak..??
Untuk hal ini saat kita mengulas pada sistem elektrikal memang akan sedikit rumit masalahnya listrik itu barang yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan, yang sehingga perlu pemahaman. Saat kalian telah berhasil menyimpulkan letak masalah motor kalian itu berada pada kiprok, untuk langkah selanjutnya dengan lepas bagian ini. Periksa secara visual kondisi terminal, biasanya ada bekas terbakar yang membuat terminalnya menyatu.
Komponen didalam kiprok, itu setidaknya terdiri dari Dioda, transistor, resistor dan IC. Sebenarnya kita bisa memperbaikinya karena circuit ini tidak berbeda dengan circuit elektronika yang lain. Tapi karena keterbatasan pemahan dan keterbatasan alat, langkah yang diambil ialah penggantian komponen, tentu harganya jauh lebih mahal.
Memang komponen ini tidak didesain untuk diperbaiki, namun untuk kalian yang paham dunia elektronika bisa melakukan penggantian komponen yang rusak saja. Biasanya dioda merupakan komponen yang sering putus. Alat yang diperlukan utamanya multimeter, mungkin ada beberapa alat lain seperti obeng untuk mencongkel cover kiprok.
Demikianlah pembahasan mengenai 5 Cara Paling Mudah Mengetahui + Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
0
7.1K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan