alexa-tracking

Pandangan Gamer Terhadap Teroris Menggunakan Game Online Sebagai Sarana Komunikasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afb8b4e162ec20a328b4568/pandangan-gamer-terhadap-teroris-menggunakan-game-online-sebagai-sarana-komunikasi
icon-hot-thread
Pandangan Gamer Terhadap Teroris Menggunakan Game Online Sebagai Sarana Komunikasi
Pandangan Gamer Terhadap Teroris Menggunakan Game Online Sebagai Sarana Komunikasi

Halo gaes, ketemu lagi dengan ane Bujang Lalang. Belakangan ini banyak pemberitaan aksi teror yang terjadi di surabaya yang menawaskan belasan korban jiwa. Dan yang lebih mencengangkan lagi, pola komunikasi mereka tidak hanya terpaut pada suatu aplikasi chat atau sosial media pada umumnya. Mereka telah merambah ke dunia game untuk berkomikasi dan berkoordinasi untuk melancarkan serangan.


Dilansir situs resmi salah satu badan keamanan siber Amerika Serikat, New Jersey Cybersecurity and Communications Integration Cell (NJCCIC) menyebut bahwa media komunikasi teroris di 2018 menggunakan cara baru yakni dengan menggunakan game online, enkripsi, website gelap, dan cryptocurrency untuk rekrutmen dan menyebarkan propaganda dan ini sulit untuk dilacak.


Tak hanya itu NJCCIC juga menegaskan tak hanya berkomunikasi, mereka juga menggunakan media-media tersebut untuk mendorong serangan, memfasilitasi operasi mereka seperti pendanaan, dan memperoleh senjata untuk melakukan serangan fisik terhadap target.


Kita tahu sendiri, kalau di Indonesia perkembangan game sangat pesat, bahkan kedudukannya saat ini bukan sebagai hobi melainkan profesi. Terbukti pada pagelaran Asian Games 2018 yang akan diadakan di jakarta dan palembang mendatang masuk cabang baru yaitu ESport, sebuah cabang olahraga elektronik. Adapun game-game yang pertandingkan tersebut adalah Arena Of Valor, League of Legends, Pro Evolution Soccer, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft.


Suatu game terdapat fitur chat in game untuk memudahkan para player untuk berkomikasi dan berkoordinasi dalam memainkan game. Beberapa game juga terdapat fitur voice chat seperti yang diterapkan pada genre game moba, karena genre ini mengharuskan pemain untuk berkoordinasi antar pemain lain supaya permainan lebih mudah dalam mengatur strategi serangan.


Atas adanya fitur ini, bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk kepentingan yang di larang, seperti, transaksi narkoba, jual beli manusia, dan kejahatan lain termasuk terorisme, karena sulitnya pelacakan sepeti yang dikatakan oleh NJCCIC.


Lantas Apa peran pemerintah dalam menangani kasus sepeti ini? Pemerintah tentu harus jeli betul dalam mengambil suatu kebijakan yang sekiranya dapat merugikan pihak lain. Sepeti kasus pemblokiran aplikasi telegram kemarin yang diblokir oleh pemerintah Indonesia. Sebenarnya yang harus diberantas itu adalah orangnya, bukan gamenya. Dulu juga kita juga pernah mendengar berita sejumlah game-game di larang di Indonesia. Adanya laporan sepeti ini, jangan sampai adanya penomena seperti ini game-game yang sedang berkembang di Indonesia yang dikambing hitamkan. Sepeti genre moba dengan siklus perputaran uang mencapai ratusan juta USD. Apalagi sebentar lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.


Ane disini sebagai yang hobi bermain game mewakili seluruh gamer untuk berpesan kepada pemerintah dalam ketegasannya dalam memberantas terorisme karena mereka sudah semakin pintar dalam berkomunikasi. Ane juga mengharapkan pemerintah lebih bijak dalam mengambil keputusan karena dikhawatirkan dari adanya pemblokiran sejumlah game online akan merugikan banyak pihak, tidak cuma para konten kreator youtube gaming Indonesia, tetapi juga industri digital lain.


Tidak hanya itu, kita sebagai gamer pada saat bermain selalu waspada setiap siapa saja lawan ataupun kawan ketika memasuki permainan. Teroris biasanya menggunakan kode-kode tertentu untuk berkomunikasi sesama mereka. Tetapi teroris tetaplah teroris mereka bukanlah gamer sejati. Kalian bisa merepot setiap akun yang dalam permainannya tidak seperti kebanyakan para gamer lakukan. Istilah dalam dunia game moba ini adalah player toxic, main yang secara sembarangan. Dengan adanya melapor ke pihak admin maka kemungkin para teroris itu akan dibanned sehingga mereka akan sedikit ruang untuk berkomunikasi.


Terima Kasih.

emoticon-terimakasih

Bujang Lalang.

Pandangan Gamer Terhadap Teroris Menggunakan Game Online Sebagai Sarana Komunikasi

reserved

komen kaskuser

Quote:


Quote:
Berarti gamer fps itu kebanyakan teroris, mending main moba emoticon-Cool
mending ngepes lah cuy
Quote:


yg analog atau non-analog ya gan? emoticon-Ngakak
wowemoticon-Cool
Quote:


ada batman juga gan emoticon-Cool
skrg gamers udh make app Discord
jarang yg chat in game
Quote:


Yang analog lah masa tap tap emoticon-Cool
Quote:

ntah lah kayaknya sih iya, bentuk simulasi di lapangan emoticon-Leh Uga
Quote:

emang bro, lebih mudah tinggal ngomong emoticon-Big Grin
harus mengerti banget situasi dan radio yang disampaikan, agar semuanya berjalan sesuai rencana
Maen mobail lejen ajah, dapet 7 miliar lho. Daripada ngebom gak bisa respawn buyback nyawa ente.
#teroristsarenoobs
Quote:


main itu emang dapet 7M ya gan? kok ane gak tau
emoticon-Bingung
Quote:


ane nyoba main itu game gak nympe seminggu lgsg uninstall, hmmm strategi marketing yang jitu sekali...
Cuma joke aja gan hahahhah
anjay lahhh Pandangan Gamer Terhadap Teroris Menggunakan Game Online Sebagai Sarana Komunikasi
Ane belum main apa2 gan...emoticon-Mewek
teroris komunikasi di game :
"rush B ! cover me"
counter terorist win
"cyka blyat !"
Quote:

bocah analog menghina cs nih emoticon-Leh Uga
gemboked yak emoticon-Hansip