alexa-tracking

Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afb09d2947868d7608b4567/volume-oli-motor-berkurang-cari-tahu-masalahnya-disini
Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Kalo ngomongin soal motor gan, pasti gabakal bisa lepas dari yang namanya oli. Cairan pelumas yang satu ini bukan hanya sekedar bagian dari motor itu sendiri, tapi juga faktor penting untuk merawat mesin motor agan. Memang, oli memiliki fungsi yang penting buat mesin motor agan.


Fungsinya mulai dari berperan sebagai pendingin dari gesekan yang terjadi didalam mesin. Oli juga berfungsi sebagai untuk mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen, karena ketika komponen lebih sering bergesekan otomatis akan membuat komponen tersebut lebih cepat aus/rusak.


Terlepas dari fungsi oli yang sangat penting, biasanya ada gejala tertentu yang terjadi pada oli mesin salah satunya volume oli yang terus berkurang. Tentu saja kalo kita ngomongin soal masalah nih gan, pasti ada penyebab utamanya yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.


Nah, disini ane mau sharing sedikit tentang penyebab yang membuat volume oli mesin jadi berkurang. Ada apa aja sih kira-kira?


Cekidot dulu deh, gan! emoticon-Big Grin


1. Mesin Bocor

Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Ngomongin soal volume oli yang berkurang gan bisa aja disebabkan karena mesin motor yang agan gunakan mengalami kebocoran. Ya, mesin motor yang bocor bisa menjadi indikasi yang menyebabkan kapasitas oli pada motor berkurang karena dari blok packing yang kurang pass dan sempurna.

 

Untuk menghindarinya sendiri agan bisa mulai dari melakukan pengecekan rutin pada daya tahan dari blok packing dan ring piston. Agan caritahu apakah spare part tadi masih bagus atau emang udah saatnya untuk perlu diganti atau memang komponen tersebut tidak menyebabkan kebocoran mesin tapi membuat oli bisa ikut terbakar.


2. Ring Seher Aus & Ring Piston Lengket

Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Salah satu hal lain yang bisa menyebabkan volume oli mesin motor berkurang adalah ring seher yang aus dan ring piston yang lengket. Biasanya pada kondisi ini ring seher/boring akan mengalami karat pada bagian tersebut dan komponen tersebut juga sudah longgar.

 

Kondisi inilah yang membuat akan menyebabkan oli pelumas mesin yang berada di cylinder tidak tersapu dengan sempurna oleh ring piston yang akan menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran dan membuat oli keluarnya oli dari celah celah mesin yang akan membuat volumenya berkurang. 


3. Seal Mesin Bocor

Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Penyebab lainnya yang bisa membuat volume oli jadi berkurang adalah lebocoran pada seal mesin. Karena eal mesin sendiri terletak disela bagian antara sambungan mesin, banyak orang yang kurang menyadarinya. Agan bisa nemuin komponen yang satu ini baik di motor atau mobil sekalipun.

Seal sendiri punya usia tertentu sesuai pemakainnya. Semakin sering kita menggunakan motor makanya akan semakin cepat pula seal ini akan lebih cepat keras atau aus. Seal yang keras biasanya akan robek yang menyebabkan kebocoran pada volume oli di dalam mesin motor itu sendiri.


Kalo mau tahu cara untuk mengecek kondisinya, agan bisa memulai dengan memeriksa bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika pada bagian itu terdapat rembesan sudah bisa dipastikan seal klep mengalami kebocoran. Untuk menggantinya motor agan harus turun mesin.


4. Pemilihan Oli Tidak Cocok

Volume Oli Motor Berkurang? Cari Tahu Masalahnya Disini!

Penyebab yang satu ini jarang banget disadari oleh banyak orang yang ternyata bisa menyebabkan volume oli jadi cepet berkurang. Dan penyebab tersebut adalah pemilihan oli yang kurang pas. Agan semua tau kalo oli sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda.


Jenis-jenisnya sendiri disesuaikan dengan berbagai spesifikasi motor yang ada di Indonesia. Gak cuma itu, agan juga bisa memilih jenis oli beberapa kekentalan, ada oli dengan tipe kekentalannya biasa aja hingga yang sangat kental dan begitupun sebaliknya.

 

Nah siapa sangka, kalo pemilihan jenis oli ini ternyata gaboleh sembarangan loh gan. Karena kekentalan oli sendiri juga dapat mempengaruhi pemakaian dari segi volume oli mesinnya. Pemakaian oli yang tidak mungkin bisa aja ngerubah akselerasi motor agan jadi lebih okey dari biasanya.


Tapi, siapa sangka itu bisa jadi blunder sendiri karena volume olinya yang bisa cepat berkurang. Disarankan sih memakai oli yang kental, tapi agan juga mesti cermat karena semakin kentalnya oli malah menghambat kerja part yang bergerak. Intinya sih harus bener-bener jeli buat milih oli ini.


Usahakan agan emang ngegunain oli motor yang sesuai dengan spesifikasi motor dengan itu agan juga perlu lagi ragu karena udah pas. Atau kalo agan bingung, gunakan oli yang emang udah punya kandungan yang pas dengan produsen motor yang agan gunakan sehari-hari.


Kalo ane sih karena pake motor matic, biasanya ngegunain Eni Oil 4T Matic (dulunya punya nama Agip) mereka punya fitur Triple Action Plusnya yang manfaatnya udah berasa di motor yang ane gunakan. Mulai dari ngebuat tarikan motor tetap enteng, mesin motor jadi gak cepat panas, sampe bahan bakar juga tetap irit.


Nah, 4 hal diatas tadi adalah beberapa penyebab yang membuat volume oli mesin jadi berkurang. Agan tahu penyebab lainnya?  Share pengalamannya di komentar ya!


Beberapa emg ada tipe mesin nyang cepet panas jd oli berkurang emoticon-Big Grin
njing iklan
Bocor bocor
#croott
Wow kk wow emoticon-Malu
spion kendor juga bisa lho gan emoticon-Leh Uga