alexa-tracking

Ramadhan Kembali, Puasa, Mudik Dan Lebaran 2018, Menjadi Bayangan Hati

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afa326060e24b77348b4568/ramadhan-kembali-puasa-mudik-dan-lebaran-2018-menjadi-bayangan-hati
Ramadhan Kembali, Puasa, Mudik Dan Lebaran 2018, Menjadi Bayangan Hati
Quote:

Quote:

Hari ini, beberapa hari sebelum puasa tiba, siang teriknya mentari masih kujalani aktivitas seperti biasanya. Teriknya mentari yang terasa panas dan pengapnya jalanan di ibukota, setiap hari terus dilakukan secara rutin. Ditengah teriknya mentari daku berpikir semoga besok aku bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar seperti di tahun sebelumnya.

Di tahun sebelumnya, secara jasmani, ibadah puasa bisa full. Walaupun secara amalan, belum lah tentu semua tanpa celana yang bisa membatalkan amalan puasa. Pernah ketika emosi dan marah marah dan rasanya mungkin saja amalan puasa hilang sehingga puasa diri ini hanyalah puasa menahan lapar dan haus saja. Tapi tetap daku lanjutkan puasa itu.

Hal yang menjadi pikiran ku saat itu adalah puasa fisik harus tetap kujalani, walaupun puasa batin dan hati atau perasaan sudah pecah tidak karuan. Di saat itu, ada 2 pemikiran yang berkecamuk dalam hati ini. Kedua pemikiran itu adalah sebagai berikut ini.

:
* Hei bib, ngapain kamu masih puasa. Sudahlah, ambil itu minum, sikat itu makanan. Puaskanlah dahaga. Lepaskanlah haus dan laparmu. Mengapa masih engkau tahan. Padahal amal puasamu sudah tidak ada lagi. Kamu baru saja marah marah.. sudahi saja puasamu itu...

Bisikan pemikiran ini berulang kali melintas dan membisikkan seruan bertubi. Bisikan ini hanyalah bayang bayang pikiran. Yang terus berupaya menghentikan puasa fisik setelah puasa hati dan ruhani, mungkin saja sudah tak berarti lagi.

* Bisikan berikutnya menyuarakan hal yang berbeda. Emang kamu yakin mau batalkan puasa fisik, setelah puasa hatimu rusak oleh amarah. Lalu, setelah membatalkan puasa fisik, coba pikirkan, apa yang kau dapatkan,?. Amalan bisa jadi sudah tidak ada kamu sudah kalah 1:0. Apa kamu yakin bib, mau menambah kekalahan menjadi 2:0, dengan membatalkan puasa jasmani mu. Coba deh pikirkan kembali..

Begitulah bisikan lain yang seakan bersuara dan berkecamuk dalam hati. Sejenak aku berpikir, iya juga nih. Kalah kan wajar aja, bisa terjadi, namanya juga kan manusia. Namun, saat ini aku masih punya kesempatan untuk menahan kekalahan agar tidak bertambah besar. Antara pemikiran ini dan pemikiran sebelumnya berkecamuk ria. Menggelegar mempengaruhi jiwa dan raga.

Kedua puasa ini terus berjalan di setiap hari selama menjalani ibadah. Selepas datangnya imsakiyah dan subuh berdendang menyambut mentari kedua puasa mulai berjalan.

Godaan pertama pasti bertubi menyerang puasa hati. Imajinasi, kondisi terkini dan setiap kejadian yang dialami seringkali menyulut emosi. Maka kekuatan menahan diri pribadi akan terasa amat di uji. Kesabaran hati, pengendalian diri, ini yang pertama akan terus di uji.

Bila kalah dalam kondisi puasa hati, maka yang berikutnya biasa daku alami adalah godaan dari jasmani. Ini pola yang berulang dan hampir selalu terjadi pada setiap menjalani ibadah puasa dalam keseharian. Termasuk di setiap tahunnya selama datangnya bulan penuh keberkahan di waktu ramadhan..

Nah ,, gambaran cerita pendek yang di tulis dengan tatanan bahasa seadanya yang mungkin Sulit di mengerti para pembaca kali ini, sementara di sudahi hingga di sini. Dalam update selanjutnya, InsyaAllah, akan di update cerita perasaan ku dalam keseharian menjalankan ibadah di bulan penuh keberkahan..

Selamat berlayar di lautan bulan penuh keberkahan. Ombak dan angin kencang akan menerpa kita semua. Semoga kita semua mampu mengarunginya dan mengalahkan derasnya ombak nafsu pribadi dan kencangnya angin ego dalam diri kita..


Pada kelanjutan cerita singkat harian , Rencananya akan di muat berbagai update kegiatan dan cerita lainnya seputar puasa, mudik dan lebaran gan di tahun 2018 ini.

Mudik, tradisi yang membudaya di negeri kita, setiap tahun tentunya menyematkan banyak cerita dan kenangan. Nah cerita menarik yang ada akan di muat kemungkinan pada update kelanjutan harian pada thread ini.

Lebaran 2018, yang tentunya menjadi garis finis kita untuk melalui waktu berputar kembali hingga menjelang puasa, mudik dan lebaran di tahun berikutnya, tentu banyak cerita singkat yang bisa juga di muat, dalam cerita singkat thread ini. Nantikan saja selanjutnya...
Mohon maaf lahir dan batin
emoticon-terimakasih
Selamat menyambut puasa dan berlanjut menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan..


Update Harian Selama Ramadhan

emoticon-nulisah
image-url-apps
maaf lahir batin Om Puh
KASKUS Ads
image-url-apps
wah mengharukan sekali
Judulnya kurang greget bre, coba ngikutin trend judul sinetron ftv alay emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:

Sama sama
Quote:

Ceritanya hanya sedikit di 2 poin puasa hati dan puasa jasmani
Quote:

Wah boleh juga nih saran nya gan..
emoticon-Recommended Sellerl
image-url-apps
Semangat gan update'y
image-url-apps
Quote:

Siap oom,.. terima kasih atas suportnya
image-url-apps
ini yang ikutan ipen kreator ya om emoticon-EEK!
Quote:

Iya betull ,.. dah lolos 3000 poin Alhamdulillah
Quote:
Hah ! Cuma gitu doang cerpennya gan emoticon-Shakehand2
image-url-apps
Quote:

Iya gan, namanya juga cerita pendek, jadi cerpen nya itu cuma 2 poin yang bertanda { * } itu doang. Nanti harian ane coba update kalo nemu cerita menarik

Berbagi Info Dan Tips Cerita Orang Yang Viral

image-url-apps
💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦
Copas: dari grup WhatsApp
Quote:



Okey, dicoba ya?
💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦
image-url-apps
om trit induknya dimana ya kalo mau ikutan
image-url-apps
Quote:


Daripada sibuk gibhah di sana sini saat habis scrolling akun gosip di media sosial sambil nunggu bunyi beduk berbuka, mending cari kegiatan positif lainnya seperti ikutan Kompetisi Cerpen Religi yang satu ini nih!

https://m.kaskus.co.id/thread/5af902...282.1522583502

Buka Kaskus kreator gan yang biasa buat nukar points . Di kolom event juga ada keterangannya. Ada 2 event yang sedang berlangsung
image-url-apps
Quote:


ok om makasih infonya, jangan lupa sahur ya om

Bukan ganja tapi jengkol yang jadi rahasia sedapnya rendang

image-url-apps
Quote:

emoticon-nyantai
image-url-apps
Quote:

Sudah buka hari Pertamax sekarangbgan
Quote:

Ooh pantes pernah Nemu jengkol di rendang.. ane kira ngga sengaja kecampur emoticon-Entahlah

Sahur dengan tumis kangkung dan tempe goreng

image-url-apps
Quote:

Sahuuur sahuuur dung dung duuuung

Puasa hari ketiga 🛅

image-url-apps
Tidak terasa sudah berlalu dan masuk dihari ketiga.

Di harian ketiga, belum ada kisah berkesan buat di ceritakan....

Sekian dulu dan terima kasih atas kunjungan Anda
×