alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af9e21b925233b41f8b456f/tekan-harga-jual-ponsel-kebijakan-tkdn-untungkan-ojek-online

Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online

Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online

JPP, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang sudah diberlakukan pemerintah sejak 2016 menjadi salah satu penekan harga jual telepon seluler (ponsel) 4G di Indonesia.

Di sektor manufaktur ponsel, kebijakan TKDN diterapkan dengan ketentuan bagi vendor yang memproduksi ponsel 4G harus memenuhi setidaknya 30 persen kandungan lokal.

"Kandungan lokal itu bisa didapatkan melalui skema hardware, software, maupun dalam bentuk investasi. Seperti Apple kan kemarin, baru mendirikan akademi. Bisa investasi semacam itu," jelas Rudiantara di acara Pasar Malam Hari Kuliner Nasional Go Food di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Meskipun demikian, Menkominfo menegaskan akan mendorong vendor ponsel pintar membuat lebih banyak ponsel 4G dengan harga di bawah Rp 1 juta agar menguntungkan pengemudi ojek online.

"Ponsel dengan harga murah masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pengemudi ojek online, karena ponsel merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki pengemudi ojek online," ujar Rudiantara.

Selain TKDN, skala ekonomi menjadi salah satu faktor yang dapat membuat harga jual ponsel lebih murah. "Setiap tahun ponsel yang recycle di Indonesia katakanlah 80-90 juta unit. Itu cukup besar. Karena lebih besar, mereka bisa memproduksinya lebih massal. Nah, lebih besar bisa lebih murah," jelas Rudiantara.

Namun, bukan hanya persoalan harga ponsel yang menjadi perhatian Menkominfo, kepastian sinyal seluler juga bisa mendorong perkembangan ekonomi dan membuka peluang lapangan kerja.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo akan berusaha memfasilitasi aspek infrastruktur serta ketersediaan jaringan. Saat teman melakukan tugas, bergantung pada beberapa hal. Pertama pada ponsel. Kedua bergantung pada sinyal. Karena lingkup saya adalah telekomunikasi, saya akan pastikan sinyal di mana-mana," ulas Rudiantara. (kom/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/321006...an-ojek-online

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online Dana Desa Tekan Angka Stunting di Gorontalo

- Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online Gelar Pertemuan Bakohumas, Kementan Pastikan Pasokan Pangan Hari Raya Aman

- Tekan Harga Jual Ponsel, Kebijakan TKDN Untungkan Ojek Online PIBI Ikopin dan Digital Youthpreneur Bangun UKM Online

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di