CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Menanam Buah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af98cd7d44f9fcc2a8b456a/memanfaatkan-pekarangan-rumah-untuk-menanam-buah

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Menanam Buah

Pekarangan rumah merupakan aset yang tidak ternilai. Apalagi jika mampu dikelola dengan baik maka rumah bisa menghasilkan banyak hal, salah satunya buah. Nah, untuk menunjang kebutuhan gizi dan obat bagi keluarga sekaligus menciptakan lingkungan hijau yang asri, masyarakat perlu didorong untuk mengoptimalkan lahan pekarangan di lingkungan masing-masing.

Upaya ini perlu dilakukan karena lahan pekarangan milik warga memiliki nilai ekonomi sekaligus ekologi bila dimanfaatkan secara optimal. Untuk pemanfaatan pekarangan sebagai penopang gizi keluarga, warga dapat melakukan penanaman berbagai jenis sayur-sayuran, obat-obatan, buah-buahan, dan melakukan budi daya ternak kecil. Seperti unggas atau budi daya ikan di lahan pekarangan masing-masing.

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Menanam Buah

Salah satu upayanya adalah dengan menysosialisasikan penanaman sayuran sistem vertikultur kepada masyarakat. Sistem ini memiliki keunggulan yakni dapat diterapkan di lahan sempit dan cakupan penanamannya untuk jenis-jenis tanaman, terutama sayuran lebih banyak serta beragam jika dibanding dengan penanaman sistem konvensional atau penanaman secara mendatar yang biasa kita lakukan.

Penanaman sistem vertikultur atau penanaman bertingkat cocok diterapkan di lahan pekarangan yang sempit. Dengan mengolah lahan pekarangan rumah, dapat menjadi salah satu alternatif mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga. Sekaligus sebagai fungsi estetika yang meliputi keindahan, asri, segar, dan terlindung.

Nah, agar hasilnya maksimal, maka cara menanam buah-buahan dipekarangan perlu dilakukan dengan berbagai langkah. Pilihlah bibit bibit unggul yang sudah terbukti kualitas pertumbuhan serta hasil panennya yang melimpah.

Selanjutnya adalah media tanam. Cara menanamnya diawali dengan mengolah tanah yang akan Anda gunakan untuk menanam bibit tersebut. Sebaiknya gemburkan lahan terlebih dahulu, disusul dengan pemberian pupuk kandang secukupnya, kemudian diamkan tanah yang telah dicangkul tersebut selama satu minggu agar racun tanah terbawa angin.

Saat tahap pemeliharaan adalah hal yang utama dan penting agar dapat menjaga pertumbuhan serta hasil panen buah-buahan di pekarangan kita sesuai dengan yang diharapkan. Pemberian pupuk juga sangatlah penting dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah secara terus menerus.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
Mending tanam bunga,
Karena bisa berbunga
emoticon-I Love Indonesia
Quote:



Boleh juga gan, apalagi jika ditambah dengan buah tambah jos
Izin menyimak dulu Om emoticon-linux2
Quote:



Sambil ngopi gak gan
profile-picture
sored memberi reputasi
Quote:


iya ini mas brader
saya datang langsung dibuatkan emoticon-coffee
ikut menyimak emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice info gan emoticon-2 Jempol
di po t buahnya banyak bgt gitu ya,.,palagi di tanah,.,.,.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


manfaatkan pekarangan rumah untuk dijual emoticon-Big Grin
sip gan
Pengen bgt punya taman nanem buat tanaman atau buah kyk giniemoticon-Frown tapi sayangnya ga luas perkarangan rumahnya
Menanam gak perlu keterampilan, semua orang bisa menanam dari cabe, kelapa, buah naga, pohon pisang, kemangi, tanaman bumbu seperti sere, lengkuas, pandan, ato tanaman yang tau2 ada seperti pepaya yang jarang ditemui... Yang penting pupuknya pake pupuk kandang, seperti tahi sapi ato kambing dicampur upas gabah, tpi klo daerah perkotaan gakbisa ditemui...


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di