alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Budi Daya Melon, Dari Lahan Sempit Menjadi Jutawan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af95b3f9e7404c12f8b4567/budi-daya-melon-dari-lahan-sempit-menjadi-jutawan

Budi Daya Melon, Dari Lahan Sempit Menjadi Jutawan

Budi Daya Melon, Dari Lahan Sempit Menjadi Jutawan

Bisnis budi daya buah melan makin hari makin menjanjikan. Hal itu disebabkan karena kebutuhan buah-buahan belakangan ini terus meningkat seiring pemahaman makanan sehat kaya serat dan vitamin. Tidak heran, permintaan buah-buahan di pasaran semakin tinggi, salah satunya melon sebagai buah favorit.

Permintaan melon terus bertambah dan ini menjadi peluang untuk usaha baru. Budi daya melon ternyata tidak terlalu rumit, hanya saja membutuhkan ketelatenan, terutama dalam hal penyiraman air.

Melon merupakan tanaman buah termasuk famili Cucurbitaceae, banyak yang menyebutkan melon berasal dari Lembah Panas Persia atau daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dan Eropa dan Afrika.

Para ahli mengklasifikasikan melon dalam dua tipe, yaitu netted-melon dan winter-melon. Untuk tipe netted-melon memiliki ciri-ciri kulit buahnya keras, kasar, berurat, dan bergambar seperti jala, aroma relatif lebih harum.

Namun, jika tipe winter-melon ciri-cirinya kulit buah halus, mengkilat, dan aroma buah tidak harum, buah lambat untuk masak antara 90-120 hari, mudah rusak dan tidak tahan lama untuk disimpan. Tipe melon ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Sebelum 1980, melon hadir di Indonesia sebagai buah impor. Kemudian, banyak perusahaan agrobisnis yang mencoba menanam melon untuk dibudidayakan daerah Cisarua (Bogor) dan Kalianda (Lampung) dengan varietas melon dari Amerika, Taiwan, Jepang, China, Prancis, Denmark, Belanda, dan Jerman.

Jika Anda tidak memiliki lahan luas, menanam melon di luasan lahan yang terbatas dengan menggunakan polybag  juga bisa. Namun, jika memiliki lahan seluas 5.000 meter persegi atau 0,5 hektare juga bisa membudidayakan sekitar 6.000 batang melon. Tiap batang tanaman melon memerlukan modal Rp5.000, sudah termasuk untuk upah tenaga kerja, beli bibit, pupuk, dan media tanam. Oleh sebab itu, total modalnya mencapai Rp30 juta.

Budi Daya Melon, Dari Lahan Sempit Menjadi Jutawan
Dari tiap batang melon bisa memperoleh keuntungan bersih Rp20 ribu karena harga 1 kg melon kuning Rp10 ribu dan rata-rata buah melon bobotnya 2 kilo. Total keuntungan budi daya melon ini mencapai Rp120 juta. Dari sisi konsumen, melon memiliki banyak penggemar. Selain sering dimanfaatkan untuk membuat jus, buah yang satu ini juga tidak jarang dinikmati secara langsung. Harganya yang relatif terjangkau, rasanya yang segar, dan memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya, menjadi salah satu pertimbangannya memilih melon dibandingkan buah-buahan lainnya. Selamat mencoba gan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Coba pertamax emoticon-Pertamax:
Mayan Lama ya 3 sampai 4 bulan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di