alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Ayo Bantu berikan solusi alternatif untuk tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af78a8c12e25777778b4567/ayo-bantu-berikan-solusi-alternatif-untuk-tingkatkan-kualitas-pendidikan-di-indonesia

Ayo Bantu berikan solusi alternatif untuk tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Bila Indonesia dalam status gawat darurat pendidikan,
sebagai pemuda Indonesia, apakah yang salah satu solusi yang bisa kita lakukan?
Agan ada pendapat?

Studi Banding keluar negeri perlukah?
Quote:



Dari hasil survei tersebut, berikut ini beberapa pendapat dari para responden yang menyatakan bahwa studi banding keluar negeri tidak diperlukan (10 %).

Quote:


Adapun beberapa alasannya karena seperti ini :

Tidak perlu karena…

Standar guru di berbagai wilayah di  Indonesia berbeda
“Indonesia merupakan negara kepulauan. Perlu atau tidaknya seorang guru melakukan studi banding ke luar negeri tergantung di mana guru tersebut mengajar. Misalnya di bagian timur Indonesia (NTT,  Maluku, Papua) standar guru berbeda dengan standar guru yang ada di pulau Jawa. Guru-guru yang ada di pulau Jawa mungkin memerlukan studi banding ke luar negeri, itupun hanya di kota-kota besar yang mempunyai fasilitas pendidikan yang memadai,  tetapi mayoritas guru ada di luar pulau Jawa dengan kualitas yang tidak seimbang dengan guru yang ada di kota besar.

Dengan kurikulum di Indonesia yang selalu berubah-ubah maka sangat tidak efektif jika guru-guru di Indonesia harus melakukan studi banding ke luar negeri. Oh iya, satu hal lagi, yang menjadi permasalahannya lagi tidak semua guru fasih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Internasional. Jadi menurut saya tidak perlu guru di Indonesia melakukan studi banding keluar negeri.”

Memerlukan dana yang tidak sedikit
“Sepertinya biaya untuk studi banding bisa dialokasikan untuk perbaikan peralatan pendidikan yang banyak belum memadai.”


Cukup Menggunakan fasilitas online saja
“Untuk mempelajari sistem pendidikan di luar negeri tidak harus langsung berkunjung, para guru bisa mempelajari studi literatur tentang sistem pendidikan di negara yang menjadi acuan atau dengan berkomunikasi dengan seseorang yang sudah memahami sistem pendidikan tersebut baik itu orang Indonesia maupun orang yang asli negara tersebut, komunikasi juga bisa lewat media komunikasi yang ada skype, WA, BBM atau yang lain. Itu menurut pendapat saya, terimakasih.”


Cukup ahli pendidikan saja
“Tidak perlu guru yg studi banding secara langsung, cukup beberapa ahli pendidikan yang melakukannya”


Mayoritas responden (90%) menyatakan bahwa melakukan studi banding ke luar negeri untuk guru, perlu dilakukan. Berikut ini alasan yang mereka kemukakan:


Perlu karena…


Memperluas wawasan
“kualitas guru sekarang masih dalam lingkup berkembang. Mengapa demikian? Guru di zaman millenial ini hanya terpicu dengan semboyan datang kemudian mengajar, setelah mengajar pulang. Perlunya guru untuk studi banding keluar negeri agar guru bisa membuka wawasan yang luas bagaimana jiwa seorang guru seharusnya. Sehingga standar seorang guru yang resultnya masih nasional bisa improve ke standar internasional otomatis semangat guru meningkat dan dipenuhi dengan berbagai inspirasi serta metode baru untuk mengajar, siswa semangat, Indonesia bisa bangkit dari sakit yang dialami selama ini”

Bahan perbandingan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses mengajar
“Kebanyakan guru baru yang masih bersifat honorer (baca: baru selesai studi S1 FKIP +/- 2-3 dan kemudian menjadi guru) pasti meniru role mode guru “lama”nya entah itu gurunya ketika sekolah SD-SMA ataupun guru sekolah di mana dia magang/pkl sebelum tamat, sehingga metodenya pun akan selalu sama. Dengan melakukan studi banding keluar negeri “metode” belajar-mengajar yang selama ini dipakai di Indonesia dapat terupgrade dan tentunya akan menghasilkan peningkatan kualitas pendidikan. ”


First- hand experience (Pengalaman langsung)
“Agar guru mendapatkan pengalaman langsung (first-hand experience) dari sesama rekan se-profesi yang berada di luar negeri. Tentunya hal ini akan memperkaya baik pengetahuan dan juga ketrampilan mengajar dari guru tersebut. Terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini di mana terjadi revolusi digital dan perkembangan pedagogi jauh berkembang sehingga lahir kebutuhan akan tenaga pengajar yang tidak hanya memiliki passion mengajar/mendidik, namun juga dilengkapi (equipped) dengan knowledge serta skill yang dibutuhkan. Di sisi lain, hal ini juga akan membuka potensi networking antara guru, melampaui batasan ruang dan waktu, juga negara. Hal ini akan menambah jejaring serta engagement para pengajar dengan dunia pendidikan internasional sehingga diharapkan akan lahir metode-metode mengajar/mendidik yang kian efektif dan efisien bagi setiap insan pembelajar siswa/i di Nusantara.”


Karena belum banyak ahli dari Indonesia
“Studi banding perlu karena Indonesia belum punya cukup ahli yang memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengambil keputusan dan menjalankan tugas negara. Kalaupun selama ini studi banding dirasa kurang efektif, yang salah bukan studi bandingnya, melainkan kemampuan belajar orang-orangnya, tempat studi bandingnya, ketidaksesuaian topik studi dengan keadaan di lapangan, dan hal-hal non-teknis lainnya.”


Demikianlah hasil survei dan beberapa pendapat yang dijabarkan dalam menghimpun cara pandang mengenai perlu atau tidak studi banding ke luar negeri untuk guru.

Quote:




Spoiler for spoiler:


Spoiler for spoiler:


Quote:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
mulai dr pemerintahnya yg harus tegas dengan media yg menayangkan acara TIDAK MENDIDIK
Quote:


kalau perkara media, kok saya mikirnya juga ini lebih bisa di kontrol ama keluarga ya gan?
Quote:


media dimana mana ga cuman di rumah, sedangkan keluarga menurut wa cuman sebatas di rumah doang. Itu juga kalo keluarga nya sempat mengawasi 24 jam anaknya. Media yang sekarang kebanyakan berunsur negatif dan harus ditindak tegas sampai akar2nya dan disitu dimana peran pemerintah dibutuhkan. Dan kenapa wa sebut yang pertama media dulu? Karena mengatasinya g perlu duit byk dan paling gampang dilakukan menurut wa

Ayo Bantu berikan solusi alternatif untuk tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia
Quote:


hmm gitu ya gan. kalau menurut ane karena kalau yg ane rasakan keluarga besar sekali dampaknya sama mindset seseorang. jadi pun kalau ada hal jelek di depan mata kalau dia tau itu ga berfaedah ama dia. ga bakal dipantengin.

eh itu foto beneran? yang bikin soal guru kan yah.. nah.. menurut agan, apa betul kualitas guru kita patut ditingkatkan?
Quote:


lagi lagi peran pemerintah dibutuhkan juga untuk meningkatkan kualitas guru dengan menaikkan gaji guru menjadi lebih manusiawi dan memberi tunjangan terutama kepada guru honored. jaman sekarang dikit loh yang bener-bener mau jadi guru, dan yang jadi guru hanya sebatas untuk makan rata-rata hanya sebatas mengajar tidak mendidik.
Quote:


pemerintah udah kasih jatah 20% dari dana APBN, tapi untuk ningkatin kualitas pendidikan jatahnya 0.61 persen. apa menurut agan yang gerak ga baiknya bukan cuma pemerintah doang? tapi kita semua. dengerin soundcloud ini deh

Listen to Indonesia Dalam Gawat Darurat Pendidikan by BGMD PPI DUNIA #np on #SoundCloud
https://soundcloud.com/bgmd-ppi-duni...rat-pendidikan

in case baca artikel diatas cuma sekilas. hehe.
pendidikan harus gratis 100% biar bisa efektif emoticon-Wink

masa sekolah bagus dgn guru berkualitas hrs dibayar pakai uang SPP mahal, atau klo ga ada uang pakai beasiswa

lah, klo murid udah pinter ngapain ditangani sama guru berkualitas yak

hrsnya sekolah bagus, guru pinter dan fasilitas diberikan untuk siswa2 yang bodoh, biar pada jadi pinter

klo semua yang bagus diberikan untuk murid pintar, macam komoditas aja
dilombain, buat cari nama instansi dsj emoticon-Ngakak (S)
Quote:


ngomong2 soal pendidikan gratis, saat ane smp ane sempat ngerasain pendidikan gratis. percaya deh pendidikan gratis 100% ga menjamin orang ttp mau sekolah. Malah jadi berkurang effort nya. Tapi tidak berarti pendidikan harus mahal. berdasarkan penelitian tahun 1996, kalau denger sound cloudnya, murid yang level awalnya sama terus ditangani ama dua jens guru beda kualitas, output akhirnya bakal beda. menurut ane gan, ga ada siswa yang bodoh. kita semua adalah buku... tergantung siapa yang menuliskannya. let's say pendidikan gratis.. apa jadinya kalau pendidikan gratis tapi guru yang ngajarinnya kualitasnya ga bagus..
Diubah oleh fadillaazeaza
studi banding bisa via online ky TS, ga buang2 uang pajak. Bukannya lulusan keguruan ga sebanding dgn lowongan pekerjaan ya? jd bnyk lulusan keguruan yg bantir setir,asal bisa hidup/cari nafkah
Quote:


nah perkara lulusan mana.. kayanya juga jadi perkara hampir semua jurusan.. kita masih kurang guru loh, kalau mindsetnya bukan cuma area jawa, tapi Indonesia. kalau dipikir-pikir bravo ya buat ruang guru yang udah kasih solusi buat pendidikan Indonesia. pendapat agan ttg BGMD PPI DUNIA gmna gan? kabarnya itu gerakan terbesar pelajar sedunia untuk bantu guru studi banding
Quote:


di trid sebelah yg punya agan ane juga udah mampir~

pendidikan gratis + guru yang profesional berarti emoticon-Wink

tapi guru bagus maunya kerja di sekolah bagus, jenjang karir katanya (hak mereka sih), tapi sekolah bagus cmn mau nerima murid kaya atau murid pintar
Quote:


nah bisa juga. tapi negara kita utangnya ga sedikit, duitnya ga banyak, utang yang banyak pun kudu dialokasikan ke hal yang lain. dan dari APBN negara, di pendidikan inilah spending paling gede dibanding yang lain (20%) bayangin kalau jadinya di besarin lagi jadi 80% dari apbn hingga akhirnya sekolah2 jadi gratis, lalu apa kabar sektor yang lainnya, semisal kesehatan. negara kita gede, rakyatnya banyak, pengembangan masih acap terkonsentrasi di satu pulau. tapi sayang yang bayar pajak juga ga banyak. apakah ini jadi solusi terbaik bila pendidikan gratis? gimana kalau kita yang rakyat biasa juga ikut bergerak.. ya contohnya sih seperti yang udah dilakuin ruang guru.

guru bagus maunya kerja di sekolah bagus, ya ane gak tau juga sih ttg ini. ga punya datanya gan. takutnya kalau ane iyain, guru yang ikhlas hati ngajar dipedalaman malah jadi tersinggung.

liat channel ini deh
ini yg dibahas pendidikan akademis formal ya?
Quote:



tapi kan sedikit guru yg punya idealisme seperti itu emoticon-Big Grin ya walau ada,

namanya guru, manusia juga, pasti punya kebutuhan, punya rencana masa depan, punya keluarga juga nantinya...

siapa yg bisa jamin idealisme dia sampai akhir ttp begitu? tidak seorangpun bisa

bukan mau mematahkan, silakan saja lanjutkan~

solusi dari ane sih emng udah tepat menyasar pendidikan, tapi sebelum itu agar efektif harus menata dulu sistem sosial kita...

agan memberi ane referensi, so ane pun akan memberikan referensi juga
coba pelajari pemahaman2 dari jacque fresco, ada bukunya yg ringan namun bagus, judulnya "designing the future"

Spoiler for :


silakan baca sampai habis emoticon-Angel kali aja menemukan solusi yg ane maksud (pasti, bkn kali aja emoticon-Big Grin)

ada buku2 dia lainnya yg ga kalah bagus
Diubah oleh 3770372
Quote:


nih asik nih klau kaya gini diskusinya. makasih gan

emoticon-Big Kiss

Mindsetnya moga bukan mindset satu pulau ya. Tapi mindset Indonesia.
Kenapa? Karena budaya sumatra barat semisal dengan budaya daerah lain berbeda. Contohnya aja budaya matrilinialnya. Tatanan sosial di pulau jawa ga sama dengan tatanan sosial di sumatra... ataupun sulawesi.. Ataupun lainnya.. Jadi tatanan sosial yang baik yang seperti apa yang dimaksud.. Baiklaah sebelum ane lanjut komen emang ane harus kudu wajib baca referensi agan. Makasih agaan... emoticon-Cendol Gan
Quote:


tatanan sosial yang baik adalah yang tidak merusak kearifan lokal

walau dia dari barat, tp berbeda cara pikirnya

hrs baca makanya emoticon-Big Grin

tdk seperti yg ada di film2 kok~

buat ane benar2 solusi yang tepat, tapi sayangnya "musuhnya" kuat emoticon-Ngacir

klo abis baca tertarik dgn tokoh itu, silakan cari lebih lanjut di google, krn emng dia terkenal di circle2 org berpikiran sosialis, dia socialengineer
Quote:


iya gan
ya ditiru / diadopsi aja apa2 yg sudah dilakukan oleh sekolah yg dianggap prestasinya terbaik di masing2 regional
jangan dulu jauh2 mencontoh yg disebrang
Quote:


ide ini udah dijalanin ama rubi ppi dunia
http://ppidunia.org/ruang-berbagi-il...pi-dunia-2018/

simak deh
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di