alexa-tracking

Apa yang Akan Terjadi Jika Matahari Kita Mati Bagi Kehidupan di Bumi?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af710e7925233422c8b4580/apa-yang-akan-terjadi-jika-matahari-kita-mati-bagi-kehidupan-di-bumi
Apa yang Akan Terjadi Jika Matahari Kita Mati Bagi Kehidupan di Bumi?
Quote:


Profesor Albert Zijlstra, salah seorang tim astronom internasional dari Universitas Manchester memprediksi bahwa saat redup, bintang akan berubah menjadi cincin besar gas dan debu bercahaya yang dikenal sebagai planetary nebula.

Berdasarkan Penelitian yang diterbitkan di Nature Astronomy pada hari Senin 7 Mei ini, dituliskan bahwa sebuah nebula planet menandai akhir 90% dari semua bintang kehidupan aktif dan menelusuri terjadinya transisi bintang dari raksasa merah menjadi kurcaci putih yang menyusut.

Tapi selama bertahun-tahun, para ilmuwan tidak yakin apakah matahari di galaksi kita akan mengikuti nasib yang sama: hal ini karena matahari dianggap memiliki massa terlalu rendah untuk menciptakan nebula planet yang terlihat.

Untuk mengetahuinya, tim mengembangkan bintang baru, yaitu model data yang memprediksi siklus hidup bintang-bintang. Model ini digunakan untuk memprediksi kecerahan (atau luminositas) dari sampul yang dikeluarkan, untuk bintang dari berbagai massa dan usia.

Prof Zijslra kemudian menjelaskan "Ketika sebuah bintang mati ia mengeluarkan massa gas dan debu - yang dikenal sebagai sampul matahari - ke ruang angkasa. lapisan itu bisa mencapai setengah massa bintang. Hal ini mengungkapkan inti bintang, yang pada titik ini dalam kehidupan bintang kehabisan bahan bakar, akhirnya mematikan dan sebelum akhirnya mati.

"Hanya saja kemudian inti panas ini membuat sampul yang mengeluarkan sinar terang selama sekitar 10.000 tahun - periode singkat dalam astronomi. Ini yang membuat nebula planet terlihat. Beberapa sangat terang sehingga mereka dapat dilihat dari jarak yang sangat besar yang berukuran puluhan jutaan tahun cahaya, di mana bintang itu sendiri terlalu redup untuk dilihat. "

Model ini juga memecahkan masalah lain yang telah membingungkan para astronom selama seperempat abad.

Sekitar 25 tahun yang lalu, para astronom menemukan bahwa jika Anda melihat nebula planetari di galaksi lain, yang paling terang selalu memiliki kecerahan yang sama. Peneliti menemukan fakta bahwa sangat mungkin untuk melihat seberapa jauh galaksi tersebut hanya melalui penampakan nebula planet paling yang terang. Secara teori hal itu bekerja di salah satu tipe galaksi.

Namun sementara data menyatakan ini benar, model ilmiah mengklaim sebaliknya. Prof Zijlstra menambahkan: "Bintang-bintang dengan massa kecil yang rendah harus membuat nebula planet jauh lebih lemah daripada bintang muda yang lebih masif. Ini telah menjadi sumber konflik selama 25 tahun terakhir.

"Data itu mengatakan anda bisa mendapatkan nebula planetari yang terang dari bintang-bintang bermassa rendah seperti matahari, para model mengatakan itu tidak mungkin, apa pun yang kurang dari sekitar dua kali massa matahari akan memberikan nebula planet yang terlalu pingsan untuk dilihat."

Model-model baru tersebut menunjukkan bahwa setelah pelepasan sampul, bintang-bintang akan mulai memanas tiga kali lebih cepat daripada yang ditemukan di model lama. Ini membuatnya lebih mudah bagi bintang massa rendah, seperti matahari, untuk membentuk nebula planetari yang terang.

Tim menemukan bahwa dalam model-model baru, matahari hampir sama dengan bintang massa terendah yang masih menghasilkan nebula planet meskipun samar. Beberapa bintang bahkan memiliki presentase yang tidak kecil.

Profesor Zijlstra menambahkan: "Kami menemukan bahwa bintang dengan massa kurang dari 1,1 kali massa matahari akan menghasilkan nebula yang redup, dan bintang-bintang yang lebih masif dari 3 massa matahari akan memiliki nebula yang lebih cerah, tetapi untuk sisanya kecerahan yang diprediksi sangat dekat dengan apa yang telah diamati.


"Ini adalah hasil yang bagus. sekarang, meskipun memiliki kisaran sangat sulit diukur, Kita dapat mengetahui berapa miliar tahun usia bintang di galaksi yang jauh, kita bahkan telah menemukan apa matahari akan dilakukan ketika mati! "

sumber
Yg jelas cucian gw ga kering² ini mah emoticon-Matabelo