alexa-tracking

All about Turnitin (pendeteksi plagiarisme)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af6f09d902cfe5b2a8b456b/all-about-turnitin-pendeteksi-plagiarisme
All about Turnitin (pendeteksi plagiarisme)
All about Turnitin (pendeteksi plagiarisme)
Kali ini mimin mau membagi tips dan trik lolos screening Turnitin. Turnitin adalah suatu software yang bisa mendeteksi plagiat/plagiarisme dari suatu karya ilmiah, seperti skripsi, tesis dan disertasi. Setiap proposal skripsi, skripsi, tesis dan disertasi wajib di-screening oleh Turnitin. Terkadang Turnitin terlalu kaku dan statis dalam mendeteksi tingkat plagiat/plagiarisme dari suatu karya ilmiah. Oleh karena itu, mimin mau membagi tips dan trik agar lolos dari screening Turnitin yang terlalu kaku dan statis tersebut. 

Tetapi sebelumnya mimin mau men-disclaimer bahwa postingan ini bertujuan agar para pembaca mampu untuk mengurangi tingkat plagiat/plagiarisme yang terdeteksi oleh Turnitin  yang disebabkan oleh Turnitin terlalu kaku dan statis dalam hal mendeteksi tingkat plagiat/plagiarisme dari suatu karya ilmiah. Dan mimin pun tidak mendukung aksi plagiat/plagiarisme dari suatu karya ilmiah dalam bentuk apapun. Jadi jangan disalahartikan postingan ini. Terima Kasih
Berikut langkah-langkahnya:

1. Contohnya di dalam karya ilmiah tersebut ada kalimat:
Penelitian empiris adalah….

Nah kalimat ini terdiri dari 3 kata dan terdeteksi plagiat/plagiarisme dari suatu website di internet ataupun dari database.

2. Untuk menyiasatinya adalah dengan cara menambah 2 huruf (bebas hurufnya apa saja) diantara kata-kata tersebut, seperti:
Penelitianghempirisghadalah….

Dengan begitu, di Turnitin ini akan terdeteksi sebagai 1 kata dan tidak terdeteksi plagiat/plagiarism di Turnitin lagi.

3. Untuk menyamarkannya bisa dengan cara mengubah font huruf tersebut menjadi putih dan mengganti ukuran font menjadi lebih kecil sehingga seperti ini:
Penelitian empiris adalah….

4. Agar lebih mudah lakukan screening Turnitin terlebih dahulu untuk yang pertama kali sehingga tahu yang mana saja yang terdeteksi plagiat/plagiarisme oleh Turnitin dan setelah itu baru melakukan pengeditan seperti contoh yang ada di atas.

Kemudian jika sudah selesai diedit bisa diformat menjadi bentuk .pdf dan kemudian di- screening lagi untuk yang kedua kali. Semua ini dilakukan agar tingkat plagiat/plagiarisme dari suatu karya ilmiah dapat sesuai dengan peraturan yang ada (sesuai dengan ambang batas yang ditentukan).

Sumber:
http://va-ui-s-life.blogspot.co.id/2...-turnitin.html

emoticon-2 Jempol
 
baru pernah denger nih
ente gi ngajArin apaan si gan ?
Quote:


kalo agan pernah kuliah, 3 thn terakhir ini turnitin sangat akrab di kalangan mahasiswa terutama yg sedang menyusun skripsi emoticon-Big Grin
Quote:


kalo agan pernah kuliah, 3 thn terakhir ini turnitin sangat akrab di kalangan mahasiswa terutama yg sedang menyusun skripsi emoticon-Big Grin