alexa-tracking

Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5ba5131e2e62e178b4567/baca-ini-untuk-tahu-perbedaan-oli-mesin-sae-10w-30-amp-10w-40
Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!


Ngomongin Oli, Kalian semua yang suka ganti Oli Motir pasti familiar kan soal OLI Motor? Tapi soal SAE alias Society of Automotive Engineers gimana? Ya soal OLI MOTOR, cairan pelumas yang satu ini memang punya fungsi beragam mulai dari menjaga mesin motor hingga memastikan performa motor tetap prima saat berkendara Bro. Gak cuma itu, oli juga punya fungsi penting seperti menjaga mesin motor jadi tidak cepat panas.


Selain itu, oli juga berfungsi untuk menjaga komponendi dalam mesin motor tidak cepat bergesekan. Karena lo tahu sendiri, ketika komponen di dalam mesin motor sering mengalami gesekan, bukan hanya bisa membuat komponen itu cepat berkarak tapi umur mesin jadi cepat rusak Bro.


Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!


Ngomongin soal oli sendiri, saat ini udah hadir dalam berbagai macam pilihannya gan. Agan bisa nyesuain sendiri oli apa yang sesuai dengan spesifikasi motor agan. Jenisnya sendiri saat ini udah makin bervariasi ada SAE 10w 30 atau juga 10W-40. Tapi, tau gak sih Bro bedanya dari dua jenis itu apa aja?


Karena banyak dari kita yang belom tau apa sih perbedaan dari dua jenis oli tersebut (termasuk ane dulu Bro). Nah disini ane mau sharing sedikit tentang perbedaan dari oli mesin SAE 10w30 & 10w40 yang mesti lo tau Bro! Kira-kira apa aja sih bedanya? Daripada penasaran cek dulu disini Bro!


Sebelum kita ngomongin lebih jauh soal perbedaanya kita coba ulas tentang apa itu arti SAE yang terdapat pada oli Bro? SAE sendiri adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers, suatu asosiasi yang mengatur standarisasi di berbagai bidang seperti bidang rancang desain teknik, manufaktur, dll.

 

Jadi ketika lo melihat tulisan dalam SAE 10w30 atau SAE 10w40 itu sendiri adalah standarisasi yang dikeluarkan oleh pihak SAE untuk kualitas dari kekentalan oli. Dan pertanyaan, kenapa nomornya berbeda-beda ada yang 30 dan ada juga yang 40. Itu sendiri membedakan dari jenis kekentalan oli itu sendiri.


Sedangkan peran angka di depan dalam oli mesin multigrade – seperti 0W, 5W, 10W, 15W atau 20W – lebih kepada kemampuan oli dalam kondisi mesin dingin. Karena saat mesin mencapai suhu kerjanya, maka angka di belakang lah yang lebih berperan dalam menentukan performa dari sebuah mesin.


Pada dasarnya, penerapan kekentalan oli terdiri dari 20, 30, 40, 50 hingga 60. Semakin kecil nomor itu maka akan semakin pula oli itu akan semakin encer. Begitupun sebaliknya, semakin beda nomor maka kekentalan dari oli itu akan lebih besar.

 

Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!


Nah trus gimana sih seharunsnya oli 10W30 dan 10W40 digunakan? Biasanya oli dengan jenis 10W40 lebih bagus digunakan untuk motor yang memang mengadopsi teknologi diasil dengan piston forged Bro. Penerapan teknologi inilah yang membuat motor ini lebih perlu oli yang lebih kental.


Karena teknologi piston forged memiliki kandungan alloy yang lebih padat ketimbang piston cast. Artinya, tingkat memuai menjadi berbeda sehingga piston forged perlu clearance yang lebih besar ketimbang piston cast. Tapi jika dengan teknologi ini bisa gak sih memakai oli dengan jenis 10W30 atau 10w20 Bro? 


Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!

 

Jawabannya bisa-bisa aja Bro. Dan kalo ngomongin secara performa, pasti akselerasi dan konsumsi BBMnya bisa jadi lebih irit, karena beban pompa oli menjadi lebih ringan. Tapi, jumlah oli akan lebih cepat susut alias berkurang, lantaran oli yang encer akan lebih mudah menyusup masuk ke dalam ruang bakar.


Sejatinya semakin kental oli, maka pelumasan semakin baik. Tapi pada batas tertentu, semakin kentalnya oli malah menghambat kerja part yang bergerak. Logikanya simpelnya seperti ini Bro, lo pasti akan lebih mudah di air encer dari pada air kental (itulah mengapa penggunaan oli encer kan membuat tarikkan lebih jadi lebih enteng), 

Namun sebenarnya tingkat keausan lebih mudah terjadi pada pelumas yang lebih encer dari pada oli kental. Dan bahayanya jika komponen motor sudah mulai aus, lo pasti bakal ngerasain performa motor yang pelan-pelan bakal berubah. Perubahannya udah pasti jadi bikin performa motor tidak senyaman biasanya.


Jadi, yang mesti lo perhatikan ini adalah bener-bener memastikan kalo pengunaan jenis oli sudah pas dengan spesifikasi motor yang lo gunakan Bro. Karena seperti yang udah dijelasin tadi, bisa aja performa okey tapi secara pengunaan oli akan menjadi boros jika tidak menggunakannya dengan pas.

 

Kalo ane sih karena pake motor matic, biasanya ngegunain Eni Oil 4T Matic (dulunya bernama Agip) mereka punya fitur Triple Action Plusnya yang manfaatnya udah berasa di motor yang ane gunakan. Mulai dari ngebuat tarikan motor tetap enteng, mesin motor jadi gak cepat panas, sampe bahan bakar juga tetap irit.


Nah, itu tadi perbedaan oli mesin SAE 10W30 dan SAE 10W40. Kira-kira ada lo tau perbedaan lainnya gak nih? 

Ayo dah share di komen, Gan!


emoticon-Ngacir2  emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir2


hemm ternyata itu artinya Baca Ini Untuk Tahu Perbedaan Oli Mesin SAE 10w 30 & 10w 40!
Ini dari sudut pandang pengguna harian aja, kebetulan 2 mesin ane pake oli yg berbeda, yg satu 30 yg satu 40.

Yg lebih kental tarikan di awal/putaran rendah lebih terasa tenaga nya, sedangkan yg lebih encer lebih terasa tenaga nya di putaran atas.
Tapi kalo ane sebenernya lebih suka yg bertenaga di putaran bawah. Mungkin periode depan, mesin ane yg pake 30 mau ane ganti ke 40 aja kali.
Agip ganti nama? Baru tau ane..