alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Arca Di Stupa Candi Borobudur Jangan Di Pegang Nanti Rapuh Hoax atau Nyata ?
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af52801dac13e27348b456f/arca-di-stupa-candi-borobudur-jangan-di-pegang-nanti-rapuh-hoax-atau-nyata

Arca Di Stupa Candi Borobudur Jangan Di Pegang Nanti Rapuh Hoax atau Nyata ?



Arca Di Stupa Candi Borobudur Jangan Di Pegang Nanti Rapuh Hoax atau Nyata ?

Candi Borobudur merupakan salah satu dari deretan keajaiban dunia kebanggan Indonesia. Selain dari keindahan bangunannya, Borobudur memiliki daya tarik lainnya seperti keberadaan mitos Kunto Bimo.

Dilansir dari laman travel.tribunnews.com, Senin (16/4/2018), bahwa siapa saja yang merogoh ke dalam sebuah stupa berongga dan dapat menyentuh bagian tertentu dari tubuh arca Budha yang ada di dalamnya maka ia akan mendapatkan keberuntungan atau terkabul keinginannya.

Arca Di Stupa Candi Borobudur Jangan Di Pegang Nanti Rapuh Hoax atau Nyata ?

Meskipun banyak yang menyangkal kebenaran mitos ini, tapi tidak sedikit yang mempercayainya dengan melakukannya dengan alasan coba-coba atau hanya iseng tanpa memikirkan risiko yang akan dihadapi!

Lantas apa bahayanya menyentuh patung tersebut? Ternyata sentuhan tangan manusia yang akan membahayakan, apalagi melakukannya pada saat terik matahari, bisa mengakibatkan tangan serta kaki berkeringat. Nah, keringat dari tangan yang nempel ke patung itu akan menimbulkan penyakit yang lama-kelamaan akan jadi keropos, karena keringat mengandung garam.

Arca Di Stupa Candi Borobudur Jangan Di Pegang Nanti Rapuh Hoax atau Nyata ?

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Larutan garam dalam air (Misalnya natrium klorida dalam air) merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah. Tapi, karena cairan dalam tubuh ini juga mengandung banyak ion-ion lainnya, maka tidak akan membentuk garam setelah airnya diuapkan.

Walau batu bisa rapuh karena garam tapi tak srmudah yang kia kira juga perlu proses dan waktu yang lama, bahkan borobudur tetap berdiri walau sudah banyak keringat menetes dari para pejalan kaki ke lantai candi. Jadi bisa dipastikan belum adanya bukti kuat tentang garam dari keringat bisa merapuhkan batu pada candi, terutama patung dalam stupa, karena hingga hari ini stupa dan patungnya baik-baik saja tak ada yang rapuh dan hancur.


Referensi:

travel.tribunnews.com/2018/04/16/jangan-asal-buktikan-mitos-ini-bahaya-tak-terduga-merogoh-tangan-patung-buddha-di-borobudur?page=all

emoticon-Angel


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
ya mmg seharusnya jangan disentuh apapun keadaan n alasannya
sudah capek2 dibangun jaman old malah dirusakin org jaman now emoticon-Hansip
Nah ya ane penasaran kenapa dipegang2 bgtu
Diubah oleh o.best
ojo dumuk dumuk
Kesimpulan logisnya adalah jangan menyentuh benda didalamnya.
Bukan karena apa, bisa merusak.

pejwan

Quote:


bukannya kalo dipegang kita bisa kena musibah?

emoticon-Ngakak
Berhub thread nya pakai bahasa kimia yg berat

Ane resume dengan bahasa simple for dummy

: tangan agan bisa bikin patungnya rusak lama2.. Apalagi yg megangnya sambil isi meraba2
jangan dipegang, uda turutin aja gan. ngapain juga pegang²
Mejeng di pejone emoticon-Cool
hoax..........
kan dilarang manjat biar gak geser tuh batu2 penyusunnya
kalo ane sih percaya aja dan menaati peraturan gan
pegangan ane aja gan
entahlah benar atau tidaknya
tapi apa salahnya mencoba emoticon-Ngakak
Cuma pengang dalemnya kok bree
pokoknya jangan dipegang bre nanti rusak emoticon-Cendol Gan
Disisi sopan santun juga itu kan tmpat ibadah orang budha, g sopan lah pgang2 arca. Ga ngehormatin agama lain
Diubah oleh chevfu
jangan dirusak intinya
Percuma diperingatkan, orang sini bandel-bandel
Quote:


Ane malah denger mitosnyanya juga gitu. Bukan malah mendatangkan keberuntungan. Wkwkwkwkw
Tapi setelah baca thread emang masuk akal sih kalo sampe dibuat mitos kaya gitu
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di