alexa-tracking

Mengenal Kayu Dolken Gelam, Kayu Bangunan Harga Terjangkau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af22a171cbfaae9188b4567/mengenal-kayu-dolken-gelam-kayu-bangunan-harga-terjangkau
Mengenal Kayu Dolken Gelam, Kayu Bangunan Harga Terjangkau
Kayu gelam atau kayu dolken gelam memiliki segudang manfaat di bidang pembangunan ataupun lainnya. Kulit kayu gelam saja sangat berguna untuk industri perkapalan dan Kayunya untuk bangunan. Kayu gelam sering digunakan pada bagian perumahan, perahu, kayu bakar, pagar, atau tiang sementara.

Umumnya kayu dolken gelam yang kecil dikenal dan dipakai sebagai steger pada konstruksi bagunan dengan dasar beton. Karena diyakini kayu gelam sangat baik digunakan untuk pembuatan seteger, sedangkan kayu gelam yang berdiameter besar biasa dipakai untuk cerucuk pada pekerjaan sungai dan jembatan. Kayu dolken gelam ini juga dapat dibuat arang atau arang aktif untuk bahan penyerap. Banyak orang yang menjual arang dari kayu dolken gelam.

Mengenal Kayu Dolken Gelam, Kayu Bangunan Harga Terjangkau

Spesifikasi Pohon Kayu Dolken Gelam

Pohon: Pohon kayu ini memiliki tinggi 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan.

Batang: Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung kebawah.

Daun: Jenis daun pohon gelam adalah Daun tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata, tulang daun hampir sejajar.

Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, Daun bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih.

Bunga: Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, daun mahkota warna putih, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan.

BuahBuah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua. Bijinya halus, sangat ringan seperti sekam, berwarna kuning. Banyak orang yang menggunakan buahnya sebagai obat tradisional disebut merica bolong.
Kenggulan Kayu Gelam

Kayu gelam sangat kuat untuk pembangunan atau bahan konstruksi. Kandungan serat dan selulosanya yang kompleks membuat kayu ini sangat baik untuk pembangunan bangunan baru.

Dengan kata lain aspek kekuatan dan harga adalah yang menjadikan kayu putih digunakan pada berbagai keperluan tersebut meskipun dari tingkat keawetannya cenderung rendah.

PD. Bintang Madura
0818-0624-8322
Mantap
×