alexa-tracking

Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1b4faa09a39a16f8b4567/mengapa-tenzing-norgay-dilupakan-sejarah
icon-hot-thread
Benarkah Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?
Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?


Tenzing Norgay merupakan seorang anak petani miskin yang memutuskan menjadi seorang Sherpa. Sepanjang perjalanannya menjadi Sherpa, ia telah berulang kali mengantar tamu dari negara-negara maju. Namanya menjadi terkenal ketika ia mendampingi Edmund Hillary menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di puncak Everest pada 1953. Ia mendapat gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth II, namanya pun menjadi Sir Tenzing Norgay.


Kisahnya pernah dibukukan dalam buku otobiografinya berjudul Man of Everest yang ditulis James Ramsey Ullman (1955). Inilah kisah perjuangan Sir Tenzing Norgay menggapai puncak tertinggi dunia.
Sir Tenzing Norgay lahir di Tsa Chu, Solo Khumbu, sebuah perkampungan kecil di timur laut Nepal, dekat Gunung Makalu. Ia dilahirkan pada tahun 1914, namun tak begitu mengetahui tanggal dan bulannya secara pasti. Pada saat itu masyarakat di sana hanya mengenal tahun, tanpa bulan dan tanggal. Itu pun penyebutan tahun dengan istilah binatang. 1914 merupakan tahun Yoa, atau kelinci.

Saat lahir Tenzing diberi nama Namgyal Wangdi, namun karena nama itu dianggap sebagai nama reinkarnasi dari seorang pria yang telah mati, namanya diganti menjadi Tenzing Norgay. Keluarga berharap nama itu dapat memberi keberuntungan. Tenzing berarti pendukung agama, Norgay berarti beruntung.

Tenzing menjadi anak ke-11 dari 13 bersaudara. Kedua orangtuanya Ghang La Mingma dan Kinzom bekerja sebagai petani dan peternak yak dan domba. Kehidupan di tempat lahirnya sangat keras dan miskin. Banyak anak meninggal. Dari seluruh saudaranya, hanya Tenzing dan 3 saudarinya yang dapat bertahan hidup sampai dewasa. Ayahnya meninggal pada usia 35 tahun.

Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?

Tenzing kecil bermimpi menjadi seorang Lama. Kepalanya pun digunduli dan memakai jubah khas. Namun Tenzing kabur dari biara karena seorang Lama melemparkan kayu ke kepalanya karena marah. Tenzing sudah melihat Everest sejak ia kecil. Ibunya menyebutnya Chomulungma, yang berarti gunung yang tak dapat dilalui burung. 1921, 1922 dan 1924 mulai banyak orang melakukan ekspedisi ke Everest. Dari tempat tinggal Tenzing banyak Sherpa ikut ekspedisi. Mereka kembali dengan cerita dan sepatu besar yang tak pernah dilihat Tenzing. Dari cerita itulah Tenzing untuk pertama kalinya mendengar nama Everest untuk Gunung Chomulungma. Pada 1924 cerita mengenai hilangnya George Mallory dan Andrew Irvine menjadi cerita paling diingat Tenzing.

Pada usia 13 tahun Tenzing memutuskan meninggalkan Solo Khumbu. Dia berjalan selama 2 minggu sampai tiba dan menetap di Kathmandu. Lima tahun kemudian ia kembali ke kampung halaman, namun ia memutuskan pergi ke Darjeling karena merasa tidak cocok menjadi petani. Di kota itulah untuk pertama kalinya ia melihat orang asing dari Inggris. Mereka akan melakukan ekspedisi Everest tahun 1933. Tenzing mencoba mengadu nasib menjadi pengangkut barang mereka, namun dia tidak diterima.

Tahun 1934 Tenzing mendengar cerita tentang tewasnya seorang sherpa akibat tak mau meninggalkan tamunya yang sedang berbaring lemah di kemah, saat mendaki gunung Nanga Parbat. Cerita itulah yang membuat Tenzing merasa bangga dengan seorang Sherpa.

1935 menjadi pengalaman pertamanya sebagai Sherpa. Ia awalnya ditolak karena tidak memiliki pengalaman. Namun akhirnya diterima bersama beberapa pengangkut barang muda lainnya. Orang yang menerima Tenzing saat itu Eric Shimpton. Tenzing berhasil membawa beban sampai ketinggian 7.000. Saat semua Sherpa bergembira setelah turun, Tenzing justru bersedih karena ingin mendaki lebih tinggi lagi. Setahun kemudian ekspedisi yang dipimpin Hugh Ruttledge kembali melibatkan Tenzing. Namun akibat cuaca buruk pendakian hanya sampai di ketinggian yang lebih rendah dari sebelumnya.

1938 ekspedisi dari Inggris yang dipimpin H.W Tillman melibatkan Tenzing. Untuk pertama kalinya Tenzing melihat tabung oksigen. Para Sherpa menyebutnya “udara Inggris”.  Mereka sempat terkena longsor, beruntung Tenzing dan Sherpa dapat menyelamatkan diri. Mereka harus kembali turun karena salju sangat tebal.

Setelah Perang Dunia II, 1947, Tenzing baru mendaki Everest lagi bersama pendaki dari Kanada. Mereka harus kembali sebelum tiba di North Col. Di tahun yang sama Tenzing ikut ekspedisi dari Swiss dan berhasil menggapai 4 puncak perawan, salah satunya Kadernath.
1951 Tenzing mendapat tawaran pendakian Everes dari Eric Shimpton. Tenzing ingin ikut namun ia sudah terikat kontrak Ekspedisi Perancis mendaki Nanda Devi. Pada ekspedisi ini Tenzing dan Dubos menjadi tim kedua yang berhasil menggapai puncak Nanda Devi.

Pada 1952 Tenzing kembali ikut ekspedisi pendakian Everest bersama Raymond Lambert. Saat itu Tibet sudah dikuasai Cina. Sehingga perjalanan dimulai dari Kathmandu ke Solo Khumbu. Saat tiba di Solo Khumbu Tenzing menemui ibunya setelah 18 tahun berpisah. Pendakian ini berhasil mengantarkan Tenzing dan Lambert sampai ketinggian 28.250 kaki, 500 kaki di depan mata puncak selatan Everest. Namun mereka harus turun karena sudah tak sanggup bergerak naik.

Hingga pada 1953, John Hunt dari Inggris memimpin ekspedisi mendaki Everest. Dari semua Sherpa dan pendaki, hanya Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang dapat melanjutkan pendakian. Tenzing sempat terkenang pendakiannya bersama Raymond Lambert yang sedikit lagi tiba di puncak tahun lalu.

Tenzing berjalan di depan dengan tali 10 meter yang saling terikat. Tenzing menggulung tali sampai akhirnya jarak mereka hanya sisa 2 meter. Saat sebelum mencapai puncak, Hillary lebih dulu melangkah menginjakkan kaki di puncak Everest, disusul Tenzing. Ia berhasil menggapai atap dunia setelah 7 kali pendakian.
Tenzing sempat melihat sekeliling untuk memeriksa apakah ada jejak atau peninggalan Mallory sekiranya sempat sampai di puncak. Ternyata hasilnya tidak ada. Hillary mengajak salaman dengan cara adat, namun Tenzing memeluknya dan saling memukul punggung. Tenzing yang teringat Lambert, mengencangkan syal merah pemberian Lambert.


Quote:



Saat penobatan Bangsawan di Inggris, Eric Shimpton dan Hugh Ruttledge turut hadir dalam penobatan. Mereka bangga pada Tenzing.

Source   gunung.net
image-url-apps
Dia membantu hillary menggapai impiannya. Very nice.
image-url-apps
ga dilupakan kok,dalam kisah hillary ,dia sering disebut,termasuk quote legendarisnya :

"krn pertama kali mencapai puncak mt everst adalah impian edmund hillary,bukan saya"
KASKUS Ads
image-url-apps
Koreksi dikit, gan... Sherpa itu kayak nama marga (wilayah) kl di indo, pekerjaannya tetep PORTER. Cuma krn di daerah sono yg terkenal porter dr Sherpa, makanya disebut Sherpa.

Kl dimari mah, kyk org istilahin pompa air ma sanyo. Motor bebek ma honda atau pasta gigi ma odol ( odol itu merk lho ya).

Btw, nice inpoh gan... _/\_
image-url-apps
keren nih
Quote:


Setuju gan. Thanks inponya emoticon-Wowcantik emoticon-thumbsup
image-url-apps
Tenzing kl gak salah juga dibuatkan patung deh, gan... jd bisa dibilang dia tidak dilupakan, cuma ya krn bukan "tim expedisi" dan cuma "Kuli Angkut" jd ya gak terlalu diinget ma dunia lah. Hehehe
image-url-apps
wah greget bener nih tenzing emoticon-Matabelo
image-url-apps
keren nih tenzing emoticon-thumbsup guide sejati
Tenzing Norgayemoticon-Belo

mungkin itu penyebabnya dia dilupakanemoticon-Frown
emoticon-No Sara Please
image-url-apps
Nama belakang nya ada bikin ngga enak bre, emoticon-Leh Uga
image-url-apps
begitu ye
image-url-apps
Ane sukak trit pengetahuan...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah? Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah? Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah? Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?
Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah? Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?
Mengapa Tenzing Norgay Dilupakan Sejarah?
image-url-apps
gokil ni orang









gay emoticon-Najis emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
Quote:


agak terlupakan mungkin om
image-url-apps
Quote:


emoticon-Matabelo
image-url-apps
bukannya di lupakan, karena saya baru denger nama ituemoticon-Big Grin
image-url-apps
Wah 18 tahun baru ketemu ibunya lagi.. sungguh emoticon-Matabelo
ane ga tau gan
baru denger nih
image-url-apps
Gara2 bukan pendaki mungkin
×