alexa-tracking

Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1295e1854f741628b4568/tips-tetap-sehat-saat-merawat-anak-yang-sakit
Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit
Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit

Anda pasti sedih dan cemas saat melihat anak terbaring lemas di tempat tidur karena sakit. Sebagai seorang ibu, Anda harus siap siaga untuk merawat si kecil. Tapi masalahnya, tak jarang Anda justru ikut sakit karena merawat si kecil sepanjang hari. Moms, dalam kondisi seperti itu, usahakan Anda tetap menjaga kesehatan, agar tetap optimal merawat si kecil. 

Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini agar tetap sehat saat merawat anak yang sedang sakit: 

Waspadai kontak langsung

Kontak langsung dengan si kecil tentunya tidak mungkin Anda hindari. Potensi menularnya kuman dan virus penyebab penyakit pun berpotensi besar terjadi. 

Maka dari itu, sebisa mungkin cegahlah penularannya. Di antaranya, mencuci tangan dengan bersih, memisahkan peralatan makan, hingga menggunakan masker jika memang perlu.

Tahan untuk mencium

Mencium si kecil adalah bentuk sayang dan perhatian Anda. Namun, tahan dulu Moms ketika ia sedang sakit. 

Sebaliknya, menurut Philip M. Tierno Jr., PhD, Direktur Mikrobiologi Klinis dan Imunologi di NYU Langone Medical Center, lebih baik Anda menggantinya dengan pelukan dan usapan lembut ketika ia meringkuk di tempat tidur. Katakan, “Sayang, Mama sangat mencintai Adik. Cepat sembuh ya”.

Hindarkan zona rawan kuman

Charles Gerba PhD, seorang Ahli Mikrobiologi di Bidang Ilmu Tanah, Air, dan Lingkungan di University of Arizona di Tucson mengatakan jika dapur merupakan salah satu tempat rawan kuman. 

“Bakteri dapat bertahan hidup di atas meja, sehingga kuman anak Anda dengan mudah dapat dipindahkan ke makanan Anda dan membuat semua orang sakit,” tuturnya.

Maka, upayakan anak Anda tetap berada di dalam dan tidak bepergian selama ia belum pulih betul. Selain untuk mengistirahatkan tubuhnya, juga agar potensi tertularnya kuman penyakit bisa diminimalisir.

Memisahkan barang

Virus dan bakteri dapat bertahan hidup dari satu jam hingga beberapa hari di permukaan yang lembab. Maka pisahkan barang-barang yang biasa ia gunakan bersama dengan Anda atau anggota keluarga lain. 

Penuhi asupan nutrisi

Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi ya, Moms. Jika perlu, tambahkan asupan vitamin dan mineral penting bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Agar Anda tetap sehat dan tidak mudah sakit.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/ti...nak-yang-sakit

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit

- Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ajarkan Anak Toilet Training

- Tips Tetap Sehat saat Merawat Anak yang Sakit 7 Tips Pilih Rumah Sakit bila Anak Dirawat