alexa-tracking

Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af0c4729a09514f158b4567/alien-bisa-dengan-mudah-mendeteksi-keberadaan-kita-bagaimana-caranya
icon-hot-thread
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
Sumber Gambar: Google Earth


Dari gas di atmosfer hingga satelit di angkasa, Bumi mengirim banyak sinyal bahwa ada kehidupan di sini.

Sebagai satu-satunya tempat dimana kehidupan ditemukan, planet berwarna biru pucat yang kita tinggali ini bisa dibilang batu yang aneh. Hingga saat ini kita masih merasa sendiri karena belum menemukan tanda apapun adanya kehidupan di luar sana. Tapi, siapa yang tau jika di luar sana, bertahun-tahun cahaya jaraknya terdapat mahluk cerdas yang sedang melihat ke arah kita sebagai tanda bahwa mereka tidak sendirian?

Hingga saat ini, para astronom telah mengkonfirmasi keberadaan sekitar 4.000 planet di luar tata surya kita, sebagian diantaranya diperkirakan memiliki kondisi yang diperlukan untuk menopang kehidupan. Seiring meningkatnya teknologi kita, kita perlu untuk dapat mempelajari lebih lanjut mengenai dunia tersebut dan peluang dunia tersebut untuk menjadi rumah bagi puspa, satwa, dan bahkan peradaban.

Baca Juga: Kenapa Bumi Mampu Menopang Kehidupan? Karena 7 hal ini gan.

Itu berarti jika alien ada di luar sana, mereka bisa dengan mudah menemukan kita.

Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
Langit malam di Gunung Prau, Jawa Tengah. Photograph by Johan Herdi Putra

Pertama, mereka harus mencari di mana lokasi Bumi dari jauh, baik dengan melihat matahari kita goyah ketika gravitasi planet bergerak melawannya, atau dengan melihat matahari meredup ketika Bumi menghalangi sebagian kecil sinar matahari saat mengorbit matahari. Terdapat 9 dunia alien yang diketahui dapat melihat Bumi menghalangi cahaya matahari kita, sama seperti kita telah melihat ribuan planet lain di luar tata surya meredupkan bintang induknya.

Setelah ditemukan, planet kita kemungkinan akan menjadi intrik E.T. (Ekstra Terrestrial, alias ruang angkasa) Matahari kita relatif stabil, tidak rentan terhadap suar bencana yang akan merobek atmosfer kita sampai hancur. Terlebih lagi, kita berada tepat di dalam zona layak huni (habitable zone) matahari kita, daerah di sekitar bintang di mana air dapat bertahan di permukaan planet dalam bentuk cair. (Ini hanya beberapa hal yang membuat adanya kehidupan di Bumi.

Para ilmuwan di planet sana mungkin mencoba untuk menemukan atmosfer kita, untuk melihat apakah elemen-elemen kimia di sini sudah tepat untuk menopang kehidupan. Tapi apa yang akan mereka cari? Dan bisakah mereka benar-benar menyimpulkan keberadaan kehidupan yang berjaraak triliunan kilometer?

Tanda Pertama: Gas

Jika kamu takut memberi tanda kepada alien akan keberadaan kehidupan di planet kita ini, salah satu tanda tersebut telah muncul sejak 2 miliar tahun yang lalu. Melimpahnya oksigen di planet kita menjadi petunjuk penting bahwa ada kehidupan di planet ini.

Oksigen adalah unsur yang sangat reaktif, dapat dengan mudah bercampur ke atom dan molekul lain dengan sigap sehingga sangat jarang keberadaannya melimpah, kecuali ada sesuatu yang mengurai senyawa yang mengandung oksigen kembali menjadi O2. Di Bumi, tugas ini dilakukan oleh tanaman yang berfotosintesis. Merekalah pabrik oksigen di bumi kita.

Tetapi keberadaan oksigen saja tidak akan cukup bagi mereka untuk membuktikan keberadaan kita. "Kami telah menemukan beberapa cara di mana O2 dapat terakumulasi walaupun tidak ada kehidupan," kata Stephanie Olson, seorang ahli astrobiologi di University of California, Riverside. “Tingkat O2 yang tinggi, atau proses yang berpuncak pada tingkat O2 yang tinggi, sebenarnya dapat menghalangi munculnya kehidupan di beberapa planet.”

Selain molekul oksigen, astronom asing akan melihat tingkat nitrogen, karbon dioksida, nitrogen oksida, dan metana di atmosfer kita. Hanya mahluk hidup yang bisa menjaga Bumi secara kimiawi dan membuat semua gas tersebut ada di saat yang bersamaan.

TERRA COGNITA?

Selain petunjuk-petunjuk kimia tersebut, para alien yang menjadi astronom dengan teleskop yang sangat besar bahkan mungkin dapat memetakan Bumi dari jauh, ke daerah-daerah perkotaan besar.

Dalam sebuah paper yang diterbitkan pada arXiv pada tahun 2017, astronom Svetlana Berdyugina dan Jeff Kuhn menguraikan bagaimana para astronom benar-benar dapat memetakan permukaan planet alien yang berjarak bertahun-tahun cahaya jauhnya. Untuk menarik kartografi ekstrem semacam itu, mereka membutuhkan teleskop selebar 130 kaki (40 meter), yang dibuat khusus hanya untuk satu tugas: melihat cahaya samar-samar yang terpantul dari planet asing. Variasi dalam hal ini memantulkan cahaya dari waktu ke waktu akan berkonotasi perbedaan regional pada bentuk planet.

Sebagai bukti dari konsep tersebut, yang disebut ExoLife Finder, atau ELF, Berdyugina dan Kuhn mensimulasikan bagaimana alien terdekat menggunakan teleskop akan melihat Bumi. Dari 25 triliun mil jauhnya, alien tersebut tidak hanya bisa memetakan benua Bumi, tetapi mereka juga bisa melihat tanda-tanda kehidupan cerdas dan peradaban.

"Teleskop ELF memiliki kepekaan untuk melihat cekungan Los Angeles," kata Kuhn. "Kami tidak melihat lampu, tetapi kami melihat tanda tangan panas." Tim mereka, The Planets Foundation, sekarang sedang membuat teleskop cermin tunggal di Hawaii untuk menguji teknologi yang mendasarinya. Jika semua berjalan sesuai rencana, mereka mengatakan membangun ELF adalah hal yang mungkin bisa dilakukan dalam satu dekade kedepan.

“ini akan menjadi seperti Star Trek, the reality show,” kata Berdyugina. “kita dapat mengunjungi planet-planet tersebut secara virtual.”

Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?

Kecerdasan Maju

Jika kehidupan cerdas ada di sekitar sini, cara paling mudah untuk menemukan penduduk bumi adalah dengan mendengarkan kita. Selama satu abad terakhir, peradaban manusia telah menyiarkan eksistensinya ke kosmos melalui transmisi radio kita yang terpancar ke segala arah. Kita telah menyiarkan pesan kepada alien dengan sengaja sejak ditemukannya radio, dan mengirim catatan emas ke ruang hampa dengan kemungkinan bahwa alien mendapati spacecraft antarplanet kita.

Alien tidak akan bisa mendeteksi keberadaan radio kita, apalagi catatan emas kita, kecuali mereka berjarak kurang dari 944 triliun kilometer dari Bumi. Jika kehidupan cerdas lebih jauh dari itu, sinyal radio kita yang paling awal belum mencapai mereka, mengingat sinyal juga merambat dengan kecepatan yang terbatas, yaitu kecepatan cahaya.

Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?


Namun dalam beberapa abad ke depan, alien cerdas dapat melihat tanda-tanda lain dari kecanggihan teknologi kita. Dalam penelitian yang baru-baru ini diterima oleh The Astrophysical Journal, misalnya, astrofisikawan Hector Socas-Navarro mengatakan kita bisa menemukan kehidupan cerdas dengan mencari satelit buatan yang mengorbit dunia alien. Dan itu berarti mereka dapat menemukan kita menggunakan metode yang sama.

Ketika dunia yang dikelilingi satelit di depan bintang asalnya, satelitnya akan menghalangi cahaya bintang di depan dan di belakang planet yang diorbitnya. Sabuk logam ini akan terlihat tidak alami jika dibandingkan dengan cincin planet yang biasanya (Seperti di Saturnus).

Saat ini, jaringan satelit Bumi tidak cukup dekat untuk dideteksi, juga tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tapi jejak kita di ruang angkasa tumbuh secara eksponensial: Jika kita terus meluncurkan satelit dengan jumlah seperti saat ini, Socas-Navarro mengatakan dalam studinya, alien terdekat yang dilengkapi dengan teleskop secanggih yang kita miliki hari ini dapat melihat satelit kita pada tahun 2200.

Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?

Angin Perubahan

Tentu saja, Bumi sudah berusia lebih dari 4,5 miliar tahun, dan kehidupan telah banyak berubah selama ribuan tahun. Bagaimana jika para alien yang menjadi astronom telah melihat perjalanan kita bahkan sejak satu miliar tahun yang lalu?

Dalam paper yang ditulis pada tahun 2018 di Science Advances, Olson dan rekan-rekannya menyimulasikan bagaimana atmosfer Bumi telah berubah dari waktu ke waktu. Bahkan tiga miliar tahun yang lalu, alien mungkin bisa menyimpulkan adanya kehidupan dengan mendeteksi adanya metana dan karbon dioksida di atmosfer awal. Tetapi atmosfer modern kita — tanda kehidupan yang sangat jelas — baru muncul sekitar 500 juta tahun yang lalu.

"Selama lebih dari satu miliar tahun sejarah Bumi, seorang astronom alien mungkin telah cukup disesatkan untuk menyimpulkan bahwa Bumi itu steril — terlepas dari fakta bahwa kehidupan sedang berkembang di lautan kita pada saat itu," kata Olson.

Namun, jika alien itu maju dan cukup berkomitmen, bahkan keadaan Bumi awal akan menghasilkan petunjuk yang meyakinkan untuk kehidupan, kata rekan penulis studi Joshua Krissansen-Totton dari University of Washington.

"Keberadaan kehidupan di Bumi sudah cukup jelas selama 4 miliar tahun terakhir bagi siapa saja yang bisa membangun teleskop yang cukup besar," katanya dalam email. “Jika ada alien yang jahat di luar sana, maka mereka akan memusnahkan kehidupan di Bumi sejak lama. Saya pikir kita aman mengundang mereka untuk bertamu dan bertukar catatan tentang kosmos. ”

Jika alien adalah sesuatu yang mirip dengan kita, mungkin berita bahwa mereka tidak sendirian di alam semesta tidak akan sama dengan menghancurkan bumi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Psychology pada bulan Februari, para peneliti menemukan bahwa manusia, setidaknya, akan mengambil penemuan kehidupan asing dengan tenang.

“Orang-orang akan mampu mengakomodasi penemuan ilmiah berdampak tinggi tanpa pandangan dunia mereka runtuh,” kata teolog bernama Ted Peters pada saat itu.

Tetapi seperti kita, makhluk asing mungkin takut akan kemungkinan permusuhan, jika makhluk luar angkasa cerdas lain — dalam hal ini, manusia — tiba tanpa pemberitahuan di depan pintu kosmik mereka.

"Tentu saja," tambah penulis studi Michael Varnum dari Arizona State University, "Saya juga akan memprediksi bahwa jika armada bermusuhan muncul di dekat Jupiter, kita tidak akan bahagia."


SUMUR: National Geographic
AYY LMAO
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


jah, malah ketiwo
image-url-apps
Ane sukak trit alien...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya? Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya? Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya? Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya? Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
image-url-apps
Dari sudut pandang alien itu sendiri
Hmm..menarik sekali

image-url-apps
Apakah yg dimaksud trit ini contohnya adalah burung ababil yg memerangi laknatullah abrahah?
Ataukah hewan melata yg muncul dan bisa berbicara pada akhir zaman seperti yg tersurat dala AlQuran?
Wallahua'lam
Tidak ada sesiapapun di langit dan di bumi melainkan dia akan datang kepada (Allah) Ar-Rahman, sebagai hamba. (QS. Maryam: 93)
image-url-apps
Mungkin alien sebenarnya sudah membaur di antara masyarakat. Ky film MIB gan
image-url-apps
Jangan ae yg dteng mcm orng2 saiyan. bsa2 meleduk nih planet
image-url-apps


Quote:

betul gan... itu contohny kyk yg punya fb, alien tipe kadal

#canda emoticon-Peace
atas ane alien,,emoticon-Leh Uga
image-url-apps
dengan alat pendeteksi manusia gan
image-url-apps
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
bikin kaget
manusia otaknya udah pada stres
mikirin hal-hal yang ga penting
emoticon-Cool
apa alien itu bisa seks dgn manusia emoticon-Entahlah
iron man alien bukan bre
Quote:


Besok cobain aja gan kalo nemu
image-url-apps
Alien Bisa Dengan Mudah Mendeteksi Keberadaan Kita. Bagaimana Caranya?
image-url-apps
Ane taunya Alienware bree
image-url-apps
kita makhluk paling sempurna, gak ada yang bisa menaklukkan manusia emoticon-Cool
×