alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aefa7e5947868443b8b4572/upaya-menyelamatkan-terumbu-karang-di-karimunjawa

Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa

Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa
Kapal menarik tongkang bermuatan batu bara di sungai Mahakam, Indonesia.
Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah--destinasi wisata yang populer sebagai kawasan konservasi Taman Nasional sejak 2001--tengah menghadapi permasalahan serius terkait terumbu karang.

Warga setempat menganggap, upaya penyelamatan kerusakan terumbu karang di Karimunjawa tak setanggap reaksi ketika insiden serupa menimpa Kepulauan Raja Ampat.

Yarhannudin alias Ambon, pegiat wisata asal Karimunjawa yang juga anggota komunitas Alam Karimun (Akar), mengungkapkan keprihatinannya pada CNN Indonesia.

Menurutnya, kerusakan terumbu karang Karimunjawa semakin mengkhawatirkan karena terjadi di banyak titik, bahkan banyak yang mati dan tak lagi ditemukan.

"Ada sejenis terumbu karang yang beruas-tuas, putih-hitam, itu saya tidak pernah melihat lagi. Dulu waktu saya masih kecil itu banyak sekali," kenang Ambon.

Rusaknya terumbu karang, katanya pada Antara, juga berdampak pada mata pencarian penduduk yang sebagian besar nelayan. Keindahan alam yang rusak pun mengancam industri pariwisata.

Ambon memaparkan sejumlah alasan mengapa terumbu karang rusak, di antaranya penggunaan potas dan cantrang oleh nelayan setempat, juga coral bleaching.

Namun, penyebab utamanya, kata dia, adalah kapal tongkang batu bara. Kapal tongkang yang bersandar kerap kali menabrak terumbu karang di dasar pantai.

Temuan komunitas Akar bersama Indonesia Coralreef Action Network (I-Can) pada 2017 menyebutkan, ulah tongkang sandar mengakibatkan kerusakan terumbu karang di seluruh kawasan konservasi dengan jumlah melebihi dua ribu meter.

Padahal, kawasan tersebut merupakan zona pelayaran tradisional, bukan tempat tambat labuh kapal besar.

Berdasarkan hasil penelitian yang dirilis Greenpeace pada Mei 2018, tiga daerah di Karimunjawa mengalami kerusakan terumbu karang paling tinggi. Ada yang patahan karangnya berbentuk bak jah dan ada pula yang hancur berkeping-keping akibat tergilas tongkang.

Legon Bajak jadi lokasi terparah dan terdampak paling luas. Kapal tongkang yang ditarik oleh kapal tunda (tug-boat) menyebabkan 47,23 persen karang mati di sepanjang 231 meter area penelitian.

Di Pulau Tengah, ditemukan 59,7 persen karang mati dari luas area penelitian 100 meter. Kerusakannya tergolong baru karena patahan karang masih terlihat. Sementara di Pulau Cilik, terdapat 22 persen karang mati di sepanjang 50 meter area penelitian.

Juru bicara Greenpeace Indonesia, Rahma Shofiana, mengatakan, kerusakan itu sebetulnya sudah lama. Akan tetapi, kapal-kapal tongkang tetap nakal memasang jangkar di sekitar pulau Karimunjawa. Selain itu, mereka juga mematikan radar agar tidak terdeteksi polisi laut dan udara.

Oleh karena itu, pada Rabu (2/5), aktivis Greenpeace berupaya menyelamatkan terumbu karang dengan "mengusir" kapal tongkang yang kedapatan sedang beroperasi. Para aktivis juga membentangkan pesan Coral Not Coal, #BreakFreeFromCoal, dan Coal Kills.

Bersamaan dengan aksi damai tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menjanjikan akan segera menindak hukum sekaligus berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional untuk menghentikan kerusakan terumbu karang akibat lalu lintas tongkang.

Pihak Greenpeace pun berencana menempatkan kamera pengawas di beberapa titik untuk memantau keberadaan kapal tongkang yang memasuki kawasan Taman Nasional Karimunjawa.
Langkah sederhana menyelamatkan terumbu karang
Memang, memberantas tongkang merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan sejauh ini. Selain itu, beralih dari energi batu bara ke energi terbaru juga bisa jadi solusi jangka pendek. Sementara solusi paling radikal, adalah mengurangi emisi karbon.

Paling sederhana, Anda bisa mulai menghentikan penggunaan tabir surya berkandungan oxybenzone dan oktinoksat kala melancong ke sekitar pantai ataupun perairan alam lain karena memiliki efek mematikan karang.

Pelarangan tabir surya ini sudah diterapkan lebih dulu di Amerika Serikat. Hawaii menjadi negara bagian pertama yang melarang penggunaan tabir surya berkandungan bahan-bahan tersebut.

Paparan oxybenzone memudahkan virus menyerang terumbu karang dan mengancam daya tahannya terhadap perubahan iklim sehingga DNA karang bisa rusak. Lalu, siklus hormonalnya juga terpengaruh sehingga mengalami kelainan bentuk.

Studi 2015 menyimpulkan bahwa oxybenzone yang kita pakai saat berenang di laut atau dibuang ke laut sebagai limbah saat membilas diri di pancuran, membuat karang-karang, khususnya karang muda dan bayi karang, lebih rentan mengalami peristiwa pemutihan.

Pemutihan bisa terjadi ketika suhu laut memanas, membuat polip karang stres, dan bereaksi dengan 'mengusir' ganggang yang hidup di atasnya. Ganggang berfungsi memberi warna pada terumbu karang sekaligus sumber energi .

Terumbu karang tanpa ganggang membuatnya kehilangan warna dan berakhir transparan. Mereka bukan hanya kelaparan, tapi juga memperlihatkan struktur kalsium di tubuhnya yang membuat terumbu karang tampak putih.

Saat ini di dunia, perubahan iklim dan pemanasan global semakin memperpendek siklus pemutihan.

Masalahnya, dengan kondisi alam seperti sekarang masa pemulihan karang diperkirakan berlangsung sekitar 25-30 tahun. Waktu tercepat mungkin sekitar 10-15 tahun. Artinya, mereka tak punya waktu memulihkan diri.

Padahal tiap tahun, terumbu karang tumbuh hanya lima sampai dengan 10 sentimeter. Jadi, jangan heran bahwa karang-karang tinggi memesona yang Anda lihat saat ini sebetulnya sudah berusia 10.000-20.000 tahun.
Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-karimunjawa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa Menilik kereta MRT Jakarta

- Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa JK kandidat kuat cawapres buat Jokowi

- Upaya menyelamatkan terumbu karang di Karimunjawa Oplosan dikonsumsi anak, NU DKI berjihad

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di