alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeeeb14162ec2651d8b456e/ingat-tuas-transmisi-bukan-tempat-sandaran-tangan

Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan

Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan

Mengemudikan mobil bertransmisi manual bisa dikatakan satu level lebih tinggi dibanding pengemudi mobil matik. Ini dikarenakan kemampuan untuk menyetir kendaraan dengan tiga pedal --harus diakui-- memerlukan skill yang lebih. 

Selain kaki harus terbiasa menginjak dan melepas pedal kopling, tangan kiri pun juga harus menerima konsekuensi yang serupa yakni memindahkan gigi lewat tuas transmisi lebih sering. Hanya saja, banyak pengemudi yang tidak ingin repot-repot dan memilih mengistirahatkan tangan kirinya di atas tuas transmisi.    

Menurut pebalap nasional dan pendiri Rifat Drive Labs, Rifat sungkar, kebiasaan meletakkan tangan di tuas transmisi adalah kesalahan total, karena sejatinya posisi kedua tangan yang paling tepat adalah terus menggenggam setir kemudi.  

"Sebenarnya tugas pengemudi saat menyetir adalah menempatkan kedua tangan kita di titik tangan penempatan setir, yaitu menyerupai jarum jam 10 lewat 15 atau 9 lewat 15," ujar Rifat kepada kumparanOTO, Sabtu (5/5). 

"Kalau hanya mengandalkan satu tangan untuk belok, ke kanan contohnya, itu akan cepat reaksinya karena posisi tangan yang menggenggam setir, tapi kalau harus bereaksi belok ke kiri, itu pergerakan badannya tidak secepat saat belok ke kanan karena tangan kiri tidak ikut bekerja alias berada di tuas transmisi,"

Menurut pria yang lahir 40 tahun lalu itu, bermanuver dengan kedua tangan pada posisi yang tepat akan memberikan kekuatan dan momentum yang sama, baik saat berbelok ke kanan atau pun ke kiri. 

"Kalau meletakkan kedua tangan pada posisi yang benar di setir, untuk belok ke kiri atau ke kanan, kesempatan dorong dan tariknya itu akan sama," tambah Rifat. 

Terakhir Rifat selalu menganjurkan untuk selalu memindahkan tangan kiri kembali ke setir kemudi setelah mengganti gigi, karena tuas transmisi tidak dirancang untuk digenggam terus menerus apalagi dijadikan sebagai sandaran tangan atau armrest

"Mengistirahatkan tangan di tuas transmisi sebetulnya itu bukan hal yang dianjurkan, karena tuas transmisi hanya digunakan untuk memindahkan gigi, enggak ada kegunaan lain seperti armrest itu enggak ada. Buat kenyamanan pengemudi juga enggak ada, jadi setiap habis ganti gigi kembalilah ke posisi sempurna yaitu menempatkan genggaman di setir," 

Hayo, siapa dari kamu yang masih suka pegang tuas transmisi saat nyetir? Hindari kebiasaan itu mulai sekarang ya!

Ingin tahu banyak segala tips otomotif kumparan? Klik tautan berikut.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanoto/in...andaran-tangan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan

- Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan Berkendara dengan Mobil Matik: Kaki Kiri Harus Diistirahatkan

- Ingat, Tuas Transmisi Bukan Tempat Sandaran Tangan 3 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di