alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee83f0dad77025058b456b/normalkah-anak-yang-jago-kandang

Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'?

Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'?

Tingkah si kecil saat usia masuk sekolah kerap membuat Anda jadi bertanya-tanya. Misalnya saja kalau anak jadi 'jago kandang'! Ia berani dan banyak berbicara bahkan beraksi di rumah. Ia mungkin suka bernyanyi, menyampaikan pendapat, banyak tertawa dan sebagainya. Namun begitu sampai di sekolah, ia berubah jadi pemalu dan tidak seluwes saat di rumah.

Menurut Psikolog Dra. Ratih Ibrahim, MM., kepada kumparanMOM (kumparan.com), anak yang 'jago kandang' itu biasa dan wajar kok, Moms. Alasannya, rumah merupakan tempat yang nyaman, aman dan sudah ia kenal lama, jadi ia bisa percaya diri.

"Nanti lama-lama, saat anak sudah merasa ia mengenal tempat yang baru, dia juga bisa mengeksplorasi dan tidak jago kandang lagi," kata Ratih.

Peran orang tua tak kalah penting, yakni jangan lupa mendampingi dan memberikan arahan. Anda bisa mengatakan, "Sayang, hati-hati ya kalau lari-larian di mal, nanti kamu menabrak orang bisa jatuh". 

Selain itu, Anda juga bisa membantu anak mempersiapkan diri sebelum mengajaknya ke lingkungan baru. Anda dapat mengatakan kepada anak sebelum berangkat, kalau kita akan pergi mengunjungi tempat baru.

Jelaskan atau beri gambaran singkat si kecil yakni, seperti apa suasananya, akan ada siapa saja, apa yang akan ditemukan di sana, dan sebagainya. Datang ke lokasi lebih awal juga bisa membantu anak untuk 'skrining' tempat baru, tanpa distraksi.

Dengan demikian, si kecil akan lebih siap dan tidak kaget. Yang tak kalah penting pula yakni jangan memarahi dan memaksa anak untuk cepat-cepat beradaptasi ya, Moms. Itu justru membuat anak bisa trauma dan sedih.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/no...g-jago-kandang

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'? Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'?

- Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'? Pentingnya Imunisasi untuk Anak

- Normalkah Anak yang 'Jago Kandang'? Heididorf: Desa Wisata yang Terinspirasi dari Dongeng Anak

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di