alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee7b7c582b2eac098b4584/5-aktivitas-yang-bisa-kamu-lakukan-di-setu-babakan

5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan

5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan

Di ujung selatan Kota Jakarta, tepatnya hampir 'menyerempet' kota Depok ada sebuah kawasan Cagar Budaya Betawi. Adalah Setu Babakan, sebuah pusat perkampungan budaya yang tugasnya untuk menjaga dan melestarikan budaya khas Betawi.

Berada di lahan seluas 289 hektare, Setu Babakan menjadi saksi bisu betapa kayanya budaya Betawi di tengah semakin modernisasi kota Jakarta. Sejak 2004 lalu, Setu Babakan tak pernah sepi dari pengunjung, baik dalam maupun luar negeri.

Setu Babakan juga sering dijadikan lokasi berbagai event. Selain itu, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Apa saja?

1. Belajar Budaya Betawi

Yang pertama, tentunya Setu Babakan menjadi lokasi untuk mengenal dan belajar lebih jauh tentang budaya Betawi. Seperti title yang tersemat padanya, yaitu Cagar Budaya Betawi. Di sini wisatawan bisa mengenal dan melihat rumah adat khas Betawi, mencicipi sajian kuliner yang menggungah selera, membeli batik khas Betawi, hingga melihat tarian khas Betawi.

Nuansa perkampungan, suguhan danau yang indah, serta pepohonan yang rindang akan menyertai langkah kaki para pengunjung yang tengah berwisata di sini.  

2. Wisata Kuliner

Selain kaya dengan budaya khas Betawi, Setu Babakan juga kaya ragam kuliner yang lezat dan menggoda. Sepanjang danau di kelilingi kios-kios yang menjajakan kuliner khas Betawi.

Sebut saja, bir pletok, kerak telor, es selendang mayang, tauge goreng, es potong, rujak bebek, arum manis, nasi uduk, hingga kue rangi berjejer rapi. Sembari menyantap kuliner, kelezatannya akan semakin bertambah jika memilih tempat duduk dengan view danau.



3. Main Sepeda Air

Setu Babakan juga memiliki sebuah danau buatan dengan kedalaman hingga 5 meter, serta luas mencapai 32 hektare. Seperti danau pada umunya yang dimanfaatkan untuk wisata air, Danau Setu Babakan pun demikian.

Ada fasilitas untuk bermain sepeda air, saat kumparanTRAVEL mengunjungi Setu Babakan pada Kamis (3/05), terlihat ada 19 sepeda air yang siap disewa bagi mereka yang ingin menikmati danau.

Harga yang dipatok pun sangat murah, cukup merogoh kocek mulai dari dari Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu, pengunjung sudah bisa menyewa sepeda air yang dibuka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.



4. Memancing

Danau Setu Babakan selain menawarkan bermain sepeda air, juga digunakan untuk memancing. Bahkan memancing merupakan salah satu aktivitas yang digandrungi wisatawan di danau ini.

Tak hanya digemari warga sekitar, warga dari luar pun juga bisa memancing di Danau Setu Babakan. Cukup membawa alat pancing dan jika beruntung pemancing bisa mendapatkan ikan mujaer, ikan mas, hingga ikan sapu-sapu.

Tapi tenang, walau para pemancing mendapat ikan, pengunjung tak akan dikenakan biaya apa pun. Menarik, bukan?



5. Olahraga

Dan yang terakhir, pengunjung yang datang juga bisa berolahraga di pinggir danau. Jalanan dengan paving block yang rapi bisa dimanfaatkan untuk lari atau bersepeda. 

Saat weekday, pengunjung biasanya akan datang untuk berolahraga di sore hari. Sebaliknya, ketika weekend, kebanyakan pengunjung akan datang berolahraga di pagi hari. Yang perlu diingat dan digarisbawahi, walau kawasan ini bisa digunakan untuk olahraga, tapi Danau Setu Babakan tidak bisa digunakan untuk berenang.



Jadi, kapan kamu berwisata ke Setu Babakan?



Sumber : https://kumparan.com/@kumparantravel...i-setu-babakan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan Polisi: Deklarasi #2019GantiPresiden di Luar Area CFD

- 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan

- 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Setu Babakan Pengacara Pengganti Orangtua Bocah Korban Tewas di Monas Cabut Laporan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di