alexa-tracking

Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee703b1ee5dfdd308b457f/diplomasi-indonesia-berada-di-tangan-kita-semua
Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua
Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua

Saat ini semua negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri dalam menyambut sebuah era baru yang dikenal dengan era digital. Era digital ditandai dengan semakin meningkatnya pengguna internet dan sosial media. Data statistik yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan media dunia “we are social” melalui halaman websitenya menunjukan sebuah fakta yang mencengangkan. Hingga Januari 2018 tercatat bahwa pengguna internet di dunia telah menembus angka 4 miliar.

Meningkatnya pengguna internet di dunia juga telah berimplikasi kepada semakin meningkatnya pengguna platform media sosial. Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara dengan presentase tertinggi untuk peningkatan pengguna internet dan media sosial dari tahun ke tahun. 

Internet dan media sosial telah membawa perubahan besar dalam bagaimana individu berinteraksi dan terhubung satu dengan yang lain. Seseorang dapat terhubung dengan banyak orang dan dengan jangkauan yang sangat luas hanya dengan mengakses internet dan media sosial. 

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan pesat dibidang informasi dan teknologi digital serta peningkatan pengguna internet dan media sosial telah membawa perubahan besar dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam berdiplomasi. 

Dalam era interkonektivitas seperti saat ini, diplomasi tidak lagi semata-mata menjadi tugas atau hak istimewa dari para diplomat. Saat ini individu dari seluruh dunia memiliki kemampuan untuk berbagi informasi dan ide-ide serta bekerja sama untuk menyelesaikan tantangan dan menjembatani perbedaan.

Setiap orang dapat berdiplomasi, seperti mempromosikan indahnya pariwisata Indonesia, lezatnya kuliner Indonesia ataupun mempromosikan bagaimana demokrasi berjalan dengan harmonis di Indonesia, hanya melalui unggahan-unggahan yang kita sampaikan melalui platform media sosial kita masing-masing. Dari unggahan-unggahan inilah, dunia dapat lebih mengenal Indonesia. 

Di era digital ini, sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan apa yang kita unggah melalui media sosial kita, karena setiap unggahan yang kita sampaikan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. 

Sebuah unggahan positif mengenai Indonesia akan membawa dampak positif terhadap citra positif Indonesia di mata dunia, dan begitupun sebaliknya. Sebuah unggahan negatif dapat memberikan citra buruk terhadap Indonesia.

Dengan semakin banyak dan mudahnya kita dalam meng-akses informasi, kita juga harus lebih pandai dalam menyikapi informasi yang tersebar. Melakukan valid tidaknya sebuah informasi merupakan sebuah langkah yang wajib kita lakukan. 

Seringkali informasi yang tersebar di dunia digital hanyalah informasi hoax yang terkadang bertujuan untuk memecah belah kesatuan dan persatuan sebuah bangsa. 

Untuk itu, marilah kita menghadapi tantangan yang diberikan era digital ini dengan sikap yang positif. Marilah kita manfaatkan perkembangan teknologi digital sebagai alat untuk melakukan diplomasi. Dengan mengunggah hal-hal yang produktif dan positif mengenai Indonesia, citra positif di kancah internasional akan diperoleh.

Ingatlah teman-teman semua, diplomasi Indonesia berada di tangan kita semua.





Sumber : https://kumparan.com/aidil-khairunsy...gan-kita-semua

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua

- Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska

- Diplomasi Indonesia Berada di Tangan Kita Semua Fenomena Sosial Jelang Bulan Ramadhan di Indonesia