alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee5f6412e2574b518b4567/kumbang-bombardir-menjadi-inspirasi-pembuatan-bom-kimia

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia



Kalian tahu kumbang adalah mahluk yang lambat namun sering sekali di ibaratkan nakal layaknya lelaki yang sering menganggu oleh para wanita. Namun sebenarnya kumbang memang menganggu para petani menjadi hama. Tapi tahukah kalian ada kumbang yang bisa menembak predatornya atau ketika terdesak dengan gas panasnya.

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia

Dialah kumbang Bombardir yang merupakan kumbang tanah (Carabidae) dalam genus-genus Brachinini, Paussini, Ozaenini, atau Metriini (yang lebih dari 500 spesies). Kenapa diberi nama "bombardir" karena mekanisme pertahanan mereka yaitu: ketika terganggu, mereka menyemprotkan cairan kimia panas dari ujung perut mereka, dengan suara letupan seperti bom bahkan letupan itu bisa berulang kali di keluarkan. Seperti yang dilansir dari versesofuniverse.blogspot.co.id (02/05/14).

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia

Cairan yang meletup ini dihasilkan oleh reaksi antara dua senyawa kimia, hydroquinone dan hidrogen peroksida, kedianya disimpan dalam kantong terpisah di perut kumbang dan dicampur saat dibutuhkan dalam ruang ketiga dengan air dan enzim katalitik. Panas dari reaksi membuat campuran mencapai titik didih air dan menghasilkan gas yang mendorong ejeksi. Efek dari tembakan si kumbang tadi dapat berakibat fatal bagi serangga penyerang dan makhluk kecil lainnya serta menyakitkan jika terkena kulit manusia. Beberapa kumbang pengebom dapat mengarahkan semprotan atas berbagai arah.

Kumbang Bombardir sendiri menghuni sebagian besar benua, kecuali Antartika. Mereka biasanya tinggal di hutan atau padang rumput di daerah beriklim sedang, tetapi dapat ditemukan di lingkungan lain jika ada tempat-tempat lembab untuk bertelur. Sebagian besar spesies kumbang pengebom adalah karnivora, termasuk larvanya. Kumbang biasanya berburu serangga lain di malam hari, tetapi biasanya sering berkumpul dengan kumbang lain dari spesiesnya ketika tidak aktif mencari makanan. Kumbang bombardir hanya menggunakan "senjata kimianya" untuk bertahan tak pernah terjadi untuk menyerang makanannya seperti cacing dan serangga kecil lainnya.

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia

Kedua senyawa reaktan kimia , hydroquinon dan hidrogen peroksida , yang disekresikan oleh kelenjar khusus dan disimpan dalam kantong terpisah di ujung belakang abdomennya. Ketika terancam, kumbang mengkontraksika otot-ototnya sehingga membuka katup wadah dan memaksa dua reaktan ke dalam ruang pencampuran berdinding tebal dilapisi dengan sel-sel yang menghasilkan enzim termasuk catalases dan peroksidase.

Dalam ruang pencampuran, enzim-enzin dengan cepat memecah hidrogen peroksida, melepaskan oksigen bebas dan mengkatalisasi oksidasi hydroquinon menjadi p-kuinon. Reaksi ini sangat eksotermik, dan energi yang dilepaskan meningkatkan suhu campuran hingga mendekati 100 °C, menguapkan sekitar seperlimanya. Penumpukan tekanan yang dihasilkan memaksa katup masuk dari ruang penyimpanan reaktan untuk menutup, sehingga melindungi organ internal kumbang. Cairan yang berbau busuk dan mendidih ini sebagian menjadi gas dan dikeluarkan secara eksplosif melalui katup outlet, dengan suara letupan keras.

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia

Hal ini lah yang di pelajari manusia hingga menjadikan bom kimia atau campuran bom seperti yang kita tahu banyak bom yang dibuat dari bahan kimia yang bersifat pembawa oksigen dalam proses peledakan atau pembakaran oksigen. Dalam kelompok ini antara lain asam sulfat, asam nitrat, asam oksalat, hidrogen peroksida, natrium broksida, kalium peroksida, kalium klorat, kalium nitrat, kaporit, dan zat asam.

Ternyata para peneliti membuat bom melihat dari alam, walau fungsinya adalah untuk menciptakan kerusakan. Sungguh sayang sekali ya kawan emoticon-Frown

Monggo, seruupuuutt dolo

Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia


by c4punk@2018


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Klo buat ngerjain temen jahat juga y....emoticon-Ngakak
buat jailin kawan good tuh
Pertama Ane lihat binatang ini, kirain beracun tuch asapnya Gan... emoticon-Takut

Ane jadikan HT ya Gan...Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia
Barutau bre, keren bener namanya
Kumbangnya bisa kentut ya :melongo
liat sekilas kok kayak kutu kasur yak emoticon-Ngakak
Sekilas kayak undur-undur
Quote:


Quote:


Mampir ahhh

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Makasih yg dah coment...
Quote:


Monggo om. Biar sedikit berrwarna pejwan sayaemoticon-Leh Uga
dilarang oleh PBB gak tu gan?
kentut bom
wiih oom TS nya juga masih semangat ngeboom thread.. emoticon-Leh Uga


Kumbang Bombardir Menjadi Inspirasi Pembuatan Bom Kimia
Quote:


hahaha....biarin rame dah om...
Quote:


Goood oom.. sementara yg lain mulai tiarap ente masih ngeksis... emoticon-Berduka (S)
Quote:


tiarap melolo si om...tp gedean receh yg tiarap daripada yg eksis emoticon-Big Grin
Quote:


Wkwk.. aamiinin deh ya.... sukses juga buat ente... emoticon-Shakehand2
Quote:


Aminnn...om sukses terus juga buat om krim..
akankah HT?
walik
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di