
Berjumpa lagi dengan ane BayuSumardi, gansis

, kali ini ane akan membahas tentang game-game yang mempunyai ukuran terkecil yang pernah ada

Kebanyakan game-game sekarang-sekarang ini rata-rata tidak kurang dari 1 GB, dan bagus atau tidaknya game tersebut tidak tergantung terhadap ukurannya. Ada banyak sekali game berukuran kecil yang dirilis pada era 8-bit maupun era gaming modern

Nah, dalam game-game kecil tersebut ada suatu deretan game yang paling kecil, sehingga bisa dimainkan diplatform apa saja

Game-game tersebut adalah:
Quote:
Quote:
Quote:
Pengembang (Developer): Farbrausch
Engine: Werkkzeug
Platform: Microsoft Windows
Tahun rilis: 2004
Genre: FPS
.kkrieger(dari Bahasa Jerman
Krieger, yang artinya ksatria) adalah video game first person shooter yang dibuat oleh demogrup Jerman bernama .theprodukt (bekas subdivisi
Farbrausch), yang memenangkan posisi pertama dalam kompetisi game 96 kilobyte di Breakpoint pada April 2004. Game ini masih tetap dalam versi beta hingga sekarang ini.
.theprodukt telah mengembangkan .
kkrieger semenjak pertengahan tahun 2002, menggunakan alat buatan mereka yaitu .werkkzeug. Mereka menggunakan versi .werkkzeug yang tidak dirilis bernama .werkkeug3. Source code dari .kkrieger dan .werkkzeug3 telah dirilis oleh grup tersebut pada tahun 2014, dan menggunakan antara lisensi BSD atau public domain.
Game ini hanya menggunakan 97,280 byte dari ruang disk. Jika kita lihat, rata-rata game FPS bisa mengisi satu atau lebih CD atau DVD.
Menurut pembuat game ini, .kkrieger bisa menghabiskan ruangan disk sekitar 200 hingga 300 MB jika game ini disimpan dalam cara konvensional.
Musik dan suara dari game ini dibuat dalam synthesizer multifungsi bernama V2.
Game ini juga memenangkan dua penghargaan game developer dalam
Deutscher Entwicklerpreis di tahun 2006, dalam kategori Inovasi dan Kemajuan.
Quote:
Super Mario Bros.(31 Kilobyte)
Quote:
Pengembang: Nintendo
Desainer: Shigeru Miyamoto, Takashi Tezuka
Platform: Nintendo Entertainment System/Famicom
Tahun rilis: 1985
Genre: Platformer
Super Mario Bros.adalah video game platformer yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada tahun 1985 di Jepang, Amerika, dan 1987 di Eropa.
Pemain mengendalikan Mario (atau Luigi di mode multiplayer) untuk mengarungi
Mushroom Kingdom (Kerajaan Jamur) untuk menyelamatkan Princess Toadstool dari si kejam Bowser.
Pemain diharuskan untuk melewati level-level side-scrolling sekaligus menghindari rintangan-rintangan seperti musuh dan lubang dengan bantuan power up seperti
Super Mushroom,
Fire Flower, dan
Starman.
Super Mario Bros. di desain oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka, dengan hanya memakan tempat 31 kiloybte! Kebanyakan game di era Nintendo biasanya berkisar 16 hingga 256 kilobyte.
Nah, game besar seperti Super Mario Bros. ini seharusnya memakan tempat 50 kilobyte lebih, tapi Nintendo bisa mengakali sehingga ukuran game ini menjadi lebih kecil daripada game-game platformer skala besar lainnya seperti Mega Man, Castlevania, dll...
Quote:
3-D Tic-Tac-Toe (32-in 1)(2 Kilobyte)
Quote:
Pengembang: Atari
Desainer: Carol Shaw
Platform: Atari Video Computer System (Atari 2600)
Tahun rilis: 1978
Genre: Puzzle
3-D Tic-Tac-Toeadalah adaptasi digital dari game puzzle populer 3-D Tic-Tac-Toe atau
Qubic yang dikembangkan oleh Carol Shaw yang kelak akan menjadi salah satu pendiri dari
Activision dan diterbitkan oleh Atari Corporation pada tahun 1978 untuk Atari Video Computer System (sekarang Atari 2600). Cara bermain game ini sama dengan permainan Qubic dan 3D Tic-tac-toe seperti biasanya yaitu agan atau sista harus meletakan 4 tanda berturut-turut sebelum lawan agan atau sista melakukannya, untuk menang.
Kebanyakan game 32-in-1 saat itu berukuran 2.5 kilobyte lebih, tapi game ini berhasil untuk menjadi satu-satunya game yang hanya memakan sekitar 1.9 kilobyte, atau dibulatkan menjadi 2 KB.
Quote:
Quote:
Pengembang: David Horne
Desainer: David Horne
Platform: Sinclair ZX81
Tahun rilis: 1982
Genre: Strategi
1K ZX Chessadalah game catur untuk Sinclair ZX81 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Carol Shaw pada tahun 1982. 1K ZX Chess hanya menggunakan 672 byte RAM, tapi peraturan catur kecuali
castling,
promotion, dan
en passant tetap ada dalam game ini. Game ini juga mempunyai lawan computer. Game ini memegang rekor sebagai adaptasi permainan catur sekaligus game terkecil dalam komputer apapun selama 33 tahun sebelum akhirnya dikalahkan oleh game BootChess pada bulan Januari tahun 2015.
Kode sumber dari game ini telah disebarluaskan oleh pengembang gamenya melalui seri artikel di majalah
Your Computer pada sekitar tahun 1982 hingga 1983.
1K ZX Chess berada pada posisi kedua dalam voting software terbaik oleh para pengguna komputer ZX81.
Retrogaming Times Monthly mendeskripsikan game ini sebagai "sejarah programming game paling hebat di dunia".
Quote:
Quote:
Pengembang: Olivier Poudade
Desainer: Olivier Poudade
Platform: IBM PC
Tahun rilis: 2015
Genre: Strategi
BootChessadalah adaptasi digital dari permainan catur yang dikembangkan oleh Olivier Poudade dan diselesaikan pada tahun 2015 untuk Komputer IBM PC dengan sistem operasi PC Booter.
Game ini memecahkan rekor game catur digital terkecil setelah 33 tahun dipegang oleh 1K ZX Chess.
Game ini menggunakan metode programming yang hampir sama dengan 1K ZX Chess.
Game ini menghabiskan waktu 3 minggu untuk diprogram oleh Poudade (Rata-rata 1-3 jam perhari) dimulai dari tanggal 24 Oktober 2014.
Uniknya, Poudade, yang membuat program ini, tidak pernah menang permainan catur sama sekali. Ia pernah mencoba untuk sekali memenangi sebuah game, tapi selalu kalah, dan kalah. Ia tetap mengagumi para pemain catur professional dan biografinya, tapi Ia memang tidak pernah sama sekali memenangi game catur di Nintendo 3DS di level 3.
Quote:
Quote:
Pengembang: Olivier Poudade
Desainer (Programmer): Olivier Poudade
Platform: DOS
Tahun rilis: 2014
Genre: Ding Dong
Helicaveadalah game arkade helikopter yang dikembangkan oleh Olivier Poudade untuk Red Sector, Inc. pada tanggal 12 Maret 2014.
Dalam permainan ini, pemain harus memanuver helikopternya mengarungi gua vulkanik dengan menghindari tabrakan dengan dinding gua. Helikopter pemain terus menerus diusik oleh gravitasi bumi, dan pemain menaikan helikopternya dengan menahan tombol spasi. Skor game naik setelah beberapa jauh dan setiap 1000 poin, level baru dimulai dengan gua yang lebih sempit dan menantang.
Sekilas, game ini mirip Flappy Bird, kan?

Nah itu saja dari ane, bagaimana? Hebat bukan? Mereka programmer-programmer piawai berhasil membuat game yang bisa membuat kita ceria kembali dengan ukuran sangat kecil, berhak mendapatkan penghargaan akan jasanya

Sekain dari ane, mohon maaf bila ada kekurangan

Bila berkenan, kasih ane cendol ya

Quote: