CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Mengenal Pewarna-pewarna Makanan Alami
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aea783762088122278b4575/mengenal-pewarna-pewarna-makanan-alami

Mengenal Pewarna-pewarna Makanan Alami



Warna hitam seduhan kopi dan warna merah seduhan teh, berasal dari warna alami bahan minuman tersebut.
Warna hijau bubur kacang hijau, dan
warna hitam ketan hitam juga berasal dari warna asli kacang dan ketan tersebut.


Bahan pangan dan minuman, memang ada yang sudah mengandung warna sangat kuat, hingga olahan produk pangan dan minuman tersebut tak perlu diberi pewarna tambahan. Tetapi tidak semua bahan pangan dan minuman berwarna menarik. Bihun dari tepung beras berwarna putih, tak pernah dipermasalahkan konsumen. Tetapi mi dari tepung terigu berwarna abu-abu kecoklatan (mangkak), tak disukai kosumen. Maka diberilah tambahan warna kekuningan agar mi jadi lebih menarik. Sekarang, hampir semua mi dari bahan tepung terigu berwarna kuning. Mi berwarna mangkak hanyalah mi yang dibentuk secara manual dari tepung terigu dengan kandungan gluten sangat tinggi.

Pewarna makanan yang ideal

Quote:


Pewarna alami warna merah

Quote:


Pewarna alami warna kuning, oranye, pink, dan coklat

Quote:


Pewarna alami warna hijau, ungu, biru, dan hitam

Quote:


Dan selengkapnya, penulis ambil juga dari artikel di situs tupperware.co.id mengenai pewarna makanan alami dari bahan-bahan di sekitar kita,

Berikut pewarna makanan alami yang dapat Anda olah dengan berbagai jenis buah dan sayur ini :

Quote:


Referensi:

- Tabloid Kontan
- Tupperware.co.id
- Pengalaman sendiri

Ditulis oleh heane untuk dipublikasikan di Kaskus
Halaman 1 dari 20
satu post buat tambahan informasi yang diperlukan
gagang pertamax emoticon-Blue Guy Bata (S)
profile-picture
heane memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bol jaran apaan tuh? emoticon-Ngakak
kasih picnya dong gan mod emoticon-Ngakak
profile-picture
heane memberi reputasi
Quote:


nama makanan itu, kayak gini
Mengenal Pewarna-pewarna Makanan Alami

makanan khas dari daerah jawa tengah, nama lainnya corobikang emoticon-Big Grin
Quote:


ane kalo corobikang / bikang tau
kalo bol jaran takutnya diapain jaran gitu emoticon-Frown
profile-picture
heane memberi reputasi
Quote:


katanya sih ya, katanya...
karena bentuknya kayak punya jaran emoticon-Hammer (S)
Quote:


apaan nih? emoticon-Bingung
demi edukasi jangan sungkan2 menyebutkan sesuatulah emoticon-Malu
profile-picture
heane memberi reputasi
Quote:


itu lho mirip anus kuda emoticon-Hammer (S)
tapi gak tau juga miripnya dimana emoticon-Bingung (S)
beeeuhh... ini baru trit bermanfaat
emoticon-Shakehand2 wajib HT ini mah mod

Btw, ane mau nanya deh. Misalnyaane mau bikin (misalnya) bakpao warna oranye, lalu ane mau ambil warnanya dari wortel, bukannya itu bakpao jadi beraroma wortel?
emoticon-Hammer2

Btw ane iseng2 search tentang buah gac, ternyata kalo di dalam negeri namanya tempurang/pupia... kira2 nama itu sebutan buat daerah mana ya?
profile-picture
heane memberi reputasi
Diubah oleh megatron21
Quote:


oh itu artinya emoticon-Takut


Quote:


kalo merah buat bakpao pake angkak
coba tanyain ke pengacara ahli bakpao deh emoticon-Leh Uga
profile-picture
heane memberi reputasi
trit keren..
nambah pengetahuan baru..
khususnya bermanfaat buat kita agar nggak memakai pewarna buatan lagi, yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh..
pewarna alami seperti ini lebih menyehatkan..
emoticon-Jempol
profile-picture
heane memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo warna hijau biasanya dari daun suji mod
profile-picture
heane memberi reputasi
Quote:


sudah dicoba belum bikin bakpao rasa wortel? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

untuk gac sudah ada thread nya sendiri di sini
tapi belum ada penjelasan mengenai penyebutan di Indonesia emoticon-Hammer

Quote:


belum lengkap gan
kalau ada tambahan lengkapi saja emoticon-Cendol (S)

Quote:


nah iya bener, lupa ternyata menuliskan daun suji untuk warna hijau pada makanan, padahal sudah umum dipakai emoticon-Nohope
Quote:


Quote:


emoticon-Leh Uga kebayang aja nggak gimana bakpao rasa wortel
profile-picture
heane memberi reputasi
Quote:


jangan dibayangin tapi coba buat biar tau rasanya emoticon-Leh Uga
Quote:


ane karnivora emoticon-Leh Uga
profile-picture
heane memberi reputasi
Pewarna buat maho bawah ane ada bre?
profile-picture
heane memberi reputasi
Diubah oleh NgisupGue
item areng, tinta cumi emoticon-Leh Uga


Mengenal Pewarna-pewarna Makanan Alami
profile-picture
heane memberi reputasi
Diubah oleh punpun48
Lihat 1 balasan
agan heane, daun pandan jg bagus tuh jadi pewarna makanan soalnya baunya jg harum hehe
profile-picture
heane memberi reputasi
Pewarna hitam juga bisa pakai pantatnya wajan..


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
heane dan xiracas memberi reputasi
Halaman 1 dari 20


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di