CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
11 Fakta Seputar Tenaga Kerja Asing Dan TKI Dalam Negri Mungkin Membuatmu Terkejoet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ae05a29162ec2086f8b4568/11-fakta-seputar-tenaga-kerja-asing-dan-tki-dalam-negri-mungkin-membuatmu-terkejoet

11 Fakta Seputar Tenaga Kerja Asing Dan TKI Dalam Negri Mungkin Membuatmu Terkejoet

Isu serbuan tenaga Kerja Asing Di indonesia kembali mencuat di tahun ini. Mendekati tahun politik 2019, isu ini nampaknya menjadi gorengan yang sedap bagi para politikus untuk meraih simpati pemilih. Namun isu yang mereka hembuskan ada kalanya menjadi sebuah strategi yang tidak mendidik. Ujung ujungnya mengarah kepada info menyesatkan bahkan hoax atau hanya sekedar berita palsu, yang di bumbui dengan micin, cabe dan asem. Agar kita tidak terhanyut dengan isu yang belum pasti kebenaran nya mari kita simak beberapa fakta yang membuat TS, terkejoet.. berikut 11 fakta yang di rangkum;
Quote:

Jumlah tenaga kerja asing di bandingkan dengan jumlah pekerja migran Indonesia di luar negeri jauh sekali perbandingan nya. Tenaga kerja asing di Indonesia, berdasarkan info grafis tersebut, tercatat sejumlah 126.000. sedangkan jumlah pekerja migran Indonesia yang berada di luar negeri sebanyak 9juta jiwa. Perbandingan ini jelas terlihat perbedaan nya. Jadi bila ada pemberitaan pekerja asing jauh lebih besar dari pada pekerja migran kita yang ada di luar negeri, jelas datanya keliru.
Quote:

Ketentuan pekerja asing yang ada di Indonesia sudah ada aturan nya. Tenaga kerja asing harus  memiliki izin kerja, izin tinggal serta mesti mematuhi aturan dan undang undang yang berlaku di negeri kita. Jika terdapat pelanggaran, maka proses pemeriksaan dan penindakan hukum di berlakukan dengan semestinya.
Quote:

Tenaga kerja asing, merupakan tenaga ahli bukan merupakan tenaga kerja kasar. Jika menemukan adanya tenaga kerja kasar yang dipekerjakan dalam negeri, laporkan segera ke dinas tenaga kerja. Bukan laporan ke sosmed ya. Laporan ke Disnaker, tentu akan ditindak lanjuti dan bila terbukti ada pelanggaran maka proses hukum di berlakukan. Sedangkan laporan ke sosmed hanya memperkeruh suasana dan melebar menjadi kabar hoax yang tak ada solusinya.
Quote:

Tenaga kerja asing yang ada itu di awasi oleh dinas tenaga kerja. Jadi ga slonong boy, wara wiri mereka bertindak sesuka hati.
Quote:

Setiap indikasi pelanggaran selalu di tindak lanjuti. Dari sangsi teguran hingga deportasi di lakukan. Tahun 2016 jumlah TKA yang di rekomendasikan keluar dari lokasi kerja adalah sebanyak 794 orang, sedangkan tahun 2017 lalu tercatat ada 236 tenaga kerja asing.
Quote:

Umumnya terdapat 2 pelanggaran yang biasa terjadi. Pelanggaran imigrasi atau ijin tinggal dan yang kedua adalah pelanggaran aturan menyangkut ijin kerja. Penggunaan izin kerja dan izin tinggal yang tidak sesuai bisa di kategorikan sebagai penyebab di keluarkan nya TKA dari Indonesia.
Quote:

Tenaga kerja asing yang di perbolehkan bekerja adalah tenaga kerja ahli. Untuk keahlian tertentu, yang tentunya tidak semua orang bisa cermat dalam mengerjakan nya. Pemberi kerja bagi TKA, diwajibkan mengutamakan tenaga kerja dari dalam negeri, untuk berbagai posisi.
Quote:

Syarat tenaga kerja asing yang di perbolehkan bekerja di indonesia, haruslah memiliki izin tinggal serta izin kerja. Tenaga kerja asing harus memiliki sertifikat kompetensi, pendidikan dan keahlian sesuai dengan bidang yang sedang di kerjakan. Perusahaan pengguna tenaga kerja asing, membayar kompensasi sebesar USD 100 untuk setiap orang perbulan. Dana kompensasi tersebut disetorkan ke kas negara melalui bank.
Quote:

Pengawasan tenaga kerja asing di awasi oleh dua kementerian. Kementerian tenaga kerja dan kementerian imigrasi bersinergi dalam melakukan pengawasan tersebut.
Quote:

Tenaga kerja asing yang bekerja di indonesia, wajib di dampingi oleh tenaga kerja Indonesia sebagai tenaga kerja pendamping, mereka harus melaksanakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidangnya masing masing. Tenaga kerja pendamping merupakan upaya negeri kita dalam rangka mengusahakan alih teknologi, alih keahlian dan pertukaran pengalaman kerja.
Quote:

Berdasarkan data bank dunia, November 2017, peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari 2016 ke 2017 tercatat, ada peningkatan investasi sebesar 13,1% pertumbuhannya.
emoticon-nyantai
Sekian ulasan singkat seputar TKA dan TKI ini, data di copaste dari :Sumber rangkuman infografis dan kumpulan berita
profile-picture
profile-picture
caricewek dan gustav45 memberi reputasi
Diubah oleh arbib
Halaman 1 dari 14
Quote:

emoticon-terimakasih
Quote:


emoticon-Monggo
Diubah oleh arbib
Masalahnya kita juga banyak yg nganggyr
bahan gorengan kelompok si zonk nih emoticon-Big Grin
Quote:


udah nganggur tambah TKA hadehh
Quote:

Nganggur aja ada penghasilan sekarang ini
Quote:

Yooi
Quote:


di Kaskus kreator kalo bisa bikin 10-20 thread bagus tiap hari, juga ga perlu kerja gan. Bisa punya penghasilan kok. Belum lagi web dan tempat lain ada beragam tawaran. Jadi sekarang yang diperlukan adalah ke ahlian dan kemauan karena kesempatan terbuka lebar, walaupun tentunya di iringi persaingan yang semakin ketat
Diubah oleh arbib
Very nice thread.

Btw, trit gini auto summon nasbung & nastak gak ya? emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Indon di luar pd jd jongos.
Diubah oleh nossi
Quote:


Thread ini lulus creator gak
Quote:

emoticon-welcome emoticon-Leh Uga
Quote:
ga semuanya, di suriname dan jerman banyak tenaga ahli kita dengan bayaran yang tinggi
Quote:
belum dapat surat cinta

Diubah oleh arbib
Quote:

Hmmm ngethread lagi ah
Yang ane sayangin, banyak anak bangsa yang berpikir kuliah atau berpendidikan lebih tinggi jadi tidak begitu penting, toh mereka bisa belajar secara otodidak, pdhal banyak yang bisa dipelajari dibangku kuliah yang tdak bisa didapat diluar (itupun klo jd mahasiswa yang bener)...
Disisi lain dorongan untuk berwirausaha yang menjunjung kreativitas tanpa batas, sering dianggap bahwa kreativitas bisa dari mana saja, dan tidak perlu pendidikan tinggi (walau terkadang benar), pdhal kebanyak kreativitas yang matang juga perlu pengkajian dari ilmu2 formal...
Kalo emang pingin berwirausaha sejak muda dan nggak mau berpendidikan lebih tinggi, sebenarnya nggak ada masalah sih, tapi dalam menciptakan tenaga kerja ahli, pendidikan jadi prioritas, karena alat2 yang digunakan nantinya berasal dr luar negeri dan membutuhkan pelatihan juga legalitas dari pendidikan formal...
Diubah oleh ardhial
Quote:

Pendidikan tinggi itu penting, tapi yang paling penting , selepas dari pendidikan haruslah memiliki keahlian yang mumpuni. Atau bisa menciptakan suatu hal yang bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain.

Kalo tamat sekolah cuma mau cari kerja dan cuma mikir cari kerja dengan gaji yang besar ini pola mikir yang harus di tinggalkan.

Tamat kuliah buka usaha contoh buka depot warung kopi dengan konsep baru sesuai ilmu yang di pelajari waktu sekolah . Nah yang begitu baru bisa di bilang berhasil. Kalo cuma kejar gelar dan ijasah saja , apa bedanya dengan yang bikin sertifikat palsu di Galur Senen emoticon-Hammer2 cuma beda prosesnya doang.

Cmiiw
Quote:


Iye gan itu yang ane maksud... Kan ane bilang banyak yang bisa dipelajari dilingkungan kampus, nggak cuma makul2nya aja tapi juga kepekaan sebagai pencari peluang...
Soal ijazah menurut ane itu cuma kek tanda bukti fisik aja, nggak menentukan bisa fight didunia kerja klo nggak diimbangi ama skill...
Quote:

Yoi gan emoticon-Semangat gan :cendoobig
https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20180306201957-92-280945/jumlah-tenaga-kerja-asing-membludak-mayoritas-dari-china

Wah ternyata naik dari 2016 ke 2018,naik 70%, bisa bisa 2030 mencapai 1 juta 😅
Quote:

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, membantah lapangan kerja di Indonesia dipenuhi oleh tenaga kerja asing yang menyebabkan pengangguran meningkat.
Quote:

emoticon-Wow
Diubah oleh seramame
Quote:


Bantah aja terus 😅
Quote:


Faktanya memang demikian bree emoticon-Recommended Sellerl
Quote:


Sekarang ini enak bree, nyinyirin pemerintah aja ada yang gaji emoticon-Leh Uga
Quote:


Saya agak setuju...teori itu utk memperkuat skill...dan teori hanya bisa didapatkan dari bangku sekolah (kuliah..)...dgn teori, skil (produk...) bisa lebih berkembang and lebih kompetitif...sebagai contoh, bom atom tidak akan bisa dibuat jika tidak ada teori dari einstein...semua produk, hadir dan berkembang lebih baik berbasiskan teori...
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di