Kaskus

Games

revivaltvAvatar border
TS
revivaltv
Twitch 7x Lebih Sering Ditonton dibanding YouTube?
Baru-baru ini Newzoo mengumumkan bahwa salah satu sistem milik mereka yaitu Game Streaming Tracker akan disertai dengan data dari YouTube Gaming. Tentunya hal ini menjadi salah satu hal vital mengingat pergerakan YouTube sebagai platform stream sudah memiliki fasilitas untuk gaming.

Meski begitu, harus diakui bahwa untuk segi kualitas, YouTube belum menyentuh level atas. Tetapi mereka mampu untuk merebut hati banyak orang mengingat YouTube juga menjadi platform video paling besar di dunia.

"Mesin" yang Newzoo miliki saat ini sudah mampu untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan konten esports secara terperinci. Hal ini tadinya begitu sulit mengingat tingkat akurasi yang sulit mencapai titik tertinggi.

Twitch 7x Lebih Sering Ditonton dibanding YouTube?

Perusahaan ini juga merilis 5 kunci insight pada pasar streaming yang berasal dari datanya, yang mana dari seluruh seluruh poin disimpulkan bahwa YouTube merupakan destinasi untuk para penonton game casual bukan fans esports.

Meskipun salah satu platform milik Google ini sudah lama menjadi destinasi bagi konten gaming, namun sebagian besar mengarah pada judul-judul game yang lebih casual. Sebelum Fortnite mengambil tempat tertinggi pada Bulan Maret kemarin, Minecraft selalu menjadi konten gaming yang paling banyak ditonton di YouTube.

Baca juga: FORTNITE-BATTLE ROYALE, Meski Baru Sebulan, Pemain Aktifnya Mencapai 500K!

YouTube sudah mulai berfokus pada penonton esports-nya pada 2017 lalu dengan mengambil hak siar ECS milik FACEIT dan ESL Pro League. Sayangnya, kerjasama ESL Pro League tidak diperbaharui.

YouTube masih butuh waktu lama tentunya untuk mendapatkan pasar Twitch yang lekat dengan penonton esports-nya. Menurut data yang diberikan Newzoo, Twitch mendapatkan total 232 juta jam waktu tonton konten esports di kuartal awal 2018. YouTube Gaming? Hanyalah 32.8 juta jam waktu tonton saja. Twitch unggul lebih dari 7x lipatnya.

Satu jalan yang masih memungkinkan untuk YouTube bersaing adalah pada judul-judul game mobile esports, yang mungkin lebih dapat dinikmati oleh penonton yang lebih umum. Ditambah, kepopulerannya akan lebih cepat dicapai bersama YouTube.

Newzoo menambahkan, game mobile esports seperti Clash Royale dan Arena of Valor sudah masuk dalam top 20 judul game di YouTube Gaming. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan YouTube untuk memenangkan pasar tertentu, namun sayangnya belum ada bukti soal keduanya merupakan judul game esports yang memiliki tingkat kompetitif yang baik di luar sana.

Sumber: RevivalTV
KnightDruidAvatar border
KnightDruid memberi reputasi
1
841
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan