alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Peneliti Prediksi 7 Benua Akan Menyatu Kembali dalam 250 Juta Tahun
4.73 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4b63b1cbfaa58088b456b/peneliti-prediksi-7-benua-akan-menyatu-kembali-dalam-250-juta-tahun

Peneliti Prediksi 7 Benua Akan Menyatu Kembali dalam 250 Juta Tahun

Peneliti Prediksi 7 Benua Akan Menyatu Kembali dalam 250 Juta Tahun

Para ilmuwan mengungkap bahwa dalam 250 juta tahun, masing-masing benua kita sekali lagi akan bergeser menjadi benua super tunggal yang dikelilingi oleh lautan.

sebuah penelitian baru di Geophysical Research Letters yang diterbitkan Rabu, (11/4/2018) mengungkap adanya kemungkinan benua super besar ini terbentuk lagi di masa depan. Dengan menggunakan pemodelan statistik, para ilmuwan mengungkap bahwa dalam 250 juta tahun, masing-masing benua kita sekali lagi akan bergeser menjadi benua super tunggal yang dikelilingi oleh lautan.

Seperti yang kita tahu, posisi benua Bumi bergantung pada pergerakan, tenggelamnya, serta bergesernya lempeng tektonik. Selain itu, ukuran dan bentuk cekungan lautan juga mempengaruhi posisi benua.

Melalui studi baru itu, para peneliti menunjukkan bahwa pergerakan lempeng tektonik juga menentukan siklus pasang surut super (super tidal) yang mengendalikan kekuatan gelombang laut. Siklus panjang ini pada gilirannya, menciptakan perubahan dalam energi pasang surut (energi tidal) yang menurut para peneliti terkait dengan pembentukan benua super setiap 400 hingga 600 juta tahun.

"Simulasi kami menunjukkan bahwa saat ini gelombang itu sangat besar," kata Mattias Green, Oceanografer Universitas Bangor, Inggris dikutip dari Inverse, Rabu (11/04/2018).

"Jika gelombang melemah hingga 200 juta tahun yang lalu, lalu menjadi sangat energik selama dua juta tahun terakhir, kira-kira apa yang akan terjadi jika kita proyeksikan jutaan tahun di masa depan? Itu benar-benar adalah pertanyaan yang memotivasi kami," tambahnya.

Tertarik dengan hal tersebut, Green dan timnya menciptakan model yang menyimulasikan gerakan lempeng tektonik dan perubahan resonansi cekungan laut. Hal ini mereka lakukan untuk menjawab pertanyaan itu.

Dari analisis mereka kemudian menyimpulkan bahwa lautan akan melalui beberapa siklus pasang surut sebelum benua super berikutnya benar-benar terbentuk. Dan saat ini kita sedang berada pada tahap awal dari energi pasang surut maksimum dan gelombang laut diperkirakan akan bertahan selama 20 juta tahun lagi.

Akhirnya, lempeng Amerika Utara dan Eurasia akan menjauh, Samudara Atlantik akan berubah perlahan dan melebar. Jika pemodelan ini benar, maka dalam 50 juta tahun Asia akan terpecah, menyebabkan terbentuknya samudra baru. Ditambah lagi, dalam 100 juta tahun, Australia akan bergerak ke utara menuju ke bagian bawah Asia.

Ketika benua-benua bergabung menjadi satu, energi pasang surut akan menurun dan akhirnya lautan luas yang tenang akan mengelilingi benua super. Meski benua super baru akan terjadi dalam waktu jutaan tahun lagi. Informasi ini akan digunakan oleh para ilmuwan untuk mempelajari hubungan antara pasang surut dan kehidupan laut yang berkelanjutan.

sumber
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 11
terbukti! bumi datar!
yah biarlah takdir yg menyatukan mereka kembali
wah masi lama gan

indonesia ilang ketelen donk semuanya ?!? emoticon-sad
Diubah oleh nonotz
Sepi..
Hanya sebatas teori. Itu pun kalau kiamat blm datang. Bukankah tanda2 kiamat sudah semakin banyak? Wallahua'lam..
Apakah manusia masih hidup ?
Bisa menjajah atau dijajah emoticon-Big Grin
Mejeng dulu di trit benua emoticon-Traveller
ga urus, jaman itu ane udah ga ada
Masih lama emoticon-nyantai
bentar lagi ya breemoticon-Ngakak
ane tunggu gan emoticon-Cool
Indonesia kemana nih ?
Ane jd ga sabar mau liat benua nyatu emoticon-Cool
Quote:


Tapi ada tandanya gan. Transisi lempeng bumi bergerak terus dengan kecepatan yang sangat lambat dan tidak terasa oleh manusia. Kiamat juga teori gan ga ada yg tau kapan terjadinya.
😝😝
emang msh pd idup tuh manusia ampe 250 juta taon kedepan emoticon-Ngakak (S)
eh ini hate emoticon-Bingung
masih halaman atu padahal emoticon-Hammer2
Ga sabar nunggu bergabung
gembok dah kalian
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di