alexa-tracking

help gan ane mau nanya tentang menjadi seorang penulis novel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4b1c794786811568b4567/help-gan-ane-mau-nanya-tentang-menjadi-seorang-penulis-novel
help gan ane mau nanya tentang menjadi seorang penulis novel
Hai agawan agawati penghuni kaskus selamat malam semua perkenalkan nama saya andreasani panggil ja andrea .Btw ane cewek lo gan bukan cowok pa lg emoticon-Betty
Setelah ane mnjadi silent rider selama 7 thn n bru bikin akun yg brjalan sekitar 2 bln ane putuskan utk bikin thread prtama ane .di thread pertama ane ni ane ga mau bahas apa-apa tapi ane pengen nanya nanya tentang menjadi seorang penulis novel.
Ok nie langsung ja ya gan.
1.gan gimana c caranya jd seorang penulis novel agar novelnya jd laris manis gt?
2.gan lw seandainya ane jd novelis,harus bikin berapa halaman sih gan utk satu novel tsb?n butuh wktu brapa lama?
3.jika menerbitkan sbuah novel kan ada tuh katanya diterbitkan sendiri tp harus butuh biaya.kira2 butuh biaya berapa sih gan?
4.law sudah kontrak kira2 cara penerbit utk mengontrak penulis pa harus ketemuan gt? cause rumah ane jauh dr kota gan.n brapa lama kontraknya gan?
5.buat agan2 yg udah jd penulis nie apa mash melakukan kerjaan lain selain novelis?
6.ni ane punya prtanyaan yg udah prnah d jawab pas koment di thread sebelah tp entah napa ane pengen tanya lg.apakah seorang penulis bs mengeluarkan novel dgn genre yg berbeda?
7.trus kan ada kalanya tuh seorang penulis jumpa fans bwt foto2 atw tanda tangan bareng kira2 itu harus sering keluar kota ya gan?maaf gan ane anak rumahan saking seringnya ane di rumah ane sering dijuluki orang2 anak ga tau barat ga tau timur.emoticon-Mewek
8.nie pertanyaan terakhr buat para penulis tp jangan marah ya .kira2 ane dpt brapa ya gan law seandaix satu buah novel ane laris? emoticon-Peace
cz ane capek gan krja ikut orang trz ane cewek gan sering gonta ganti kerja tp pendapatanx cuma dikit sekarang ane kerja di pabrik gan dgn sistem borongan ane bosan bgt gan sering dimarahi krna sering melakukan kesalahan padahal dulu ngebet bgt kerja di pabrik .
Ane pengen suatu saat nanti ane jd penulis shingga ane bs kerja sendiri tnpa pengaruh orang lain.ane iri bgt gan ma kaskuser yg udah jd penulis apakah suatu saat ane bs kayak mereka emoticon-Mewek
Nah udah dulu ya gan thread dari ane .maaf tulisanx berantakan maklum ane masih :newbie: ni juga nulisnya pakek hengpong jd agak susah deh nulisnya
Btw makasih ya gan dah mampir n jangan lupa ngasih jawaban agan atas pertanyaan ane tadi, sory emoticon-Maaf Aganwati gan ane masih butuh belajar jawaban agan ane tunggu ya trima kasih n met tidur
emoticon-Kiss emoticon-I Love Kaskus
image-url-apps
Quote:


Sebenernya salah forum sih emoticon-Hammer2
Tapi gapapa lah, kebetulan gw tau beberapa

1. Punya cerita yg menarik dan bahasa, penulisan yg bagus
2. Novel sih bebas mau berapa halaman, tapi biasanya sih ada 50.000 kata (klo sedikit itu namanya cerpen emoticon-Hammer (S) )
3. Ribet menurut gw, mending ke penerbit aja
4. Ga harus ketemu juga
5. Kalo gw sih nulis itu buat hobby aja, ga niat diterbitin emoticon-Hammer (S)
6. Terserah, itu sih bebas
7. Ngapain kayak gitu? Kecuali ada keperluan/jumpa fans emoticon-Hammer2
8. Itu sih tergantung penerbitnya, kalo misalnya harga satuan novelnya Rp.30.000, mungkin bisa dapet 10%nya (Rp.3000)
image-url-apps
Penulis novel itu yang paling utama, perlu punya hati yang tulus.
Dengan kemurnian hatinya dia menulis dengan rasa emosional yang mengalir. Ada gairah dan rasa passion didalam setiap teks yang ia tulis.
Kedua kamu perlu disiplin waktu, tidak bisa angot - angotan untuk menulis.
Karena dalam penulis yang sejati, dia akan memiliki filosofi tersendiri. Apa itu? Akankah itu perjuangan? Pengabdian atau Panggilan hati?
Sebelumnya itu juga yang perlu kamu garis bawahi, karena siapa pun yang melakukan dengan money oriented, hasil juga tidak akan baik.

Jadikan dulu hasil tulisan mu berguna dan bermanfaat buat orang lain, layaknya para orang intelektual ataupun scientis, mereka melakukan riset dan terus menerus menerus hingga membuahkan hasil yang berlian. Dan fungsinya? ya tetap balik untuk ke orang banyak, buat hasil? Itu buat imbalan karya saja, jangan mengharap lebih, karena hasil juga akan membawa diri kamu dimana hasilmu akan berada ditempat sepantasnya.

Kalo kamu kuliah, pasti kamu gak asing dengan rangkaian metodology, itu sangat penting, karena bagaimanapun kedepannya karya akan menjadi pertimbangan riset orang lain juga.

Selebihnya, untuk menentukan apa yang kamu suka?
mengalir saja, kalau kamu punya bakat menulis karya POPULER, tentunya kamu perlu banyak baca karya karya luar negri. Buka saja ya di goodreads.com

Semoga membantu
KASKUS Ads
image-url-apps
[QUOTE=identify_guy;5ad4bd3ac1d77017638b4568]
siip gan emoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:

hehehe maaf gan salah forum tp makasih bgt ya gan infox
image-url-apps
Quote:

wiii keren jawaban agan ni makasih kakak
image-url-apps
Udah ada sebuah tulisan yang bisa ane baca ? atau hanya sekedar niat tanpa ada pergerakannya?

Kalau ada, coba Post sedikit di SFTH biar di baca netizen kaskus.
Biasanya tajem2 omongannya
image-url-apps
Wah mantap hobi nulis. Menurut gw keren orang2 yg punya tulisan.
Gw jg lg belajar nulis. Tapi nulis jurnal, bukan novel. Target 15 lembar aja. Udah 3 taun gw kerjain ga selesai2. Padahal ga kurang dari ratusan jurnal gw donlot dan baca buat nulis 15 lembar itu doang. Semangatt
1. Ikut atau cari informasi tentang redaksi yang mau nerbitin naskah sista. Bisa lewat https://bukune.com/ atau http://nulisbuku.com/ atau bisa juga di penerbitan yang lain.

2. Belajar cara membuat story telling yang baik. Ane dapat tutorial yang bagus dari karyanya Raditya Dika,ini linknya sis https://www.goodreads.com/book/show/...nulis-kreatif. Ane dapatnya yang bajakan, tapi bagusnya sista kalau bisa beli emoticon-Big Grin .

3. Kalau itung2 untungnya, anggap aja satu buku di jual sama penerbit sekitar 20 rebu, sista dapat 10k sisanya buat penerbit. Kecil emang tapi kaliin aja 10 rebu tapi dengan 10k, banyak banget udah gan untungnya. Belum lagi kalau sista bisa jual versi ebooknya.

4. Gak usah mikirin ntar kalau terkenal gimana dulu sis, pikirin aja gimana caranya nulis yang emang jujur dari hati dan sekiranya orang lain bakal suka. Terus perbanyak juga baca2 tulisan orang lain biar pemahaman sista tentang tulis menulis semakin luas.

Segitu aja saran ane sis, ane juga punya rencana mau bikin novel. Tapi masih belajar dlu di Kaskus bikin2 thread buat mahamin pemikiran pembaca biar tulisan kita sesuai dengan keinginan mereka. Good luck dengan mimpinya dan jangan menyerah atau terlena emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Quote:



dari pertanyaan sista, tampaknya sista tak berbakat jadi novelis
krn sista salah mengambil fokus emoticon-Big Grin

1. agar laris manis? novelis menulis cerita agar bisa mengekspresikan cerita dipikirannya..
2. tidak butuh berapa halaman, yang mereka butuhkan justru bagaimana cara supaya cerita itu bisa disampaikan secara menyeluruh, kdg dibikin seri klo kebanyakan.
3. gratis klo dari blog, raditya dika awalnya stau ane dia dr sana, dan dia gak dibayar kala itu CMIIW, yg dr kaskus juga gratis, mereka menulis karena suka.
4. kalau emang karya sista worthed, mereka rela nyamperin situ.
5. tergantung orangnya, klo lbh sibuk disitu ya disitu, klo ada yg lebih menjanjikan pasti nulis hanya hobi dan keuntungan hanya dianggap bonus
6. bisa, ganti aja nama penanya klo msh kekeh sm identitas di genre.
7. jumpa fans di rumah, bisa live streaming, sblm itu pikirin aja apa yg mau ditulis
8. dapet banyak..
image-url-apps
Hmmmm









Entar dah gw pikir gimana saranya
help gan ane mau nanya tentang menjadi seorang penulis novel
image-url-apps
sorry ga bisa kasih saran 😐
image-url-apps
Quote:

bener gan ane udah niat tp msh blm da pergerkan ,ane msh bingung gan gmana mulaix wng selama ane krja pbrik lembur terus jempol ane sakit bgt gan jangankan bwt nulis bwt nyopot tali bakso ja g bsa emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:

hehe makash gan emoticon-Smilie
image-url-apps
[QUOTE=3770372;5ad592f532e2e65f408b456
[/QUOTE]
gini gan dulu sd ane pernah bkin cerpen krna tugas dr guru n ketika salah satu dr tmen ane bca dia suka gan n nyuruh ane ngelanjutin ceritax cz wktu i2 keburu dkumpulin jd ga smpai selesai
trz ke2 ane bkin naskah drama ketika smp i2 jg tugas dr guru. tmen2 dr kelas lain bnyk yg suka gan bhkan mw di foto kopi bwt drama mereka cz walaupun judulx sama gpp krena beda kelas,
eh tp hbs i2 mereka ga jd fto kopi punya ane katanya naskah ane kepanjangen emoticon-Hammer

image-url-apps
[QUOTE=edsixteen;5ad628de9a095102388b4567]sorry ga bisa kasih saran
hehe gpp gan makash dah mampir
image-url-apps
Quote:


Jagan banyak berbicara sebelum di mulai.

mulai dahulu, baru bicara
image-url-apps
Quote:

iya gan .makash saranx bwt ane yg susah nentuin sudut pandangx
ni ja ane bca2 cara bkin sudut pandang yg bgus
image-url-apps
perbanyak baca novel lain juga brow.

dan jangan lupa untuk menulis novel untuk dirisendiri
image-url-apps
Quote:

gini gan dulu sd ane pernah bkin cerpen krna tugas dr guru n ketika salah satu dr tmen ane bca dia suka gan n nyuruh ane ngelanjutin ceritax cz wktu i2 keburu dkumpulin jd ga smpai selesai
trz ke2 ane bkin naskah drama ketika smp i2 jg tugas dr guru. tmen2 dr kelas lain bnyk yg suka gan bhkan mw di foto kopi bwt drama mereka cz walaupun judulx sama gpp krena beda kelas,
eh tp hbs i2 mereka ga jd fto kopi punya ane katanya naskah ane kepanjangen emoticon-Hammer

[/QUOTE]

trus knp msh ragu dgn menanyakan pertanyaan itu?
×