alexa-tracking

Berhasil Bangun Jejaring Internasional, Nurdin Abdullah Raih Penghargaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad42464507410f0698b4567/berhasil-bangun-jejaring-internasional-nurdin-abdullah-raih-penghargaan
Berhasil Bangun Jejaring Internasional, Nurdin Abdullah Raih Penghargaan
Berhasil Bangun Jejaring Internasional, Nurdin Abdullah Raih PenghargaanBupati Petahana Kabupaten Banteng Prof Nurdin Abdullah sekaligus sebagai Calon Gubernur Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan dari Jepang melalui Rektor Ehime University sekaligus President Indonesia Friendship Association, Prof. Dr. Yuici Ohashi. Penghargaan tersebut diberikan lantaran Nurdin dianggap berhasil menjembatani hubungan kerja sama Indonesia-Jepang.

Dari jalinan kemitraan dengan Jepang, lanjut Nurdin sejumlah daerah lain di Sulsel seperti Kabupaten Enrekang, Wajo, Pinrang, Jeneponto, Bulukumba serta Kota Parepare dan Kota Palopo juga menikmati bantuan tersebut. Ada pula bantuan yang diberikan kepada rakyat Sulsel melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.
Bahkan, dari kemitraan dan kerja sama yang dirintis Pemerintah Kabupaten Bantaeng, telah ada 8 propinsi di Indonesia yang juga mendapatkan bantuan yang berasal dari beberapa Pemerintah Kota di jepang melalui Toyota Corporation.

Nurdin Abdullah mengatakan selama hampir 10 tahun memimpin Bantaeng, memang berbagai bentuk kerja sama telah Ia lakukan dan telah banyak memberikan manfaat untuk Kabupaten Bantaeng khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kerjasama tersebut lanjutnya, Ia jalin terutama dengan Pemerintah Jepang, korporasi dan lembaga pendidikan tinggi Jepang.
"Menjalin kerja sama internasional sangatlah penting bagi suatu negara, terutama dalam era global dewasa ini. Suatu bangsa, bahkan daerah, tidak dapat hidup sendiri dan memenuhi semua kebutuhannya secara autarkis (self-help) tanpa bantuan negara lain. Hubungan internasional antar-negara bersifat interdependensi atau saling tergantung satu sama lain," terang Nurdin.

Berbagai bentuk kerja sama yang dimaksud di antaranya pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) dari Sulawesi Selatan (Sulsel) yang banyak belajar di Ehime University, kerja sama Bantaeng dengan Toyota Ehime dan JICA dalam pengembangan Sekolah Mekanik Toyota di Bantaeng.
Tidak terbatas di bidang otomotif, kerja sama juga dilakukan untuk mengembangkan dan memajukan sektor pertanian dan perikanan yang merupakan sektor-sektor unggulan Kabupaten Bantaeng. Selain itu, dalam bidang kesehatan, Bantaeng mendapatkan bantuan hibah kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar), mobil ambulance dan mobil sampah.


Spoiler for "Sumber :":