alexa-tracking

Berita bahwa Rusia mewajibkan poligami itu HOAX

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad40a86529a4560218b4570/berita-bahwa-rusia-mewajibkan-poligami-itu-hoax
Berita bahwa Rusia mewajibkan poligami itu HOAX
MEDIA RUSIA MENGELUHKAN BAHWA MEDIA INDONESIA SUKA MENYEBARKAN BERITA YG TIDAK BENAR

Akhir-akhir ini, kami sering mendapat pertanyaan terkait kabar bahwa Rusia mewajibkan pria memiliki dua orang istri atau lebih, dan bagi siapa pun yang melakukan itu akan diberikan tunjangan. Alasannya? Karena populasi perempuan di Rusia melebihi populasi pria. Kabar itu bahkan mengklaim 10 juta perempuan Rusia berstatus lajang, alias “jomblo”.

Maaf, jika ini mengecewakan Anda, tapi kabar itu 100% TIDAK BENAR. Ya, itu murni “fake news”.

Mari kita ulas. Pertama, bagaimana bisa muncul kabar semacam itu? Sebetulnya, ini adalah isu lama yang diputar-putar. Ini semua berawal pada 2006 (ya, 12 tahun lalu). Vladimir Zhirinovsky, seorang politikus ultranasionalis dan pemimpin Partai Liberal Demokrat Rusia, yang kala itu menjabat sebagai wakil ketua Majelis Rendah Parlemen Rusia (Duma) — seperti DPR di Indonesia — MENDUKUNG keputusan Pemimpin Republik Chechnya Ramzan Kadyrov untuk memperbolehkan poligami di Chechnya. Sumber: https://www.rbc.ru/society/13/01/200...7947dde8e0d49d

Sebagai informasi, Chechnya adalah salah satu subjek federal (semacam provinsi di Indonesia) berstatus “republik”. Mayoritas warga Chechnya adalah muslim. Seperti di Indonesia, setiap subjek federal memiliki hukumnya masih-masing. Kalau di Indonesia, Aceh, misalnya, boleh menerapkan hukum Islam, tapi tidak berarti itu menjadi hukum nasional, 'kan?

Pernyataan Kadyrov, DISAMBUT oleh Zhirinovsky, dan ia mengatakan bahwa ide itu (poligami) seharusnya diterapkan di seluruh Rusia karena ada 10 JUTA perempuan lajang di negara itu. Sekarang, kita tahu dari mana sumber “10 juta perempuan Rusia lajang” yang tersebar di Indonesia. Ya, dari pernyataan Zhirinovsky. Dari mana sumbernya? Tidak jelas. Hanya Zhirinovsky dan Tuhan yang tahu. Lagipula, itu pernyataan tahun 2006. Kalau Anda percaya, berarti Anda sudah jadi “korban”. Sumber: https://www.rbc.ru/society/13/01/200...7947dde8e0d49d

Namun, kalau ditarik ke belakang, kenapa pemimpin Chechnya memperbolehkan poligami? Menurut Kadyrov, karena pernah terjadi perang besar di Chechnya, jumlah pria di daerah itu (berdasarkan statistik) jauh lebih sedikit dibandingkan perempuan.

Sampai sini, Anda tahu latar belakang masalahnya. Jadi, sekali lagi, itu berita 2006 — 12 tahun lalu — dan Anda mendapat isu dari 2006 yang dicetuskan oleh seorang anggota parlemen. “Komentar” satu orang anggota parlemen tentu saja tidak bisa dikatakan sebagai “posisi” resmi suatu negara. Artinya, Rusia sama sekali TIDAK pernah mendukung gagasan itu.

Kemudian pada 2010, Zhirinovsky kembali membahas kemungkinan dibolehkannya poligami (di seluruh Rusia). Pada suatu kesempatan, dia membahas dengan Presiden Medvedev. Di situlah Zhirinovsky mencetuskan ide soal pemberian insentif atau bonus, baik untuk keluarga yang melahirkan anak pertama, anak kedua, dan bagi perempuan mana pun yang tidak melakukan aborsi.

Zhirinovsky juga mengusulkan untuk pembagunan bank sperma. Tak lupa, dia pun kembali menekankan supaya pria di Rusia diperbolehkan untuk menikahi lebih dari satu orang perempuan. Sumber: http://www.mk.ru/politics/article/20...ozhenstvo.html

Pada 2015, Zhirinovsky kembali membahas isu poligami di Rusia. Menurutnya, partainya sangat mendukung supaya poligami dapat diterapkan di Rusia. Sumber: [url]https://life.ru/t/звук/824149[/url]

Sebagai catatan, hingga kini, baik poligami maupun poliandri dilarang di Rusia. Jika orang asing yang sebelumnya sudah pernah menikah dan hendak menikah di Rusia, mereka harus membuktikan kelajangannya dengan satu dokumen lain — sertifikat perceraian atau sertifikat kematian pasangannya.

Jadi, sekali lagi, kabar yang Anda baca akhir-akhir ini adalah kabar bohong. Kabar itu berasal dari 2006, dan bukan dicetuskan oleh pemerintah Rusia, melainkan seorang anggota parlemen dan sekaligus seorang pemimpin partai. Kalau dikatakan: “Rusia MEWAJIBKAN …,” tentu ini tidak benar. Ini logika. Akal sehat.

Lagi-lagi, kami harap supaya rakyat Indonesia juga bisa lebih kritis dan tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang bahkan tidak jelas dari mana sumbernya. Kami sendiri selalu memberikan sumber yang jelas, seperti di atas.

Sebetulnya, kami percaya bahwa kebanyakan kabar atau isu semacam ini diterjemahkan dari media berbahasa Inggris yang kemungkinan kredibilitasnya dipertanyakan atau memang media sensasional (yellow journalism). Namun, karena menyebarkan berita seharusnya ada rasa tanggung jawab terhadap publik, kami harap orang-orang yang menyebarkan informasi pun betul-betul mengerti bahwa apa yang mereka lakukan bukan pekerjaan main-main. Jika mereka menyebarkan berita bohong, mereka telah membohongi publik.

Semoga siapa pun bisa lebih cermat dalam membuat dan menyebarkan pemberitaan (yang tidak jelas sumbernya) semacam ini. 🤦🏼‍♀

Silakan bertanya pada kami untuk mengonfirmasi. 🙏🏼

SUMBER : OFFICIAL ACC RBTH INDONESIA
Quote:


segala sumber hoax, fitonah, itu kebanyakan dari kader parte sapi pks
image-url-apps
Quote:


bener jir wkwkwk
KASKUS Ads
image-url-apps
Darimana datangnya hoaks dan Pitonah
Kayak begini namanya disinformasi salah satu bentuk perang asimetris modern..emoticon-Big Grin
×