alexa-tracking

Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad3a1f61cbfaa30588b456b/benarkah-kapasitor-dapat-menghemat-pemakaian-listrik
icon-hot-thread
Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Berhubung sekarang tarif daya listrik relatif mahal, karena subsidinya dicabut, alangkah baiknya kalo kita mendiskusikan alat yang disinyalir dapat menghemat pemakaian listrik.

Sebagai gambaran, di rumah Ane terpasang kWh pascabayar dengan daya 900 Watt. Sebelum subsidi dicabut, rata-rata bayar listrik perbulan sekitar 120 ribu rupiah, dan sekarang rerata 250 ribu.

Beberapa waktu lalu, Ane memasangkan alat yang katanya untuk menghemat listrik di rumah orang lain. Bentuknya seperti kotak berukuran sekitar 8x15 cm.

Pada bagian luar, ada stiker yang bertuliskan:
1. Hemat listrik 10-30%
2. Memaksimalkan daya terpasang.
3. Mengurangi tarikan awal.
4. Menjaga peralatan listrik.
5. Memperbaiki kinerja jaringan listrik.

Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Kata pemiliknya, alat itu dibeli dari seorang sales yang mengaku punya hubungan dengan orang yang bekerja di PLN. Harganya menurut Ane relatif mahal yaitu sekitar 500 ribu rupiah.

Karena penasaran, sebelum dipasang, Ane bongkar dulu untuk mengetahui apa dan bagaimana rangkaian sirkuit alat tersebut. Ternyata isinya hanya Kapasitor besar dengan diameter sekitar 5 cm.

Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?Panduanteknisi.comBenarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Setelah dipasang, Ane bertanya-tanya dalam hati. Benarkan alat yang berisi kapasitor itu bisa menghemat listrik? Sepengetahuan Ane, semakin besar kapasitor itu, semakin banyak ia menyerap/memakai arus listrik. Sebab kapasitor itu menyimpan arus listrik.

Kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Jadi, sebuah kapasitor berlainan dengan sebuah aki yang dapat menyimpan energi listrik, tetap dengan disertai reaksi kimia. Pada dasarnya, sebuah kapasitor itu terdiri dari dua konduktor yang disekat oleh sebuah nonkonduktor. Kapasitor merupakan elemen penting dalam peralatan listrik dan elektronika modern, terutama dalam radio, televisi, dan peralatan komunikasi. Demikian penjelasan dari Geocities

Pada bulan berikutnya, Ane tanya sama pemilik alat itu. Benarkah pemakaian listrik lebih hemat?
"Ga tau juga, tapi yang jelas bayaran bulan ini kurang lebih aja seperti bulan sebelumnya," jawabnya.

Sebelumnya Ane tertarik untuk membeli alat tersebut. Tapi setelah mendapat penjelasan dari pemakai alat itu, Ane jadi ragu. Soalnya harganya relatif mahal menurut ukuran Ane. Apalagi kalo hasilnya tidak begitu signifikan menghemat listrik.

Karena itu, mungkin GanSis di sini ada yang punya pengalaman dengan alat tersebut. Bisa dishare, bagaimana hasilnya dalam menghemat pemakaian daya listrik. Terima kasih.
Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Diolah sendiri.
Geocities.ws

Quote:
quote here
Kayaknya kagak ada alat buat menghemat listrik kalau bener mau menghemat listrik kita harus sadar gak boleh boros.
Kan alat elektronik udah ada ukuran wattnya biar bisa nyalah, iyakan?

Paling kalau pun ada alat biar listrik gak terbuang percuma kayak stabilizer, denger-denger fungsi stabilizer kayak gitu.

Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?

Kurang tahu juga sih, ini pendapat saya aja.
punya hubungan orang kerja di PLN? preet..

yg namanya sales broh.. bohong dikit gpp. tipu-tipu.
halal haram gak peduli yg penting laku. sales kampret namanya.

padahal PLN sendiri gak nyaranin gituan.
penghematan listrik tidak dari alat, tetapi dari perilaku konsumen itu sendiri.
kagak bener
Quote:


salesnya ngotot lagi 😆
Quote:


Percaya cuma modal "Kata" dan "Mengaku"...
Quote:


Quote:


ya begitulah trik sales, jadi perlu kita buktikan kebenarannya.
Quote:

stavol gunanya buat menstabilkan tegangan.
misalnya buat pc, kalau tegangan pln-nya naik turun gampang rusak,
jadi harus distabilkan.
Quote:


Oh iya ini fungsinya stabilizer, baru inget dulu harus pakai stabilizer buat nyalahin komputer soalnya listrik di rumah masih 450 kalau kagak turun listriknya.
power beng anak teknik emoticon-Leh Uga
Intinya lonjakan listrik awal (misalnya ketika AC dinyalakan) bisa diredam oleh kapasitor. Hemat dari sono. Tapi ketika lagi proses dipakai, ya muternya sama aja.

Misalnya agan nyalain AC trus kagak pernah dimatiin selama sebulan, ampir kagak ada beda tagihan listrik dalam sebulan karna lonjakan listriknya cuma sekali aja.

Tapi, saat ini, alat2 listrik jaman sekarang udah makin hemat listrik (lampu LED, TV LED, dsb) yg bikin kapasitor makin kagak berasa faedahnya karna lonjakan listrik dari alat2 tersebut sudah semakin kecil.

CMIIW, agan2 yg lain.
ikut mejeng pejwan ah di thread listrik
emoticon-Cool
bohong itu gan
kalo gak percaya nanti ane di setrum lagi emoticon-Takut
mejeng dulu deh
pernah ditawarin kaya gitu,dalem hati mikir kalo ada alat penghemat listrik napa ga pln yang buat terus dijual emoticon-sudahkuduga
ane ga terlalu percaya sm alat begituan, apalagi kata sales emoticon-Ngakak boros tidaknya pengeluaran biaya listrik itu tergantung perilaku konsumen itu sendiri emoticon-Ngakak
tips dari ane, jangan mudah percaya kata2 dari sales, mereka itu bodo amat duitnya dari hasil nipu atau ngga yg penting barangnya laku emoticon-Ngakak
ane taunya compensator AR, SMG, Sniper. emoticon-Wakaka

btw ane tanya apa bedanya sekring TABUNG dengan sekring saklar ?
karena dijaman sekarang pada pake saklar. ane bingung.. emoticon-Bingung
Quote:


Bener banget nih gan emoticon-2 Jempol