alexa-tracking

[REVIEW] LG V30+ Daily Driver Review Setelah 2 Bulan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad384b554c07afd5d8b4568/review-lg-v30-daily-driver-review-setelah-2-bulan
icon-hot-thread
[REVIEW] LG V30+ Daily Driver Review Setelah Penggunaan Selama 2 Bulan
PROLOG

Setelah selama sekitar 1 tahun menggunakan OnePlus 3T, akhirnya iman tergoda juga untuk berganti smartphone. Begitu dirilis, LG V30 sangat menggoyahkan iman. Kualitas kamera, Quad DAC, baterai, OLED display, dan desainnya jelas susah dipandang sebelah mata. Akhirnya setelah 2 bulan menggunakan LG V30+ bergaransi resmi Indonesia sebagai daily driver, baru sekarang ane bisa membuat ulasan secara keseluruhan. Langsung saja kita mulai:


1. Desain (Rating: 9/10)
Salah satu poin utama ane naksir nih HP adalah desainnya. Bezel sangat tipis, back-cover elegan, tipis, dan bonus yang ane dapet pas pegang nih HP adalah, ternyata sangat ringan. Ane pikir dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar dan display 6" akan membuat nih HP jadi berat, tp ternyata beratnya sama saja dengan OnePlus 3T ane sebelumnya. Satu-satunya alasan nggak kasih poin 10 di sektor ini karena menurut ane bezel bawahnya sedikit tebal, seharusnya bisa dipangkas lagi agar lebih cantik (seperti desain Mi Mix 2s yang nyaris tanpa bezel di sisi atasnya), dan back-cover V30+ ini mudah meninggalkan bekas sidik jari ketika dipegang.
Spoiler for V30+ Black ane:


2. Display: (Rating: 10/10)
Sempurna. Tidak ada kekurangan apapun menurut pengalaman ane. Hitamnya pekat, warna cerah, tidak berlebihan/ kekuningan seperti saat ane menggunakan Galaxy Note5 dulu, tapi lebih tajam dan kontras dibanding OnePlus 3T ane sebelumnya. Dan yang membuat poin ini sempurna adalah adanya pengaturan resolusi display, bisa diatur maksimum di QHD, lalu bisa diturunkan menjadi FHD, dan HD. Saran ane sih untuk menghemat baterai, sebaiknya diatur ke FHD saja, karena menurut penglihatan ane hampir tidak ada bedanya antara display FHD dengan QHD, kecuali ketika agan melihat foto dengan kualitas tinggi/ gaming HD dengan detail tinggi maka akan terlihat bahwa display QHD sedikit lebih tajam dan kontras, sisanya bisa dibilang nyaris sama saja.

3. Performa (Rating: 9/10)
Snapdragon 835 dengan Adreno 540, mau bukti apa lagi? Ane bukan tipe pengguna yang menilai berdasarkan skor Antutu atau aplikasi benchmark lainnya. yang jelas untuk menjalankan aktivitas apapun tidak ada masalah sama sekali, multitasking, browsing, gaming HD, chat, sosmed, semua lancar. Kenapa hanya poin 9? Karena RAM hanya 4 GB, untuk penggunaan sehari-hari jelas lebih dari cukup, tapi ketika ane coba untuk melakukan multitasking kelas berat akan ada beberapa aplikasi berat yang ter-restart. Untuk sektor multitasking ini bisa dikatakan OnePlus 3T masih lebih unggul dengan RAM 6 GBnya.

4. Kamera Belakang: (Rating: 9/10)
Nyaris sempurna. Wide angle-nya luar biasa, untuk memotret landscape bisa dibilang V30+ ini masih yang terbaik. Lupakanlah foto dengan efek bokeh, terlalu tidak natural. 2x optical zoom? Kok rasanya nggak terlalu kepake ya. Menurut ane yang udah nyobain efek bokehnya Mi A1 dan 2x optical zoom-nya Galaxy Note8 kok menurut ane fitur Wide angle-nya V30+ ini paling fungsional ya, sangat mudah digunakan dan hasilnya bisa diandalkan. Belum lagi untuk rekam video, mantap. Coba deh fitur "Cine Video"nya, belum ada smartphone lain yang bisa menyamai fitur ini sejauh ini nampaknya. Satu-satunya kekurangan di kamera V30 menurut ane adalah software bawaan LG belum maksimal, dan untuk mode "Panorama" tidak terlalu bagus, tidak jelek pastinya, tapi tidak terlalu bagus. Untuk solusi aplikasi kamera bawaan LG yang belum maksimal, bisa dioptimalkan di aplikasi Google Camera portingan untuk V30+, hasilnya lebih oke. Untuk hasil foto kamera belakangnya bisa cek di bawah ini:
Spoiler for Kondisi Pencahayaan Baik:

Spoiler for Kondisi Low-Light:


5. Kamera Depan: (Rating: 7/10)
Awalnya ane rada ragu, sejelek apa sih kamera depan flagship LG? Ini flagship lho, masa sih jelek banget? Toh, ane hampir nggak pernah pake kamera depan, paling dipake bini ane atau keluarga buat wefie pas acara bareng. Akhirnya, abis cobain sendiri, oke lah, ya memang biasa banget. Nggak sampai jelek menurut ane, untuk digunakan saat kondisi pencahayaan bagus masih bisa diandalkan, hasil foto cukup baik dengan warna yang masih cukup bagus, walaupun tidak terlalu tajam, ya standar flagship lah ya menruut ane. Tapi ketika kondisi pencahayaan jelek/ gelap, mending agan minta tolong temen/ pacar agan pake kamera mereka buat selfie/ wefie, ya, jelek hasilnya, noisy dan tidak tajam. Untuk hasil foto kamera depannya bisa cek di bawah ini:
Spoiler for Kamera Depan:


6. Baterai: (Rating: 9/10)
Ini juga awalnya cukup membuat ane ragu, karena baterai adalah poin krusial buat ane dalam memilih smartphone. Display 6" dengan baterai "hanya" 3300 mAh? Setelah baca berbagai macam review akhirnya ane memantapkan hati bahwa V30+ ini baterainya cukup bisa diandalkan. Dan ternyata ane tidak salah, dengan pengaturan display FHD dan penggunaan ane, baterai V30+ ini setidaknya bisa bertahan hingga 15 jam, tidak pernah kurang dari 15 jam, rata-rata bisa bertahan 20 jam, bahkan tidak jarang bisa bertahan hingga 24 jam, dengan Screen On Time sekitar 5 jam. Penggunaan 20% untuk telepon, 20% untuk gaming menengah, 30% untuk sosmend & chat, 10% untuk foto-foto, 10% untuk edit foto dan mendengarkan musik, 10% untuk penggunaan lain-lain. Luar biasa untuk ukuran HP dengan baterai 3300 mAh battery menurut ane. Bukti daya tahan baterai V30+ ane bisa cek di bawah ini:
Spoiler for Battery 1:

Spoiler for Battery 2:


7. Sound: (Rating: 9/10)
Ane bukan audiophile sebetulnya, penggemar musik jelas, dan ane cukup sering mendengarkan musik dengan semua smartphone ane sebelumnya, dan terus terang OnePlus 3T ane sebelumnya menurut ane sudah lumayan, tidak terlalu bagus memang, tapi ya tidak jelek. Tapi setelah mencoba V30+ ini, ane baru bisa ngerasain bahwa V30+ ini memang jauh lebih dahsyat! Suara super jernih dengan suara bass yang empuk. Mungkin memang beda kelas kalo ane bandingkan dengan OnePlus 3T. Kenapa skor yang ane berikan tidak 10? Karena loudspeaker di V30+ ini menurut ane terlalu pelan, walaupun sudah diatur ke volume terkeras, di tempat yang agak ramai seperti di mall akan tidak terdengar, output suara yang dihasilkan masih cukup jauh di bawah OnePlus 3T/ Galaxy Note5 ane sebelumnya.

8. Aftersales: (Rating: 10/10)
Kebetulan ane langsung bisa merasakan pelayanan SC LG Indonesia nih, jadi sekalian bisa sharing disini. Sekitar 2 minggu setelah V30+ ane datang dan ane pake, ane baru sadar bahwa di display V30+ ada semacam bright pixel kecil di tengahnya, yang hanya terlihat jika background HPnya berwarna gelap dan ane bermaksud klaim garansi ke SC. Pada saat diperiksa di SC, yang menerima HP ane mengatakan bahwa dia tidak bisa melihat bright pixel tersebut, karena memang sangat kecil & susah dilihat dalam kondisi ruangan terang, ane sudah berusaha menunjukkan dengan menggunakan wallpaper hitam tp dia tetap tidak dapat menemukannya, tapi dia mengatakan, "ya sudah gapapa Mas, tetap saya mintakan displaynya dulu dari pusat, saya sih percaya saja walaupun saya memang nggak bs melihat dengan jelas." Setelah diminta menunggu ketersediaan sparepart dari Jakarta (lokasi saya di Daerah Istimewa Yogyakarta), sekitar 9 hari kemudian ane ditelpon oleh SC LG untuk memasukkan HP ane yang akan diganti displaynya, dijanjikan jika masuk pagi hari kemungkinan bisa jadi sore harinya. Maka pagi harinya sekitar pukul 09.00 saya membawa HP ane ke SC, dengan harapan bisa jadi sore harinya. Ternyata sekitar jam 2 siang ane sudah dihubungi oleh pihak LG & mengatakan bahwa HP ane sudah selesai diganti displaynya & dapat diambil. Alhasil, sekarang V30+ ane sudah tidak ada cacat fisik lagi setelah diganti displaynya. Pelayanan dari service center LG Indonesia memang luar biasa, salut & hanya bisa berterima kasih.

Overall: (Rating: 9/10)
Menurut ane, secara keseluruhan dengan nilai 9 dari 10, LG V30+ ini sangat reccomended, cukup worth it dengan harga yg dibanderol 9 jutaan ini. Performa mantap, display bagus, batere awet, aftersales terjamin, kamera dan video sangat bagus, dan sound yang keren. Jika agan mencara smartphone yang secara keseluruhan bagus dan tidak membutuhkan kamera depan yang bagus, ane sangat merekomendasikan LG V30+ ini untuk dibeli. Tapi jika akan termasuk pengguna yang suka selfie & butuh smartphone dengan loudspeaker yang keras rasanya V30+ ini bukan pilihan yang tepat buat agan.

emoticon-I Love Kaskus emoticon-Cendol Gan emoticon-Angpau emoticon-Kaskus Banget
jos, hape impian dari user yg sanggup cuma beli hape dengan bugdet 2juta aja emoticon-Hammer2

coba kameranya selain bisa wide angle juga bisa bokeh, behh perfect bangat tuh.


soalnya ternyata dengan pake fitur bokeh bisa jadi fotografer dadakan emoticon-Hammer2
Quote:


Sebetulnya nggak sebagus itu juga sih, justru menurut ane fitur bokeh di smartphone sekarang masih jauh dari optimal, karena ya memang image processing sih, bukan karena pengaturan manual fokus seperti di kamera, makanya menurut ane masih lebih fungsional fitur seperti wide-angle di V30+ ini. Ane Pribadi kalo diberi pilihan lebih memilih fitur wide-angle, 2x optical zoom, atau monochrome dibanding bokeh. Tapi ya sekali lagi, itu tergantung selera masing-masing user sih.
emoticon-I Love Kaskus
pernah coba v20 sebelumnya? ada perbedaan di bagian soundnya ndak sama v20
Quote:


Coba sih pernah, tapi kalo mencermati & membandingkan sound-nya nggak gan. Yang jelas kalo di sektor kamera & displaynya jelas upgrade, begitu juga dengan baterai & performanya jelas jauh lebih oke di V30+.
emoticon-Salaman
kameranya keren ya
mejeng dulu gan
Ok gan, mampir di trit hape kelas sultan,emoticon-Cool
v20 aja beloman kebeli bre emoticon-Frown
Quote:


pake aplikasi edit juga bisa jd ganteng
di bagian lowlight cuma foto abg nasi goreng aja yg ada noisenya lainnya nggak...
bagus nih kameraaa
V20 aja udah bagus banget, apalagi yang ini V30 emoticon-Belo
mantap reviewnya nih mod emoticon-Big Grin
hehehe
ok juga ya buat daily
kece juga designnya
OK punya ni emang.
Temen dikantor pake. Dia rekomen ni HP
Gw pengen ambil ini atau S8+
Design sih gw lebih demen S8+
Tapi gw suka banget denger musik & katanya seri V nya LG punya kelebihan di sektor audionya ya
Review nokia 3310 gan....

Bisa buat ganjel ban mobil diturunan, bisa buat talenan dst dst
Quote:


bener gan..

ane juga kurang suka fitur bokeh di hp...

ane banget bokeh nya klo menurut ane.... kecuali klo bokeh nya spt di kamera dlsr,, baru worthed....

fitur wide angle emang banyak manfaat nya.. klo pas poto bareng dgn orang banyak [ teman or keluarga ]..

saat mw pengambilan poto, tidak perlu mundur terlalu jauh dari obyek poto nya, krn udah memakai wide angle..

cwiiiw
bagusan mana sama OnePlus 5T? (-aftersales / parts)
overrated
emoticon-Leh Uga