alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf353c642eb60c408b4567/coc-kisah-klasik-sekolah-dan-game-di-masa-smp-sma-generasi-90

[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90

Spoiler for Banner:




[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90



Apakah agan salah satu mantan pelajar, yang tumbuh saat era PC Gamingmulai muncul ? Seperti Warcraft 3 (Frozen Throne), Counter Strike, atau mungkin Ragnarok Online ? Apa kalian juga tumbuh saat internet baru saja dikenal di Indonesia, lalu kenal asyiknya main ke "Warung Internet" , lalu pernah menginap seharian di warnet, pesen mie instan buat makan sambil main game kesukaan kalian atau mungkin beli membership di warnet tersebut ? Jika agan tumbuh di era yang mirip dengan saya, mungkin ada beberapa / banyak hal yang bakal bikin nostalgia kalau agan baca artikel ini.



Komputer dan Gaming baru ane kenal di masa SMP, (ane generasi 90an) , pada era baru-barunya Frozen Throne muncul dan booming. Sebelumnya, kalau berkumpul dengan teman, paling - paling permainan yang masih ane inget itu ketika main kartu Yu-Gi-Oh / Pokemon beli ke abang-abang depan sekolah, lalu main "tos" an sama temen yang punya kartu yang ane nggak punyaemoticon-Winkemoticon-Winkemoticon-Wink.

Atau lebih kerennya lagi, main tazos dari hadiah ciki / snack emoticon-thumbsup (jaman itu game beginiian udah bikin bahagia, kawan). 



[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90


Sebenarnya sudah ada game console (Sega / Playstation 1), tetapi era pc gaming tidak pernah terpikir untuk terlihat potensinya sampai ada fitur multiplayer. Di masa itu, main lokal "LAN" saja sudah begitu menarik, bermain bersama kawan-kawan sepulang sekolah. Hal yang paling menarik di masa SMP dan gaming ialah pada momen selesai "ekskul" (pada saat itu ane ekskul Basket dan Musik) lalu pergi ke warnet di depan sekolah , atau pada momen ketika saya menunggu jemputan dan nggak tahu harus kemana sehingga warnet adalah jawabannya emoticon-Big Grin .  Saya masih ingat sekitaran jam 2-3 sore sehabis ekskul, saat berkumpul makan di warung indomie dekat sekolah, teman dekat ane bernama "Z" , "D" dan "P" menghampiri saat ane baru saja selesai makan semangkuk mi kuah telor kornet (masa itu 7-8 ribu rupiah masih dapet). Mereka yang pertama kali mengenalkan ane kedalam game Warcraft Frozen Throne(CMIIW, tapi jaman dulu warcraft frozen throne LAN = DOTA emoticon-Cool) . Setelah 1 jam pertama kali bermain LAN di warnet , momen itu merupakan hal pertama dalam menikmati game multiplayer. Beberapa game 90an macam Ragnarok online, Counter Strike, Ghost online, Ayodance Audition, Perfect World, bahkan GetAmped tidak terlewati untuk ane cicipi (thanks to my friend, hopefully they stay healthy and well). Mahal sih nggak begitu, cuma momen tersebut masih teringat tentang asyiknya main multiplayer sama teman-teman.


[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90



Di masa itu, pasar untuk pc gaming terus berkembang selama beberapa tahun (bahkan sampai sekarang) karena perusahaan teknologi mulai deras masuk ke Indonesia. 



Sedikit melompat ke masa SMA, ada momen dimana gaming tidak begitu "hit" (atau mungkin karena ane lagi periode remaja remaja kasmaran emoticon-Big Grin). Sepengalaman ane, di era 2000an, sedang hype-hypenya console gaming macam PS3 ataupun XBOX. 

Kemudian, muncul momen tingkat menengah-akhir di masa SMA, saat - saat ada "kelas tambahan" (Kelas tambahan ialah kondisi dimana murid harus mengikuti pelajaran ekstra untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional). Di masa itu, hal tersebut sangaattttttttttt memicu kejenuhan. Sekolah ane model swasta, dimana hari sabtu diliburkan, tetapi pada hari biasa jam sekolah berakhir pukul 3 sore (belum ditambah jam tambahan). Beruntungnya, ane punya sekelompok teman yang punya selera yang serupa.


[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90


Ane bersama "R1", "R2" dan "G" adalah kawan untuk hal gaming. Kita kawan multi jurusan (saya, R1, dan R2 adalah murid IPA , dan G adalah murid IPS). Banyak momen yang masih ane ingat, tapi ane mau bagiin satu hal soal sekolah dan gaming. Saat itu, akan ada event sekolah (saya lupa apakah itu perayaan hari raya, atau acara sekolah seperti hari olahraga / hari festival). Kita yang hadir di sekolah bersiap-siap untuk event sekolah sehingga jam pelajaran dibatasi hanya sampai sebelum jam makan siang. Setelah itu, harus menyiapkan diri bagi yang partisipasi pada event. Saya mesti bersiap untuk acara musik, sedangkan R1, R2 bersiap acara bakti sosial, dan G bersiap untuk seksi keamanan. Persiapan berlalu dan sesudah itu kita berkumpul di kelas masing-masing. Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, wakil kepala sekolah tiba-tiba mengharuskan ada kelas tambahan di hari itu. 


Ada yang setuju, namun tidak sedikit yang merasa tidak mau. Kita pun "ngumpul" dulu membicarakan apa kita ikut kelas atau tidak. Hal yang membuat ini masih saya ingat adalah, ketika guru masuk kelas, kita setuju untuk keluar kelas sambil bawa tas dan boikot emoticon-afroemoticon-afro. Bukannya kita males dan bandel (sedikit sih), tapi entah kenapa pada hari itu terasa jenuh dan melelahkan sehingga kelas tambahan terasa tidak pas dilakukan di hari itu. Kita berempat setuju cari makan di luar sekolah. Saat habis makan, kita jalan santai didepan ruko dekat sekolah. Entah kenapa, kita berempat tiba-tiba ngelirik warnet di ujung jalan dekat dengan tanjakan jalan masuk ke ruko. Ngobrol ngobrol ngobrol, kita cobain masuk sambil bingung mau ngapain (karena sebelumnya kita nggak pernah main game bareng). Didalam, ada satu teman kita sedang main game (dia adik kelas kita). Kalian tau game apa yang dimainin dia ? POINT BLANK. Ya, game a la CS tetapi sedikit berbeda (ada ranking mode, pace gameplay berbeda, dipublish oleh developer lokal ((CMIIW)) ) . Pada akhirnya kita terjun untuk main point blank selama 1 jam.

Hal itu merupakan pintu bagi karir gaming multiplayerkita di era SMA emoticon-Embarrassment.  Kita sempet bergaul di game  Point Blank, Left 4 Dead 2, dan game-game console yang ada di rental PS , seperti PES , FIFA, ataupun game-game fighting macam TEKKEN / NARUTOemoticon-Angkat Beer


[COC] Kisah Klasik Sekolah dan Game di Masa SMP-SMA Generasi 90



Cerita akan saya akhiri sampai sini (supaya konteksnya tetap padat dan pesannya sampai). Mungkin cerita saya nggak begiturelated untuk kalian semua, tetapi dengan sharing ini, ane pun merasa nostalgia di masa-masa sekolah. Aspek game retro masih mengalir deras di nadi ane, karena kalau memikirkannya, bermain dengan teman sungguhan lewat gaming (atau tidak) merupakan salah satu hadiah terbaik bagi ane. Setidaknya, lewat cerita ini, semoga kalian yang masih merintis di era sekolah untuk membuat cerita kalian masing-masing dengan baik , tapi tetap belajar sesuai dengan apa yang kalian tekuni. 



emoticon-Nyepi


Sumber : dokumentasi pribadi

emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Nyepi
emoticon-Nyepi
emoticon-Angkat Beer


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di